9 Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan

9 Manfaat Jintan Hitam untuk Kesehatan

Penulis: Devita | Editor: Handa

Anda mungkin asing dengan nama jintan hitam atau black seeds. Namun bagaimana dengan habbatussauda? Sebagian orang mungkin lebih familiar dengan nama habbatussauda sebagai kandungan yang banyak digunakan dalam obat-obatan. Tumbuhan dengan nama latin Nigella sativa ini juga dikenal dengan kalonji, sebuah tanaman yang berasal dari keluarga bunga buttercup.

Tanaman ini tumbuh setinggi 30 cm dan menghasilkan buah dengan biji yang digunakan sebagai bumbu beraroma pada berbagai masakan. Jintan hitam tersebar di daratan Asia, Timur Tengah dan Afrika Utara. Daunnya tipis dengan bunga kecil pucat serta polong buah berisi biji. Lantas, apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini:

1. Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang bermanfaat menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh. Antioksidan memberikan perlindungan dari penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, penyakit jantung dan obesitas.

Beberapa senyawa yang ditemukan pada jintan hitam, seperti  mengandung antioksidan yang kuat. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui antioksidan yang terkandung di dalam jintan hitam dapat memengaruhi kesehatan.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah zat lemak yang mengendap di dalam tubuh dan bila dibiarkan bisa menyumbat aliran darah. Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol, namun kadar kolesterol yang tinggi bisa memicu penyakit jantung.

Jintan hitam terbukti sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Studi Jurnal Pharmacological Research tahun 2016, menyebutkan  bahwa jintan hitam secara signifikan berpengaruh pada plasma darah, yang mengarah pada penurunan kolesterol total dan Low Density Lipoprotein (LDL)..

3. Membantu Kestabilan Regulasi Gula Darah

Gula darah yang tinggi menimbulkan beberapa gejala yang bisa mengganggu aktivitas, seperti kehausan, penurunan berat badan secara drastis, kelelahan, dan sulit konsentrasi. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf, perubahan penglihatan, dan penyembuhan luka yang lambat.

Jintan hitam telah diteliti bermanfaat menjaga kestabilan gula darah.  Oleh karenanya, jintan hitam dapat digunakan sebagai pilihan yang tepat untuk membantu mengatasi diabetes melitus tipe 2.

Baca Juga : Diabetes : Kendalikan Gula Darah saat Hari Libur

4. Mengontrol Tekanan Darah

Selain membantu menstabilkan gula darah,  jintan hitam juga efektif  untuk mengontrol tekanan darah. Hal ini karena jintan hitam mengandung berbagai mineral, vitamin, asam lemak tak jenuh, dan protein nabati.

Kandungan tersebut berperan membantu produksi berbagai hormon serta mengontrol tekanan darah. Rutin mengonsumsi ekstrak biji jintan terbukti membantu mengurangi tekanan darah pada penderita darah tinggi.

5. Mengatasi Masalah Menstruasi

Jintan hitam banyak dimanfaatkan wanita untuk memperlancar kelahiran dan air susu serta mengatasi masalah menstruasi . Studi terbaru yang diterbitkan Oman Medical Journal pada September 2020, menjelaskan manfaat jintan hitam untuk mengatasi masalah yang dialami wanita saat menstruasi.

Penelitian yang dilakukan pada 124 wanita itu menunjukan jintan hitam cocok untuk obat anti nyeri (analgesik) saat menstruasi. Minyak jintan hitam terbukti aman dan menjanjikan untuk pengobatan dismenore primer atau nyeri saat menstruasi.

6. Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan respon imun normal dalam melawan penyakit dan infeksi. Sebaliknya, peradangan kronis bisa menjadi gejala penyakit berbahaya. Banyak penelitian yang menjelaskan bahwa jintan hitam memiliki efek antiinflamasi yang kuat di dalam tubuh.

Sebuah peneltian yang dilakukan oleh Avicenna Journal of Pytomedicine tahun 2016, pada 42 orang dengan rheumatoid arthritis, mengonsumsi 1.000 mg habbatussauda setiap hari selama delapan minggu mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Efek antiinflamasi minyak jintan hitam dapat juga dimanfaatkan untuk meredakan gejala asma, peradangan di saluran pernapasan, dan  membantu meringankan gejala bronkitis.

Baca Juga : Kandungan Nutrisi Wortel dan Manfaatnya untuk Kesehatan

7. Membantu Perawatan Kulit

Jintan hitam bisa dijadikan minyak untuk dioleskan ke tubuh sebagai perawatan kulit. Mengoleskan minyak ini membantu mengurangi penyakit kulit, seperti eksim, jerawat, dan psoriasis.

Selain itu, minyak jintan hitam ini juga dapat digunakan untuk melembabkan rambut, melembutkan kulit, dan bertindak sebagai pelembab. Namun, belum ada bukti ilmiah yang mengkonfirmasi manfaat ini.

8. Menangani Gangguan Pencernaan

Jintan hitam bersifat karminatif, artinya membantu melancarkan pencernaan.  Untuk menangani gangguan pencernaan, jintan hitam berperan mengurangi gas di dalam perut, meredakan kembung, menghilangkan sakit perut, perawatan pada disentri, sembelit, dan wasir. Minyak jintan hitam juga sering digunakan dalam pengobatan parasit usus.

9. Mencegah Rambut Rontok

Selain membantu mengobati penyakit, tanaman habbatussauda juga digunakan untuk mencegah rambut rontok. Minyak biji jintan hitam membantu memperkuat  rambut dari akarnya.

Selain itu, jintan hitam juga membantu mencegah rambut beruban dan penipisan dini. Jika Anda memiliki masalah dengan rambut rontok, Anda bisa menggunakan minyak ini untuk mengatasinya.

Jika Anda menderita kondisi tertentu dan hendak mengonsumsi jintan hitam untuk pengobatan tambahan, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini untuk menghindari kandungan jintan hitam menghambat proses pengobatan utama. Manfaatkan jintan hitam sesuai dengan resep dokter agar hasilnya maksimal.

Baca Juga : 6 Manfaat Talas untuk Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Sumber