9 Manfaat Senam bagi Kesehatan dan Stamina

Image : thesstudios.com

Penulis : Adhenda | Editor : Atsa

Banyak orang mengabaikan olahraga karena lelah dengan aktivitas yang padat, bahkan karena memang malas saja. Padahal, olahraga merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat, karena dapat mencegah berbagai masalah kesehatan dan meningkatkan stamina tubuh. Oleh karena itu, lakukan olahraga secara rutin supaya tubuh Anda tetap sehat, bugar, dan otot-otot tidak kaku.

Senam bisa jadi pilihan olahraga yang yang seru karena mempunyai beragam variasi gerakan. Beragam manfaat juga bisa Anda dapatkan dari berolahraga senam. Simak yuk apa saja manfaat senam bagi kesehatan tubuh.

1. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Salah satu manfaat dari senam adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Hal itu terjadi karena racun-racun yang ada di dalam tubuh akan keluar melalui keringat sehingga organ-organ yang ada dalam tubuh Anda dapat bekerja secara maksimal.

Ketika olahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

2. Meningkatkan Stamina Tubuh

Ketika Anda melakukan senam, hampir semua tubuh Anda akan bergerak. Mulai dari kepala, otot-otot pada
tangan, kaki dan pinggul, semua ikut bergerak. Selain itu, laju pernafasan dan denyut jantung juga meningkat. Sehingga, kadar oksigen di darah meningkat dan pembuluh darah membesar.

Otot-otot tubuh yang bekerja penuh, serta laju pernafasan yang meingkat membuat senam memiliki manfaat baik untuk kesehatan secara umum dan meningkatkan stamina tubuh.

Baca JugaKenapa Olahraga Lebih Baik Dilakukan Pagi Hari?

3. Mengontrol Berat Badan

Senam dapat membantu mencegah penambahan berat badan berlebih bahkan membantu mempertahankan penurunan berat badan. Ketika Anda melakukan aktivitas fisik, maka kalori didalam tubuh akan terbakar menjadi energi. Senam secara teratur sangat bagus untuk mengontrol berat badan. Tapi perlu diingat, konsistensi adalah kuncinya.

4. Mengurangi Stres dan Menaikkan Mood

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan seringkali membuat seseorang menjadi stres. Bila stres sudah melanda, maka mood dan tingkat produktifitas seseorang juga akan berkurang. Karena hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood seseorang mulai berkurang.

Untuk itu, diperlukan suatu aktivitas yang mampu meningkatkan hormon tersebut, seperti senam. Senam secara teratur dapat mengurangi stres hingga pada akhirnya mood Anda pun juga akan kembali naik.

5. Menjadikan Tulang Kuat dan Sehat

Seiring bertambahnya usia, pastinya tulang mengalami penurunan massa. Membangun tulang yang kuat dan sehat pada usia muda dapat membantu mengurangi risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

Dengan melakukan aktivitas fisik, seperti senam secara teratur, maka tulang akan membangun lebih banyak sel sehingga tulang akan menjadi lebih padat. Jadi, sangat penting bagi kita untuk memiliki tulang yang kuat semenjak usia muda, karena itu akan membantu tulang kita tetap sehat ketika usia kita telah tua kelak.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Banyak penelitian menunjukan bahwa senam dapat membantu meningkatkan fungsi memori dan menjaga kesehatan otak seiring bertambahnya usia. Senam secara teratur dapat memainkan peranan penting dalam melindungi otak Anda dari penyakit alzheimer dan bentuk lain dari demensia, serta dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Sehingga, terhindar dari gejala-gejala seperti depresi dan gangguan kecemasan.

7. Membantu Mengatasi Sulit Tidur

Anda memiliki gangguan sulit tidur? Tenang, karena hal tersebut bisa diatasi dengan melakukan senam secara teratur. Aktivitas fisik, seperti senam dapat  meningkatkan suhu tubuh yang memberikan efek tenang dan rileks pada pikiran sehingga membuat tidur Anda lebih nyenyak dan berkualitas.

Olahraga senam juga dapat membantu mengontrol kapan Anda merasa lelah dan ketika Anda merasa waspada. Namun, tidak dianjurkan untuk melakukan senam menjelang waktu tidur karena dapat mengganggu siklus istirahat Anda.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Ketika Anda senam, pori-pori membesar dan semua racun, kotoran serta minyak meninggalkan tubuh Anda melalui keringat. Kemudian oksigen beredar ke seluruh tubuh Anda lebih cepat dan membawa nutrisi yang sangat dibutuhkan ke kulit Anda.

Semakin banyak Anda berkeringat, semakin baik untuk wajah Anda.  Jangan lupa juga untuk mencuci muka setelah selesai senam, ya.

9. Mempermudah Anda Melakukan Aktivitas Sehari-hari

Olahraga senam dapat membuat seseorang melakukan aktivitasnya sehari-hari dengan lebih mudah. Orang yang rajin senam secara fisik lebih kuat, lebih sehat, dan lebih berenergi daripada orang yang tidak pernah berolahraga.

Mereka mampu menyelesaikan masalah dengan lebih mudah, mengatasi stres dengan lebih efektif, berpikir lebih cepat dan mengingat berbagai hal dengan lebih efisien. Secara keseluruhan, Anda akan merasa lebih mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari karena fisik Anda lebih sehat dan kuat.

Nah, itulah berbagai manfaat senam bagi kesehatan tubuh. Mulai sekarang, yuk senam secara teratur supaya tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bugar.

Baca JugaManfaat Zumba untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

 

Sumber :
Bessy Sitorus. (2015). Peranan Olahraga dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Healthfitnessrevolution (2015). Top 10 Health Benefits of Gymnastics. www.healthfitnessrevolution.com
Healthline (2018). The Top 10 Benefits of Regular Exercise. www.healthline.com
Mayoclinic (2018). Exercise: 7 Benefits of Regular Physical Activity. www.mayoclinic.org
Time (2016). 7 Suprising Benefits Of Exercise. www.time.com
Webmd (2018). Top 10 Fitness Facts. www.webmd.com