8 Rekomendasi Buah untuk Kesehatan Jantung

8 Rekomendasi Buah untuk Kesehatan Jantung

Penulis: Lely | Editor: Ratna

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan di seluruh dunia selain kanker. Mengonsumsi makanan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, namun mengubah kebiasan makan Anda seringkali terasa sulit. Padahal makanan tertentu bisa mempengaruhi tekanan darah, kadar kolesterol, peradangan, dan beberapa yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Peran utama dalam kesehatan jantung adalah dengan melakukan diet makanan hingga dapat mempengaruhi risikonya. Setelah Anda mengetahui makanan mana yang baik untuk Anda konsumsi dan makanan mana yang harus dibatasi, hingga dapat mengatur pola makan yang sehat untuk jantung. Terdapat beberapa jenis buah yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Berbagai Obat Herbal Jantung dan Efek Sampingnya

Berikut adalah 8 rekomendasi buah-buahan yang dapat Anda konsumsi untuk memaksimalkan kesehatan jantung Anda.

1. Alpukat

Buah ini merupakan sumber lemak tidak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit jantung. Penelitian dilakukan pada 45 orang yang mengalami obesitas diuji dengan mengonsumsi satu buah alpukat per hari, kelompok tersebut mengalami penurunan kadar kolesterol jahat.

Alpukat juga kaya kalium, sebuah nutrisi yang penting untuk kesehatan jantung. Faktanya, dalam 1 buah alpukat terdapat 975 miligram potasium, atau sekitar 28% dari jumlah potasium yang tubuh Anda butuhkan dalam sehari. Setidaknya, dengan mendapatkan asupan kalium sekitar 4,7 gr per hari dapat menurunkan tekanan darah sekitar 4,1 mmHg, terkait dengan risiko stroke menjadi 15% lebih rendah.

2. Tomat

Kandungan zat likopen dalam tomat merupakan antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh, mencegah kerusakan oksidatif dan peradangan, yang keduanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

peningkatan risiko serangan jantung dan stroke dikaitkan dengan kadar likopen dalam darah yang rendah. Penelitian menunjukkan bahwa, asupan makanan yang kaya akan likopen dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit tersebut.

Penelitian lain pada 50 wanita yang kelebihan berat badan, dengan mengonsumsi dua buah tomat empat kali dalam seminggu dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kadar kolesterol HDL yang lebih tinggi dapat membantu menghilangkan kolesterol dan plak dari arteri untuk menjaga kesehatan jantung dan melindungi dari penyakit jantung dan stroke.

3. Apel

Buah apel dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, penelitian menemukan bahwa orang yang mengonsumsi sebutir apel sehari secara teratur cenderung tidak mengalami tekanan darah tinggi. Karena apel memiliki kandungan banyak senyawa yang meningkatkan berbagai faktor yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Kandungan senyawa fitokimia atau quercetin yang bertindak sebagai agen anti inflamasi alami, senyawa ini juga dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Apel juga mengandung jenis serat larut yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

4. Jeruk

Senyawa flavonoid dalam buah jeruk memiliki antioksidan dan anti inflamasi yang kuat. Peran senyawa ini dapat membantu meningkatkan tekanan darah dan menangkal risiko pengembangan terhadap aterosklerosis, pembuluh arteri mengalami penyumbatan akibat plak.

Selain mengandung vitamin C, serat, kolin, dan kalium, buah jeruk juga kaya akan magnesium yang mampu membantu jantung Anda agar mempertahankan ritme normal. Manfaat lain dari buah yang menyegarkan ini adalah untuk memperkuat sistem kekebalan dan menyehatkan kulit.

5. Buah beri

Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry adalah jenis buah yang penuh dengan nutrisi penting dalam kesehatan jantung. Buah beri mengandung senyawa kimia organik antosianin, yang bersifat antioksidan berperan melindungi tubuh anda dari stres oksidatif dan peradangan yang berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi banyak buah beri dapat mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung. Satu penelitian pada 27 orang dewasa dengan sindrom metabolik menunjukkan dengan minum minuman yang terbuat dari stroberi selama 8 minggu dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 11%. Sindrom metabolik adalah sekelompok gangguan kesehatan terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

6. Kiwi

Kandungan kalium yang tinggi pada buah kiwi membuat kadar natrium dalam tubuh Anda berkurang artinya sistem pembuluh darah Anda akan menjadi lebih sehat. Dengan mengonsumsi buah kiwi dapat mengurangi tekanan darah, mencegah penyakit jantung dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan. Selain itu, buah kiwi juga dapat mencegah batu ginjal dan hilangnya massa otot.

7. Pisang

Dari buah pisang Anda akan mendapatkan vitamin B6 dan C. Selain itu, kandungan serat, kalium, dan magnesium yang ketiganya merupakan nutrisi utama berperan dalam membantu mengontrol tekanan darah. Dengan mengonsumsi satu buah pisang setiap hari, Anda sudah memenuhi kebutuhan kalium harian sekitar 9%.

8. Aprikot

Buah aprikot masih belum banyak dikenal pada kalangan masyarakat Indonesia. Buah ini kaya akan vitamin A, C, E, dan K yang merupakan nutrisi yang dapat memperkuat jantung. Serat dalam buah aprikot berfungsi untuk menjaga kadar gula dan kolesterol dalam tubuh agar tetap normal. Dan efek antioksidannya dapat mencegah penyumbatan plak dalam pembuluh darah.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Jantung Bengkak

Sumber

Healthline. (2018). 15 Incredibly Heart-Healthy Foods. www.healthline.com

Very Well Health. (2020). 10 Foods That Are Good for Your Heart. www.verywellhealth.com

Canadian Living. (2011). THE TOP 25 HEALTHY FRUITS: BLUEBERRIES, APPLES, CHERRIES, BANANAS AND 21 MORE HEALTHY PICKS. www.canadianliving.com

Better Homes & Garden. (2020). Start Eating More of These 7 Fruits That Are Good for Your Heart. www.bhg.com