7 Tips untuk Mengatasi Tubuh Lemas

7 Tips untuk Mengatasi Tubuh Lemas

Penulis: Yerizya | Editor: Handa

Hampir semua orang termasuk Anda pasti pernah mengalami lemas dan lesu. Akibatnya, aktivitas dan produktivitas Anda dapat terganggu. Kondisi lemas biasanya disebabkan oleh banyak hal, seperti kelelahan, kurang tidur, dehidrasi, stres, atau bahkan penyakit.

Di dalam dunia medis, kondisi sering lemas disebut asthenia. Biasanya lemas bersifat sementara. Namun, ada juga lemas yang berkelanjutan hingga kronis. Oleh sebab itu, jika tubuh terasa lemas, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa tips berikut ini:

1. Menambah Cairan Tubuh

Jika Anda mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), menambah asupan cairan sangat membantu kondisi lemas. Namun, jika Anda menunjukkan gejala dehidrasi parah, Anda mungkin memerlukan perawatan di rumah sakit.

Di rumah sakit, Anda akan menerima cairan melalui jalur intravena (IV) atau infus. Selain itu, dokter akan memberikan obat untuk meningkatkan tekanan darah Anda.

2. Memiliki Istirahat Cukup

Bisa jadi faktor penyebab tubuh Anda lemas adalah kelelahan karena terlalu memforsir tubuh untuk bekerja. Kebiasaan seperti ini tidak baik jika Anda melakukannya terus-menerus.

Pasalnya, tubuh membutuhkan istirahat agar dapat bekerja secara optimal. Selain mengakibatkan tubuh lemas, kurang istirahat juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Beberapa penyakit, seperti jantung, diabetes, penuaan dini dapat terjadi akibat tidak memiliki istirahat yang cukup.

3. Mengatur Pola Makan

Makanan menjadi sumber energi agar tubuh dapat beraktivitas sehari-hari. Sehingga pola makan dapat memengaruhi seberapa lemas atau semangat tubuh Anda.

Agar tubuh tidak lemas, harus mengatur pola makan Anda. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula dan berkafein. Keduanya dapat membuat Anda merasa lelah dan semakin lemas.

Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi buah dan sayur. Pasalnya buah dan sayur memiliki banyak nutrisi yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

4. Memiliki Waktu Tidur Malam yang Cukup

Salah satu penyebab tubuh lemas adalah kurang tidur di malam hari. National Sleep Foundation, merekomendasikan waktu tidur untuk orang dewasa sekitar 7-9 jam atau tidak kurang dari 6 jam.

Jika sudah terbiasa tidur larut malam, tidak mudah untuk memulai tidur lebih pagi. Walaupun begitu, bukan berarti tidak ada cara untuk mencoba tidur awal, nukan? Berikut tips yang bisa Anda coba untuk mendapat tidur malam yang cukup.

  • Tentukan waktu tidur, seperti tidur berapa jam dan bangun jam berapa. Lakukan hal ini terus-menerus.
  • Hindari mengonsumsi makanan 90 menitu atau 2 jam sebelum tidur.
  • Matikan lampu kamar.
  • Hindari memandang layar apapun, seperti Handphone, dan TV menjelang tidur.

Jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka segeralah  memperbaikinya. Hal ini agar tubuh kembali segar dan aktivitas Anda tidak terganggu lagi.

5. Berolahraga

Jika tubuh terlanjur lemas, mungkin Anda enggan untuk melakukan olahraga. Namun,tahukah Anda jika berolahraga dapat menghilangkan rasa lemas? Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Ada banyak olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan. Salah satunya jalan kaki agar kondisi lemas dapat teratasi.

Baca Juga : 10 Manfaat Olahraga Kardio dan Tips Melakukannya

6. Mengonsumsi Obat

Tubuh lemas dapat disebabkan oleh penyakit, seperti anemia, kanker, atau jantung. Oleh sebab itu, Anda harus mengonsumsi obat, jika kondisi lemas disebabkan oleh beberapa penyakit di bawah ini:

  • Anemia. Jika penyakit yang Anda alami adalah anemia atau kekurangan darah merah, maka Anda harus banyak mengonsumsi suplemen zat besi. Selain itu, kemungkinan Anda harus melakukan transfusi darah jika dibutuhkan.
  • Kanker. Jika penyebab tubuh lemas adalah kanker, maka dokter akan memberikan beberapa pilihan untuk mengobatinya. Pengobatan kanker, meliputi kemoterapi, pengobatan radiasi, atau operasi.
  • Jantung. Sama halnya dengan penyakit kanker dan anemia, penyakit jantung juga bisa membuat tubuh Anda lemas. Selain itu, detak jantung Anda mungkin lebih cepat. Sehingga dokter akan memberi Anda obat untuk mengobatinya.

7. Mengatasi Sleep Apnia

Sleep Apnea merupakan gangguan tidur serius di mana pernapasan bisa berhenti ketika Anda tertidur. Akibatnya, organ tubuh, terutama otak tidak mendapatkan oksigen yang cukup.

Untuk mengatasi hal ini, hal utama yang harus Anda lakukan yaitu periksa ke dokter dan katakan gejala yang Anda alami. Untuk mendiagnosa keadaan Anda, biasanya dokter meminta agar menginap di rumah sakit terlebih dahulu.

Baca Juga : Lemas dan Pusing Saat Menstruasi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sumber


Bel Marra Health. 2017. Asthenia: Causes and how to treat it. www.belmarrahealth.com
Healthline. 2019. What Is Asthenia? www. healthline.com
Healthline. 2019. Weakness: Causes, Symptoms, and Diagnosis. www.healthline.com
Healthline. 2020. Fatigue: Causes, Diagnosis, Treatment & More. www.healthline.com
Mayo Clinic. 2019. Anemia. www.mayoclinic.com
 



Add Your Comment