9 Manfaat Saffron untuk Kesehatan

9 Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Penulis: Lady | Editor: Handa

Saffron adalah rempah-rempah berbentuk seperti benang dengan warna oranye kemerahan yang berasal dari bunga Crocus sativus. Satu bunga Crocus sativus hanya menghasilkan 3 kepala putik yang akan diolah menjadi saffron. Bahkan, untuk satu ons saffron setidaknya membutuhkan 1.000 bunga. Tidak heran jika rempah ini dikenal sebagai rempah termahal di dunia.

Rempah ini bisa digunakan sebagai penyedap, pewarna, dan perisa makanan. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, saffron juga dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat saffron bagi kesehatan? Simak ulasan di bawah ini.

1. Pencegahan Kanker

Saffron kaya akan antioksidan yang dipercaya mampu menangkal kerusakan radikal bebas dan sel asing dari luar yang membentuk kanker di dalam tubuh. Dengan susunan kimiawi saffron, tubuh Anda dapat terhindar dari berbagai jenis kanker, seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker paru-paru, dan berbagai jenis kanker lainnya.

2. Kesehatan Jantung

Saffron memiliki banyak komponen kimia yang berbeda. Beberapa di antaranya yaitu dapat membantu mengurangi tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Medical Sciences, menemukan bahwa saffron mengurangi kemungkinan kolesterol jahat yang menyebabkan kerusakan jaringan. Para peneliti percaya bahwa sifat antioksidan saffron memiliki efek perlindungan jika berhubungan dengan penyakit jantung.

3. Melindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet (UV)

Saffron dapat digunakan sebagai penyerap UV alami. Hal ini karena saffron mengandung senyawa flavonoid, seperti kaempferol dan quercetin yang berkontribusi dalam melindungi kulit.

Perlu diketahui pula bahwa saffron tidak memiliki efek pelembab khsus sehingga Anda perlu berhati-hati jika ingin menggunakannya. Pasalnya, penggunaan dengan jumlah yang berlebihan justru membuat kulit Anda menguning.

4. Meningkatkan Penglihatan pada Mata

Saffron dipercaya dapat meningkatkan penglihatan pada orang dewasa dengan degenerasi makula terkait usia (AMD). Pasalnya, saffron kaya akan kandungan beta-caroten, yaitu bentuk dari vitamin A.

Vitamin ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi saffron secara teratur agar mendapatkan manfaat dari bunga ini.

Baca Juga : Ketahui Manfaat dan Efek Samping Air Alkali

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Saffron kaya akan karotenoid yang dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan pada pria sehat bahwa penggunaan saffron setiap hari (sekitar 100 mg) dapat memiliki efek imunomodulator sementara tanpa adanya reaksi yang merugikan..

6. Meredakan Gejala PMS dan Nyeri Haid

Sindrom pramenstruasi (PMS) memang dapat menyebabkan berbagai gejala yang membuat Anda tidak nyaman, mulai dari perubahan suasana hati hingga ketidaknyamanan fisik. Beberapa wanita terpengaruh lebih dari gejala yang lain, seperti nyeri bahkan mual-mual. Bagi Anda ingin mengatasi hal tersebut, saffron bisa menjadi obat alternatif yang baik.

7. Meningkatkan Gairah Seksual

Saffron menjadi salah satu bunga yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang. Mengonsumsi saffron 30 gram setiap hari dipercaya mampu meningkatkan kemampuan seksual pada pria dan wanita.

Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa pria akan mengalami kenaikkan libido secara signifikan dan volume air mani meningkat. Sedangkan pada wanita, gairah seksualnya akan meningkat dan cairan lubrikasi lebih banyak.

8. Menurunkan Stres atau Depresi (Antidepresan)

Selain beberapa manfaat yang telah dipaparkan, saffron juga bisa digunakan untuk mengobati depresi ringan hingga sedang, dengan efek samping yang cenderung minimal. Oleh sebab itu, banyak orang yang menjual saffron dalam bentuk kapsul agar mudah digunakan.

9. Mengatasi Insomnia

Sebuah penelitian menemukan bahwa crocin dalam saffron dapat meningkatkan gerakan mata yang lambat saat tidur. Bahkan senyawa lain saffron, seperti crocetin, karotenoid juga bisa meningkatkan total waktu tidur sebanyak 50 persen.

Jika Anda mengalami insomnia, cobalah mengonsumsi saffron untuk mengatasinya. Penggunaan obat-obatan tertentu untuk mengatasi insomnia biasanya akan membuat Anda ketergantungan pada obat tersebut.

Baca Juga : Berbagai Manfaat Daun Sirsak dan Efek Sampingnya

Sumber


Healthline. 2019. 11 Impressive Health Benefits of Saffron. www.healthline.com
Healthline. 2017. Saffron Tea: 5 Benefits and How to Make It. www.healthline.com
Stylecraze. 2020. 14 Amazing Benefits Of Saffron (Kesar) For Skin, Hair, And Health. www.stylecraze.com
Medical News Today. 2019.  What are the health benefits of saffron?. www.medicalnewstoday.com
Self Hacked. 12 Health Benefits of Saffron (Kesar) + Side Effects & Dosage. www.selfhacked.com
Verywell Fit. 2020. The Health Benefits of Saffron. www.verywellfit.com