7 Tips Mengencangkan Perut Setelah Melahirkan

Image : baby-chick.com

Penulis : Helen | Editor : Nia Happy

Melahirkan adalah suatu peristiwa natural yang dialami oleh wanita, selain datang bulan. Setelah melahirkan, tentunya keadaan perut Anda akan mengalami beberapa penyesuaian dan kemungkinan tidak akan sama keadaannya seperti sebelum hamil. Salah satunya, bekas garis pasca operasi ataupun jahitan dan keadaan kulit yang tidak sekencang dulu. Namun, tidak perlu khawatir, beberapa cara dibawah ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan kembali perut kencang seperti sebelum melahirkan.

Baca Juga : 6 Jenis Imunisasi Wajib bagi Bayi 

1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memiliki khasiat yang banyak untuk kondisi tubuh Anda, salah satunya adalah nutrisi terbaik untuk kesehatan kulit. Memperbanyak minum air putih merupakan cara sederhana, namun efektif untuk merawat kulit yang sedikit kendur, dikarenakan air putih mampu membantu Anda untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta membakar kalori, sehingga kulit Anda bisa menjadi kencang.

2. Mengatur Pola Makan

Salah satu cara untuk mendapatkan kembali tubuh yang ideal adalah, mengatur pola makan dan asupan yang Anda makan. Asupan terbaik untuk mendapatkan tubuh ideal Anda adalah memperbanyak protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang cukup penting dan dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel otot. Di dalamnya mengandung kolagen yang bermanfaat untuk mengencangkan dan meningkatkan elastisitas kulit Anda.

Dalam satu hari, asupan protein terbaik yang perlu Anda dapatkan adalah setidaknya 50 gram. Nutrisi ini bisa anda dapatkan dari telur, gandum, daging ayam, sapi, kacang almond, ikan tuna, dan juga udang. Namun, untuk hasil terbaik, tetap konsultasikan ke dokter gizi kepercayaan Anda, ya.

3. Gunakan Lotion dan Rutin Melakukan Pijat

Body Lotion yang mengandung Kolagen, vitamin E, C, A, dan K, sudah bukan barang yang langka dan mudah untuk Anda temukan di Supermarket ataupun Apotek. Penambahan Lotion di tubuh, mungkin terlihat hal yang sederhana, namun jika Anda rutin menggunakan akan menghasilkan efek yang baik, lho bagi kesehatan dan kekencangan kulit perut.

Cara pemakaiannya, adalah dengan memijat di area perut. Nah, pijatan di area ini akan membantu melancarkan aliran darah, sehingga kulit perut Anda bisa semakin sehat dan kencang. Lakukan rutin selama dua kali sehari, ya.

4. Melakukan Eksfoliasi Kulit

Apa itu Eksfoliasi? Eksfoliasi atau pengelupasan kulit adalah salah satu perawatan kulit kuno untuk mendapatkan kembali kulit yang kencang. Proses ini tidak hanya bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit yang telah mati, tetapi juga untuk meningkatkan aliran darah dalam perut, sehingga kulit Anda tidak menjadi kendur. Cara melakukannya sangat mudah yaitu dengan menggunakan scrub saat sedang mandi, pijat secara perlahan dan lakukan minimal satu kali dalam seminggu, ya.

5. Melakukan Olahraga Ringan

Setelah menjalani masa pemulihan, sangat disarankan untuk melakukan aktivitas fisik juga, ya. Tetapi jangan lupa, agar tidak terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan tetap konsultasikan ke dokter kepercayaan Anda. Contoh aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan adalah, jalan kaki tiap pagi, aerobik, kardio untuk melatih otot perut Anda. Namun, jangan salah jika Anda belum sempat olahraga, kegiatan rumah tangga Anda sehari-hari seperti menyapu, mengepel, mencuci baju juga bisa dijadikan aktivitas fisik Anda juga, lho.

Baca Juga : 8 Olahraga yang Efektif untuk Mengecilkan Perut

6. Menyusui

Beberapa penelitian yang dilakukan di Amerika, seperti yang dilakukan oleh  Jennifer L Baker dkk (2008), penelitian tersebut menunjukkan bahwa menyusui berhubungan dengan berat badan lebih rendah setelah melahirkan daripada semua kategori BMI yang dimiliki ibu sebelum kehamilan. Hal ini dikarenakan menyusui dapat membakar kalori Anda sebanyak 300-500 kalori dalam sehari, sehingga dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Ketika Anda mendapat asupan kalori yang sesuai dengan apa yang dokter rekomendasikan dan Anda juga dalam program menyusui, kemungkinan berat badan Anda akan berkurang 0,5 kg dalam satu ataupun dua minggu. Hal ini dikarenakan, ketika Anda memberikan ASI, rahim Anda akan mendapatkan sebuah rangsangan kontraksi yang menyebabkan ukuran perut Anda akan kembali ke ukuran sebelum hamil dan efeknya akan terlihat setelah kurang lebih enam minggu.

Baca Juga : 5 Tips Atasi Asi yang Tidak Keluar Setelah Melahirkan

7. Konsultasi dengan Dokter

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, sangat disarankan untuk tetap menjalani konsultasi dengan dokter, entah itu dokter gizi ataupun dokter kandungan. Dokter kandungan, bisa Anda pilih untuk mengetahui kondisi perut Anda, agar Dokter bisa menyarankan olahraga ataupun aktivitas fisik yang bisa Anda lakukan. Dokter gizi, bisa Anda pilih jika Anda ingin mengetahui asupan gizi ataupun makanan apa yang bisa dikonsumsi, untuk mendapatkan kembali kondisi perut Anda setelah melahirkan.

Nah, cukup mudah kan? Jadi, Anda tidak perlu melakukan perawatan ataupun langkah-langkah yang mahal, untuk membuat perut Anda kencang kembali. Selamat mencoba di rumah ,ya.

Baca Juga :  Tips Jitu Mengecilkan Lengan dengan Cara Efektif

Sumber:
What to Expect. (2018). Toning Your Tummy : Four Ways to Tackle Belly Fat After Pregnancy. www.whattoexpect.com
Momjunction. (2019). 9 Effective Belly Skin Tightening Tips Post Pregnancy. www.momjunction.com
Parentingfirstcry. (2018). Tips to Tighten Loose Belly Skin After Pregnancy. parenting.firstcry.com
Healthline. (2018). 7 Tips for Firming Loose Skin After Pregnancy. www.healthline.com
Tensteps. (2012). Ten Steps of Breastfeeding for the Mother. www.tensteps.org