8 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan Tubuh

Penulis: Lely | Editor: Handa

Kunyit putih merupakan salah satu kelompok tanaman herbal seperti jahe, lengkuas, kencur atau kunyit kuning. Secara ilmiah kunyit putih dikenal sebagai curcuma zedoaria. Biasanya kunyit putih dijual dalam bentuk bubuk atau dikeringkan dan bahkan diiris.

Secara sepintas, kunyit putih ini sangat mirip dengan jahe. Tidak sekedar sebagai bumbu dapur, kunyit putih juga dikenal karena banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.Pasalnya senyawa kurkumin yang ditemukan di dalamnya diketahui dapat menjaga kesehatan tubuh Anda. Lantas apa saja manfaatnya, simak ulasan di bawah ini.

1. Mengatasi Masalah pada Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan sangat rentan terserang penyakit karena berbagai jenis makanan masuk dan tinggal di lambung. Sehingga penyakit sangat mudah menyerang. Namun dengan menjaga kesehatan yang baik. seperti mengonsumsi kunyit putih maka kesehatan lambung dan pencernaan dapat terjaga.

Kini, kunyit putih diolah sedemikian rupa menjadi minyak kunyit putih yang berguna untuk mengatasi masalah pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi minyak kunyit putih, seperti cacingan, kejang otot, perut kembung, dan mampu menambah nafsu makan.

2. Mengurangi Peradangan dan Nyeri pada Persendian

Kunyit putih mengandung khasiat anti inflamasi sehingga baik untuk mengobati berbagai jenis penyakit dan pereda nyeri akibat peradangan, terutama bagi penderita radang sendi. Bahkan, kunyit putih juga dapat mengobati luka dan penyakit kulit lainnya. Senyawa curcumenol yang diperoleh dari kunyit putih ini mampu mengurangi rasa sakit.

Sifat diuretiknya membuat kunyit putih mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat. Dengan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, kunyit putih dikenal sebagai obat alami yang efektif untuk berbagai penyakit kulit akibat bakteri dan jamur. Kunyit putih juga dapat membunuh mikroba, membuatnya bagus untuk menghilangkan infeksi.

3. Kaya Antioksidan

Karena memiliki kandungan berbagai macam antioksidan, kunyit putih mampu menghambat pertumbuhan radikal bebas yang menghancurkan sel-sel tubuh penyebab kerusakan lebih lanjut. Kandungan senyawa aktif kurkumin berfungsi sebagai anti-alergi, yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan gejala alergi.

4. Antimikroba dan Anti Jamur

Manfaat kunyit putih lainnya bagi kesehatan adalah membunuh mikroba dan jamur penyebab penyakit kulit. Ekstrak dari kunyit putih sendiri mengandung anti jamur yang dapat melawan berbagai penyakit.

Selain itu, rempah ini juga dapat mengobati masalah pencernaan akibat jamur dan bakteri, seperti diare, sepsis, keracunan makanan dan lain-lain. Bahkan, ramuan ini juga bisa digunakan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bakteri mulut.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengobati Sakit Maag

Manfaat dari curcuma zedoaria selanjutnya yaitu mampu mencegah dan mengobati maag. Untuk mengurangi penggunaan obat-obatan kimiawi, Anda dapat mencoba mengatasi maag atau mengobatinya dengan rempah ini.

Pasalnya, lunyit putih mengandung banyak zat penting untuk kesehatan, seperti gula pasir, saponin, minyak atsiri, racun protein, flavonoid, damar, amylum, kurkumin dan tinanin. Mengonsumsi ramuan kunyit putih secara rutin dapat menetralkan keasaman lambung sehingga mencegah timbulnya maag atau menyembuhkannya.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Olahan kunyit putih diyakini dapat menurunkan kadar gula darah. Kunyit terdiri dari komponen yang disebut kurkumin dan zat yang disebut Curcuma Longa. Komponen kurkumin dalam kunyit membantu mencegah timbunan lemak di pembuluh darah tubuh Anda dan mencegah pertumbuhan jaringan lemak.

Kunyit putih juga mengurangi pembentukan glukosa di hati, meningkatkan sensitivitas insulin yang menurunkan kadar gula darah. Meski demikian, keduanya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

7. Mengatasi Nyeri Haid

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid saat menstruasi. Kondisi ini bisa menghambat produktivitas dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memanfaatkan kunyit putih untuk mengatasinya.

Pasalnya, kunyit putih memiliki efek pereda nyeri alami dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram. Selain itu, kunyit putih ini juga dapat mengurangi hormon yang menciptakan rasa nyeri dan peradangan.

8. Menghambat Proses Penuaan

Selain memiliki manfaat yang telah dipaparkan di atas, kunyit putih juga diketahui memiliki sifat yang dapat membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan, seperti mampu menghilangkan flek dan garis keriput di wajah. Cara menggunakan kunyit putih untuk kesehatan wajah yaitu dengan mencampur beberapa sendok makan kunyit putih halus dengan sedikit air hingga mengental.

Selanjutnya, oleskan pada bagian yang ingin terlihat muda, seperti wajah dan leher. Setelah selesai, diamkan beberapa menit hingga kering kemudian gosok perlahan dengan kain serta air hangat.

Baca Juga : Ketahui 8 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan Tubuh

 

Sumber

Health Benefit Its times. White turmeric facts and health benefits. www.healthbenefitstimes.com
Love Inshaallah. 2020. White Turmeric (Curcuma zedoaria) Facts and Benefits. www.loveinshallah.com
Rxlist. 2019. ZEDOARY. www.rxlist.com
NDTV Food. 2017. White Turmeric: How It Is Different From Yellow Turmeric And Its Health Benefits. www.food.ndtv.com