8 Olahraga yang Efektif untuk Mengecilkan Perut

Image: beautyshape.com

Penulis : Helen | Editor : Niahappy

Semua wanita pasti memimpikan memiliki perut yang kecil, badan yang langsing bak gitar Spanyol, dengan harapan ketika mengenakan baju apapun bisa terlihat bagus dan percaya diri. Sehingga, tidak jarang memulainya dengan mengurangi porsi makan, mengganti menu makanan, bahkan ada yang berhenti untuk jarang demi bisa mengecilkan perut dengan cepat. Tidak jarang juga, ada yang sampai mengkonsumsi obat-obatan penurun berat badan.

Baca Juga : Bahaya Mengintai Dibalik Obat Penurun Berat Badan

Tidak ada yang salah dengan itu, namun ingat tubuh Anda juga perlu mendapatkan nutrisi yang seimbang baik itu karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Harapannya adalah, perut Anda tidak hanya sekedar kecil, namun  bisa tetap sehat dan bugar, hingga tua nanti. Semuanya pasti ingin terlihat langsing dan segar hingga tua? Jadi, jangan lupa olahraga juga ya.

Nah, penasaran kan olahraga apa saja yang bisa membuat perut Anda kecil dan badan sehat? Ayo, simak ulasan macam-macam olahraga dibawah ini.

Baca Juga : 9 Gerakan Yoga Pemula yang dapat Dilakukan di Rumah

1. Sit Up

Image: lifeinleggings.com

Kebanyakan orang awam menganggap olahraga ini cocok untuk orang-orang yang ingin masuk dunia militer. Tapi, jangan salah lho, olahraga yang bisa dilakukan di rumah ini, terbukti bisa mengecilkan perut dan mengencangkan perut bagian atas.

Bagaimana caranya sit up yang benar? Diawali dengan berbaring terlentang, posisi tangan Anda lipat di depan dada dan tekuklah lutut. Angkat badan Anda secara perlahan hingga mendekati lutut, lalu kembali ke posisi awal atau tahan badan Anda beberapa centi, sebelum menyentuh lantai dan mengangkat badan. Ulangi gerakan ini selama tiga puluh kali. Lakukan olahraga ini minimal satu hari sekali.

2. Plank

Image: 123rf.com

Gerakan plank cocok untuk Anda yang ingin mengencangkan otot perut bagian samping, paha dan pinggul. Plank yang benar adalah dengan cara berbaring pada sisi kiri tubuh dengan posisi tangan kiri menahan beban tubuh. Letakkan tangan kanan kita di pinggang, lalu angkat pinggul ke atas, tahan hingga tiga puluh sampai empat puluh lima detik, sebanyak sepuluh hingga lima belas kali dalam satu sesi.

3. Lari

Meskipun tidak ada treadmill di rumah, Anda masih bisa membakar kalori dengan cara olahraga lari. Cukup siapkan sepatu dan baju lari yang nyaman, Anda bisa membakar kalori di sekitar tempat tinggal. Terbukti, lari adalah olahraga yang sederhana dan terbaik untuk membakar kalori. Luangkanlah waktu Anda selama tiga puluh hingga satu jam untuk lari setiap harinya di pagi hari. Selain, kalori Anda bisa terbakar, lari bisa membuat tubuh Anda segar.

4. Renang

Renang selain menjadi aktivitas untuk hiburan ternyata bisa jadi alternatif olahraga untuk mengecilkan perut. Rutin berenang dapat membakar 5.000 hingga 7.000 kalori per jam, entah Anda ingin melakukannya dengan gaya dada ataupun gaya bebas. Olahraga ini melibatkan semua kelompok utama otot Anda, mulai dari otot perut, punggung, lengan kaki dan pinggul. Jadi, mulai isi libur Anda dengan bermain air dan rasakan sensasinya.

5. Lompat Tali

Image: bodybuilding.com

Familiar dengan permainan tradisional ini? Ketika Anda masih di bangku sekolah, pasti pernah bermain ini. Tidak banyak yang tahu, permainan ini juga merupakan salah satu olahraga yang bisa membuat perut Anda kecil juga lho. Lompat tali dapat membakar hingga 318 kalori (untuk wanita) setiap 30 menit. Olahraga ini merupakan kegiatan yang melibatkan seluruh tubuh, baik kaki, lutut, dan gerakan tangan dan bahu, karena mereka tetap harus kencang ketika kita melompat. Jadi, ambil tali Anda dan melompatlah.

6.  Tinju

Image: shapemagazine.com

Tinju adalah cara yang baik untuk membakar kalori dan lemak serta membentuk otot. Selain itu, tinju juga bisa membantu Anda untuk menghilangkan stres lho. Olahraga ini bisa Anda jadikan latihan untuk membakar lemak  dan mengencangkan tubuh.

Caranya lakukanlah footwork seperti Anda melihat seseorang yang sedang bertarung tinju dengan posisi kaki kiri di depan kaki kanan, kepal tangan Anda kemudian beri pukulan sekuat mungkin ke arah depan, berlawanan dan ke atas. Anda tidak perlu pergi ke area tinju, lakukanlah ini di kamar Anda dengan benda yang ada di sekitar Anda, setiap hari selama 30 menit.

7. Squats

Image: trainerae.com

Ketika Anda melakukan squat dengan benar, Anda telah berhasil melibatkan seluruh tubuh bagian bawah dan inti tubuh Anda. Olahraga ini menggerakkan otot-otot lebih banyak daripada sit up dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk mendukung proses pembakaran lemak, sehingga lemak yang ada di sekitar perut akan menyusut dan membuat perut dan pinggang Anda lebih langsing.

8. Corkscrew

Image: pinterest.com

Bagi Anda yang baru saja melahirkan, rata-rata memiliki kekhawatiran masih ada beberapa lemak yang masih tertinggal di perut ataupun otot perut yang kendur. Mimpi buruk itu bisa sirna jika melakukan gerakan ini dengan benar. Baringkan badan dalam posisi kaki terangkat, kemudian tekuk lutut kita sedikit dengan tangan ada di samping badan. Gunakan otot perut bawah untuk mengangkat pinggul sambil memutarnya ke sisi kanan. Tahan posisi itu selama tiga detik lalu kembali ke posisi awal. Lakukanlah gerakan ini sebanyak sepuluh kali dalam satu sesi.

Bagaimana? Olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di rumah, kapan saja bukan? Jadi, tidak ada alasan untuk malas berolahraga atau mahal pergi ke tempat fitnes. Luangkan waktu Anda dan perut kecil bukanlah impian lagi.

Baca Juga : 7 Streaching Mudah untuk Melemaskan Badan Kaku

Source :
Self.com (2018). 10 of the Best Workouts for Weight loss. www.self.com
Prevention(2018).10 Best Exercise for Weight Loss when the Scale won’t Budget. www.prevention.com
Food.ndtv(2018).10 Effective Weight Loss and Fat Burning Exercises. Workout motivation. Food.ndtv.com
Acefitness(2015). Weight Lifting for Weight Loss. www.acefitness.org