7 Tips untuk Mempertahankan Kesehatan Sperma

Image: Medical Express

Penulis: Dhiya | Editor: Atsa

Ketidaksuburan bukan hanya masalah wanita, sebagian pria diidentifikasi sebagai penyebab ketidaksuburan. Sperma yang sehat adalah faktor penting dalam kesuburan pria. Kesehatan sperma lebih dari sekedar untuk membuat istri Anda hamil. Kesehatan sperma juga berperan dalam kesehatan kehamilan secara keseluruhan dan bayi Anda.

Kesehatan sperma meliputi jumlah sperma yaitu konsentrasi sel sperma dalam sampel yang merupakan penanda penting kualitas sperma, morfologi sperma yaitu ukuran dan bentuk rata-rata sel sperma dalam sampel, dan motilitas sperma yang mengacu pada gerakan sperma untuk membuahi sel telur. Untuk mempertahankan kesehatan sperma, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti di bawah ini.

1. Mengonsumsi Makanan yang Baik

Anda adalah apa yang Anda makan, begitu pun dengan sperma Anda. Makanan dengan nutrisi yang baik harus Anda pertimbangkan dalam menjaga kesehatan sperma. Orang yang lebih sering makan olahan daging, susu, camilan, pizza sangat berpengaruh ketika menyangkut motalitas sperma. Sebaiknya kurangi makan banyak daging dan cobalah beberapa makanan dan vitamin untuk mempertahankan kesehatan sperma.

Makanan seperti vitamin B12 yang ditemukan dalam daging, ikan, dan susu memiliki efek positif untuk seluruh tubuh. Di antaranya dapat melindungi sperma Anda dari peradangan dan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, kentang, tomat, dan bayam yang dapat berkontribusi pada jumlah sperma yang lebih tinggi.

Selain itu kacang juga telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan seksual. Diet tinggi kacang almond, kenari, dan hazelnut selama periode 14 minggu dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 16 persen.

2. Makanan yang Harus Dihindari

Setelah mengetahui makanan yang harus dikonsumsi, Anda juga perlu tahu makanan apa saja yang harus dihindari. Sayuran dan buah-buahan pestisida atau non-organik. Jika Anda membeli buah dan sayur, sebaiknya selalu cuci produk segar secara menyeluruh sebelum memakannya. Atau lebih baik beli sayuran dan buah-buahan organik.

Selain itu hindari makanan kaleng, karena bagian dalam kaleng banyak dilapisi dengan resin yang mengandung BPA dan terutama kadar tinggi ditemukan dalam makanan asam kaleng termasuk buah-buahan tertentu dan saus tomat. Pilih makanan segar dan makanan yang dikemas dalam wadah gelas daripada makanan yang dikemas dalam kaleng.

3. Jangan Merokok

Merokok tembakau berbahaya bagi kesuburan pria. Ini dapat mengurangi jumlah sperma Anda sebanyak 13 persen hingga 17 persen dan meningkatkan risiko kelainan genetik. Selain itu tembakau juga dapat mengurangi jumlah sperma Anda. Jadi bagi Anda yang perokok, sebaiknya segera hentikan untuk kesehatan keluarga Anda.

4. Batasi Minum Alkohol dan Kafein

Sebuah penelitian pada tahun 2017 menyatakan bahwa kafein dalam soda, kopi, atau minuman energi dapat merusakan DNA sperma. Mengonsumsi lebih dari tiga cangkir sehari minuman kafein dapat meningkatkan risiko keguguran. Minum berlebihan dapat berdampak negatif pada produksi dan kualitas sperma. Jika Anda minum alkohol, sebaiknya kurangi dalam jumlah sedang.

5. Minum Suplemen

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan sperma, Anda bisa mendapatkan beberapa vitamin dan mineral penting melalui makanan yang Anda makan. Anda juga bisa mempertimbangkan mengonsumsi suplemen harian untuk membuat kehamilan menjadi sedikit lebih mudah.

Beberapa suplemen untuk kesehatan sperma adalah vitamin C untuk jumlah dan motalitas sperma, vitamin D untuk meningkatkan testosteron jika Anda kekurangan vitamin D, seng jika kadar darah Anda rendah, ekstrak akar ashwaganda untuk jumlah dan motilitas sperma. Sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

6. Berolahraga Secara Teratur Tapi Jangan Berlebihan

Jika Anda tidak menyukai olahraga berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan yang juga dapat meningkatkan kuantitas, gerakan, dan bentuk sperma. Olahraga dan penurunan berat badan dapat meningkatkan kesehatan sperma hanya dalam beberapa minggu saja. Cobalah berjalan kaki selama 20 menit, lakukan push up, atau menyelesaikan pekerjaan rumah. Hormon ekstra, endorphin, dan aliran darah juga dapat meningkatkan gairah seks Anda. Jadi mulai sekarang bergeraklah, tetapi jangan terlalu berlebihan.

7. Hindari Meletakkan Handphone di Dalam Kantong Celana

Handphone ternyata bisa berpengaruh pada produksi sperma pria. Terutama bagi Anda yang sering meletakkan handphone di dalam kantung celana. Radiasi yang muncul dari handphone bisa menyebabkan menurunnya kesehatan sperma hingga 9 persen. Jadi mulai sekarang sebaiknya letakkan handphone di dalam tas Anda.

Perubahan gaya hidup lainnya, seperti menurunkan berat badan atau berhenti merokok juga dapat membantu meningkatkan kesehatan sperma. Bicaralah dengan dokter tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang kesehatan sperma Anda.

Jika Anda dan pasangan mengalami kesulitan untuk hamil, dokter atau spesialis kesuburan Anda dapat membantu Anda menentukan alasannya. Tim medis juga dapat merekomendasikan berbagai terapi untuk membantu Anda hamil.

Baca Juga: Tips Ampuh Meningkatkan Kualitas Sperma

 

Sumber:
Orlando Health. (2018). 10 Ways to Maintain a Healthy Sperm Count. Orlandohealth.com
Healthline. The 7-Step Checklist to Healthy, Fertile Sperm. Healthline.com
Sharecare. How Can I Keep My Sperm Healthy?. Sharecare.com
Healthline. Try This: 15 Foods for Strong, Healthy Sperm. Healthline.com
Nature’s Way. Foods For Healthy Sperm. Naturesway.com
Doktersehat. Tips Menjaga Sperma Tetap Sehat Bagi Pria.