9 Gejala GERD yang Perlu Anda Waspadai

9 Gejala GERD yang Perlu Anda Waspadai

Penulis: Lady | Editor: Handa

Gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan gangguan pencernaan yang ditandai oleh refluks asam lambung berulang dalam jangka panjang. Kondisi ini terjadi ketika cairan asam lambung bocor dan naik ke kerongkongan (esofagus). Asam lambung yang kembali naik ke kerongkongan dapat mengiritasi dinding pelapis dalam tenggorokan.

Akibatnya, penderita GERD akan mengalami rasa nyeri dan panas seolah terbakar pada ulu hati serta tenggorokan. Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, GERD memengaruhi sekitar 20 persen orang di Amerika.  Berikut ini beberapa gejala GERD:

1. Rasa Asam di Mulut

Penderita GERD mungkin akan merasakan makanan apa saja yang Anda konsumsi akan terasa asam. Hal ini karena katup antara perut dan kerongkongan yang membawa makanan dari mulut ke perut tidak menutup dengan benar. Akibatnya, isi perut Anda kembali mengalir mundur, yaitu ke arah mulut Anda.

2. Heartburn

Heartburn merupakan perasaan tidak nyaman atau terbakar di tengah dada bagian bawah. Kondisi ini biasanya terjadi setelah mengonsumsi makanan. Heartburn merupakan gejala umum dari GERD dan semakin tidak nyaman ketika penderita membungkuk atau berbaring telentang.

3. Nyeri Dada atau Perut

Nyeri dada atau perut biasanya dimulai di belakang tulang dada atau di tulang dada itu sendiri dan dapat menjalar ke tenggorokan hingga menyebar ke punggung. Selain itu, Anda juga mungkin merasakan sakit di bagian atas atau tengah perut Anda.

Rasa sakit tersebut, biasanya terjadi tidak lama setelah Anda makan dan dapat berlangsung beberapa menit hingga beberapa jam. Jika mengalami kondisi ini, jangan ragu untuk pergi ke dokter agar gejala yang Anda alami dapat didiagnosis.

4. Suara Serak

Gejala GERD selanjutnya yaitu suara serak. Pasalnya, iritasi yang disebabkan oleh naiknya asam lambung ke tenggorokan dapat membuat suara serak atau radang tenggorokan, terutama di pagi hari.

Baca Juga : Ketahui Penyebab dan Cara Mengobati Suara Serak

5. Kesulitan Menelan

Kesulitan menelan disebut dengan disfagia. Kondisi ini terjadi ketika makanan atau minuman yang Anda konsumsi tidak keluar dengan normal dari mulut ke lambung. Akibatnya, penderita disfagia akan membutuhkan usaha yang lebih keras dan waktu lebih lama untuk menelan makanan atau minuman.

Meskipun terlihat sepele, namun kondisi ini sebaiknya jangan diabaikan. Hal ini karena kesulitan menelan bisa menjadi tanda berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti erosif esofagitif (peradangan pada lapisan kerongkongan) dan kanker kerongkongan.

6. Batuk Kering yang Terus-menerus

Naiknya asam lambung ke kerongkongan dapat membuat penderitanya mengalami batuk kering secara terus-menerus. Untuk membedakan batuk yang disebabkan oleh asam lambung, ada beberapa gejala yang bisa Anda perhatikan.

Beberapa gejala lain saat Anda batuk, seperti nyeri dada saat batuk, kesulitan menelan makanan, suara serak, napas berbau, mengalami gangguan pencernaan, dan batuk terus-menerus walaupun tidak merokok. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan medis.

7. Bau Mulut dan Erosi Gigi

Selain batuk terus-menerus, penderita GERD akan memiliki bau mulut yang tidak sedap. Hal ini karena asam dari lambung yang naik ke kerongkongan bisa menyebabkan bau mulut tidak sedap saat bernapas. Tidak hanya bau mulut, asam lambung yang naik ke kerongkongan dan mulut juga dapat mengikis lapisan terluar gigi atau erosi gigi.

8. Mengi

Mengi juga menjadi salah satu dari gejala GERD. Gejala ini membuat penderitanya kesulitan bernapas atau terdengar suara siulan saat bernapas. Kondisi ini terjadi karena cairan lambung yang masuk ke dalam batng paru-paru.

Baca Juga : Penyebab Mengi dan Cara Mengatasinya

9. Mual atau Muntah

GERD juga dapat membuat mual dan muntah. Hal ini karena naiknya asam lambung ke tenggorokan atau mulut (regurgitasi) yang dapat menimbulkan rasa pahit, sendawa, dan menyebabkan muntah. Regurgitasi dapat terjadi kapanpun, namun sering terjadi pada malam hari.

Penderita GERD bisa tiba-tiba terbangun karena merasakan cairan pahit di tenggorokan. Kondisi ini dapat membantu waktu tidur Anda terganggu dan membuat Anda sulit tidur.

Kapan Harus Ke Dokter?

Segera bawa diri Anda ke dokter, jika Anda mengalami kondisi berikut ini:

  • Muntah dalam jumlah besar
  • Muntah secara terus-menerus
  • Muntah yang berwarna hijau atau kuning, mengandung darah, atau terlihat seperti bubuk kopi
  • Kesulitan bernapas setelah muntah
  • Nyeri di tenggorokan atau mulut saat makan
  • Kesulitan menelan atau menelan yang menyakitkan

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Faktor Risiko GERD

Sumber


Verywell Health. 2020. Symptoms of Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). www.verywellhealth.com
Medical News Today. 2018. Everything you need to know about GERD. www.medicalnewstoday.com
Mayo Clinic. Gastroesophageal reflux disease (GERD). www.mayoclinic.org
Healthline. 2019. Everything You Need to Know About Acid Reflux and GERD. www.healthline.com
Web MD. 2020. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). www.webmd.com
 



Add Your Comment