8 Cara Alami Redakan Radang Tenggorokan

Image: aarp.com

Penulis: Helen | Editor: Niahappy

Radang tenggorokan memang tidak menakutkan seperti kanker, HIV, Tumor ataupun penyakit keras lainnya. Namun, jika penyakit ini tidak segera diatasi dengan cepat dan serius, penyakit ini bisa memicu untuk merusak pita suara sehingga menganggu Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Radang tenggorokan disebabkan oleh sebuah virus yang ada di saluran pernafasan atau infeksi sebuah bakteri. Penyakit ini ada dua penyebab yaitu terjadinya infeksi dan berkembang di area tenggorokan serta efek dari alergi makanan yang Anda makan atau cuaca di area tenggorokan.

Penyakit ini bisa Anda kenali lewat gejala seperti kesusahan menelan makanan, sehingga pengobatannya bisa dilakukan sedini mungkin. Gejala ini juga sering kali diikuti dengan flu, pusing, demam dan susah untuk bernafas.

Lantas penanganan seperti apa yang harus Anda jalani, ketika terkena radang tenggorokan? Selain ke dokter dan mengonsumsi antibiotik, Anda bisa menyembuhkan radang tenggorokan dengan cara-cara alami seperti berikut:

Baca Juga : Cara Alami Hilangkan Batuk Berdahak

1. Perbanyak minum air

Ketika Anda menderita radang tenggorokan, hal yang Anda akan rasakan adalah kering dan kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, agar keadaan tidak semakin parah maka Anda disarankan untuk rajin minum air putih dan hal ini menjaga selaput lendir yang mengarah ke area tenggorokan tetap lembap, sehingga memudahkan penderita radang tenggorokan terhadap bakteri, virus ataupun alergi tetap kuat. Maka itu, perbanyaklah minum air putih, sehingga tubuh Anda semakin kebal.

2. Kumurlah dengan air garam

Radang tenggorokan disebabkan karena adanya bakteri sehingga perlu dibersihkan dan disterilkan. Jika Anda kesusahan membersihkannya dengan obat kumur antiseptik, Anda bisa mengganti obat tersebut dengan air garam.

Cara membuatnya larutkan di air hangat setengah sendok teh garam, lalu berkumurlah setiap tiga jam sekali. Cairan ini bisa membantu Anda untuk mencegah adanya pembengkakkan dan tenggorokan Anda agar selalu tetap bersih.

3. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri, antivirus serta antijamur. Cairannya mampu menenangkan untuk sakit tenggorokan, batuk dan penyakit bronkial. Sehingga, kandungan ini sangatlah cocok dijadikan obat ketika Anda memiliki penyakit radang tenggorokan.

Cara membuatnya adalah larutkan satu sendok madu di air hangat, minumlah selagi hangat. Khasiatnya adalah, tidak hanya menenangkan radang namun juga melawan bakteri yang ada di tenggorokan Anda.

Baca Juga : 8 Manfaat Penting Madu bagi Kesehatan Tubuh 

4. Cuka sari apel

Cuka sari apel bisa mengurangi infeksi dikarenakan adanya kandungan antimikroba yang memiliki sifat asam sehingga dapat membantu memecah lendir di area tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri. Larutkan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dalam satu gelas air, kemudian berkumurlah. Dan minumlah seteguk saja, ulangi selama satu atau dua kali per jam. Namun jangan lupa untuk tetap minum air putih di sela proses tersebut.

Baca Juga : Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan 

5. Istirahat yang cukup

Tubuh memiliki batasan dan titik lelah, jika ada yang tidak beres dalam diri Anda bisa jadi dikarenakan dia merasa lelah. Sehingga, ketika tubuh Anda diijinkan sakit maka Anda harus menggunakan waktu tersebut untuk beristirahat. Istirahat terbukti mampu meminimalisir rasa sakit pada tenggorokkan. Hal ini dikarenakan, radang tenggorokan awalnya dipicu oleh virus flu yang salah satu penyembuhan dengan efektif dengan memiliki waktu istirahat yang cukup.

6. Jahe

Khasiat jahe dapat mengurangi batuk kering atau asma, hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti-inflamasi serta mengurangi rasa mual dan nyeri. Ada satu penelitian yang menunjukkan bahwa, beberapa senyawa anti-inflamasi pada jahe dapat melemaskan selaput lendir di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Cara untuk membuat obat yang menyembuhkan radang tenggorokkan dari jahe adalah, seduh teh jahe yang mampu menenagkan tenggorokkan dengan menambahkan 20-40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama beberapa menit sebelum Anda minum. Minuman jahe ini dapat dinikmati dengan menambahkan madu atau jus lemon untuk meningkatkan rasanya.

7. Nanas

Buah nanas ternyata baik untuk meringankan radang tenggorokan lho. Karena nanas mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan selain itu enzin bromelain pada buah nanas dapat mengurangi lendir di tenggorokan dan menghentikan batuk.

Anda dapat mengonsumsi buah nanas dengan cara dijadikan jus atau dimakan secara langsung.

8. Thyme

Daun thyme memiliki kegunaan di bidang kuliner dan obat-obatan. Daun thyme bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk batuk, sakit tenggorokan, bronkitis, dan masalah pencernaan.

Untuk mengobati batuk menggunakan daun thyme, cari sirup obat batuk yang mengandung ramuan ini. Atau, buat teh thyme dengan menambahkan 2 sendok teh thyme kering ke dalam secangkir air panas. Seduh selama 10 menit, saring teh dan siap diminum.

Nah, itulah penjelasan delapan cara alami untuk menyembuhkan radang tenggorokan selain dengan menggunakan resep dokter, sangat mudah ditemukan dan ekonomis kan? Semoga bermanfaat.

Sumber:
Healthline.(2018). Best Natural Cough Remedies. www.healthline.com
Netdoctor. Over the Counter Cough Medicines. www.netdoctor.co.uk
Familydoctor. Cough Medicine Understanding Your OTC Options. www.familydoctor.org
medicalnewstoday. (2018). What can I do to Make My Cought Go Away. www.medicalnewstoday.com