7 Stretching Mudah untuk Melemaskan Badan Kaku

Image : skinnyms.com

 

Penulis : Dita Safitri | Editor : Atsa

Latihan cardio dan kekuatan tubuh memang menjadi faktor yang paling menentukan dari setiap program olahraga. Namun, ada satu elemen yang sering kali diabaikan yakni peregangan alias stretching. Meski semua orang yang akan berolahraga tahu bahwa mereka harus melakukan stretching, tapi melewatkannya adalah hal yang paling mudah. Akibatnya, olahraga tidak berjalan dengan maksimal dan tubuh jadi sakit dan kaku setelahnya.

Kondisi badan kaku tidak hanya dialami oleh orang yang berolahraga. Saat Anda bangun tidur, merasakan tegang dan kekakuan di otot adalah hal yang lumrah. Karena itulah, stretching begitu Anda bangun tidur juga sangat dianjurkan. Saat Anda melakukan peregangan, filamen protein di otot mengalami pelebaran yang membuat otot menjadi lebih lemas. Selain untuk melemaskan tubuh, peregangan yang dilakukan setelah bangun pagi bisa membantu Anda lebih bersemangat menghadapi hari.

Mari simak beberapa latihan peregangan yang bisa Anda lakukan dengan mudah berikut ini!

Baca JugaTips Menjaga Badan Tetap Fit Saat Menstruasi

1. Quad Stretch

Image result for quad stretch
Image : verywellfit.com

Pertama, berdirilah dalam posisi tegak. Jika perlu berpegangan pada dinding. Tekukkan kaki kanan Anda dan raih telapak kaki dengan tangan kanan kemudian tahan hingga lutut Anda berhadapan lurus dengan lantai. Untuk memperdalam peregangan, dorong pinggul ke arah depan. Tahan selama 15 hingga 30 detik. Ulangi pada sisi kaki lainnya.

2. Peregangan Dada dan Bahu

Image result for stretching hands behind back
Image : www.lifehack.org/

Dalam posisi duduk atau berdiri, genggamkan kedua tangan Anda di belakang tubuh dalam posisi lengan lurus. Angkat kedua tangan perlahan ke langit-langit setinggi mungkin. Tahan selama 15 hingga 30 detik kemudian ulangi lagi sebanyak dua hingga tiga kali. Jika Anda merasakan kaku pada bahu, coba angkat tangan ke sebelah kanan dan kiri seperti pesawat terbang. Gerakan ini akan memberikan peregangan pada bagian dada dan bahu Anda.

3.  Standing Pike Stretch

Image result for standing pike stretch
Image : theactivetimes.com

Berdirilah dalam posisi tegak di atas lantai atau matras. Perlahan-lahan, bungkukkan tubuh sambil menjatuhkan ke dua tangan. Usahakan agar ujung jari Anda menyentuh lantai. Tahan 15 hingga 30 detik dan ulangi beberapa kali.

4. Seated Bicep Stretch

Image : www.sparkpeople.com

Duduk di atas matras dengan kaki ditekuk di depan. Letakan tangan Anda di lantai tepat di belakang badan, menjauh dari tubuh. Pastikan posisi kedua telapak tangan berdekatan. Perlahan majukan pantat Anda ke depan, mendekati tumit sampai Anda merasakan peregangan di bisep Anda. Tahan selama 30 detik, kemudian ulangi beberapa kali.

5. Shoulder Stretch

Image result for Shoulder Stretch
Image : boxjunkies.com

Berdirilah dengan posisi tegak sambil merilekskan bahu Anda. Arahkan tangan kanan ke arah kiri hingga posisinya lurus. Letakkan telapak tangan kiri di atas sikut. Perlahan-lahan, tahan lengan kanan untuk memperdalam peregangan. Tahan posisi ini selama 15 hingga 30 detik kemudian ulangi dua atau tiga kali lagi.

6. Seated Side Stretch

Image : skimble.com

Dalam posisi duduk atau berdiri, kaitkan kedua tangan Anda dan angkat keatas. Tarik perlahan tangan Anda ke samping hingga tubuh Anda merasakan peregangan. Tahan posisi ini selama 15 hingga 30 detik. Ulangi  sebanyak dua hingga tiga kali lagi.

7. Seated Spinal Twist

Image result for seated spinal twist
Image : arogayogaschool.com

Duduklah di atas lantai dengan posisi kedua kaki lurus. Silangkan kaki kanan ke atas kaki kiri kemudian putar tubuh ke sebelah kanan hingga kedua telapak tangan menempel ke lantai. Tahan tubuh dalam posisi ini selama 15 hingga 30 detik kemudian ulangi pada sisi lainnya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Stretching?

Banyak orang bertanya-tanya apakah peregangan harus dilakukan sebelum atau sesudah berolahraga. Keduanya sebenarnya sama penting. Melakukan stretching atau pemanasan sebelum mulai berolahraga akan membantu peredaran darah menjadi lebih lancar. Stretching atau pendinginan setelah olahraga baik dilakukan karena saat itu otot tubuh berada dalam kondisi yang lebih fleksibel.

Baca JugaPeregangan Ringan Atasi Sakit Tulang Ekor Karena Duduk Lama

 

Sumber :
Very Well Fit (2018). 8 Relaxing Total Body Stretches. www.verywellfit.com
Reps Id (2017). 7 Gerakan Stretching Agar Badan Tidak Kaku Seperti Robot. www.reps-id.com
Fitness Magazine (2018). 6 Stretches for a Lean, Limber Body. www.fitnessmagazine.com
Today (2013). 15 Stretches to Start Your Day Off Right. www.today.com