9 Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

9 Makanan untuk Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah

Image : www.womantalk.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Demam berdarah disebarkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Terkadang gejala awal yang hanya seperti demam biasa sering dianggap remeh. Padahal, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, demam berdarah akan berakibat fatal.

Di Indonesia penyakit demam berdarah adalah penyakit yang sangat rentan terjadi. Penyakit ini paling sering terjadi di daerah tropis dan subtropis di dunia, termasuk wilayah Asia-Pasifik, Amerika Tengah dan Karibia.

Jika Anda, keluarga atau kerabat Anda terkena demam berdarah, pertolongan pertama adalah bawa ke rumah sakit. Setelah itu, berikan nutrisi tepat untuk pemulihan melalui makanan dan minuman yang tepat. Ada beberapa makanan yang dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah. Berikut daftarnya.

Baca Juga : Musim Hujan Tiba, Cegah Demam Berdarah dengan 6 Langkah Berikut

1. Buah Delima

Buah delima (pomegranate) kaya akan nutrisi penting dan mineral yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Mengkonsumsi jus buah delima juga dapat mengurangi rasa lemas dan lelah pada penderita demam berdarah.

Buah ini juga menjadi sumber zat besi yang kaya dan sangat bermanfaat bagi darah. Buah ini juga membantu dalam mempertahankan jumlah trombosit darah agar tetap normal yang tentunya sangat penting untuk pulih dari demam berdarah.

2. Jus Sayuran

Anda dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah dengan mengkonsumsi jus sayuran segar. Wortel, mentimun, dan sayuran berdaun hijau lainnya sangat baik untuk mengobati gejala demam berdarah.

Sayuran-sayuran ini penuh dengan vitamin dan mineral penting yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi rasa sakit pada pasien demam berdarah.

3. Jus Lemon

Untuk membantu menghilangkan racun dari tubuh karena virus demam berdarah ini, jus lemon sangat efektif untuk mempercepat penyembuhannya. Jus lemon ini membantu untuk mengeluarkan virus melalui urin, sehingga mengurangi rasa sakit dalam tubuh.

4. Air kelapa

Cara paling mudah karena kita dapat menemukan air kelapa secara mudah karena banyak dijual dimana-mana. Pasien harus minum banyak air kelapa karena dapat menambah jumlah elektrolit, mineral dan mineral lainnya yang hilang oleh tubuh karena dehidrasi saat mengidap demam berdarah.

5. Jeruk

Buah jeruk penuh dengan nutrisi penting dan vitamin. Jeruk kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan penting. Kandungan serat jeruk yang tinggi membuatnya baik untuk mengobati gangguan pencernaan. Konsumsilah buah ini saat Anda terserang demam berdarah karena akan sangat membantu mempercepat penyembuhannya.

6. Bayam

Bayam adalah sumber yang kaya akan zat besi dan makanan kaya asam lemak omega-3 yang sangat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi bayam ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah trombosit pada darah.

7. Bubur

Sereal lezat ini  adalah pilihan sarapan yang populer di seluruh dunia. Nilai serat dan nutrisi yang tinggi memastikan Anda mendapatkan kekuatan yang memadai untuk melawan penyakit. Selain itu, bubur mudah ditelan dan mudah dicerna oleh tubuh.

Ingatlah untuk makan banyak bubur saat Anda menderita demam berdarah agar supaya tubuh tetap ternutrisi oleh makanan.

8. Ekstrak Daun Pepaya

Bagi penderita demam berdarah atau sedang mencari obat paling ampuh untuk penyembuhan demam berdarah, daun pepaya adalah pilihan terbaik. Hancurkan daun pepaya dan peras untuk mengekstrak jusnya. Ekstrak daun pepaya ini dapat meningkatkan jumlah trombosit darah.

Anda juga bisa merebus daun pepaya dalam air panas dan meminumnya. Cara ini mungkin adalah obat rumahan terbaik untuk pengobatan demam berdarah.

9. Jus buah

Jumlah asupan Vitamin C yang banyak untuk demam berdarah adalah suatu keharusan. Vitamin C adalah nutrisi tunggal yang paling penting untuk sistem kekebalan tubuh dan penting untuk pembentukan hormon adrenal.

Buah-buahan seperti stroberi, jambu biji, kiwi dan pepaya membantu dalam produksi limfosit. Manfaat dari mengonsumsi berbagai buah-buahan ini juga memiliki efek langsung pada pengurangan bakteri dan virus.

Baca Juga : 3 Fase Demam Berdarah yang Harus Diketahui

 

Sumber :
Medium. (2015). What should Dengue Patients eat?. www.medium.com
AetosEye. (2016). 9 Food Items To Help Recover From Dengue Fast. www.safetykart.com
NDTV. (2017). Best Foods to Recover From Dengue Fever. www.ndtv.com
E Medicine Health. Dengue Fever. www.emedicinehealth.com



Add Your Comment