7 Penyebab Mulut Terasa Asam

7 Penyebab Mulut Terasa Asam

Penulis: Meimei | Editor: Opie

Mulut yang terasa asam sebenarnya bukan kondisi yang aneh atau mengkhawatirkan. Terlebih lagi ketika Anda baru saja mengkonsumsi makanan dengan cita rasa asam seperti jeruk atau asinan.

Mulut dilengkapi dengan lidah yang merupakan indera pengecap sehingga mampu membedakan rasa asin, manis, asam maupun pahit. Namun mulut yang terasa asam terus-menerus bisa menjadi gejala akan gangguan pada kondisi kesehatan Anda.

Rasa asam di mulut yang tidak permanen sebenarnya bisa dihilangkan dengan mudah. Contohnya dengan menggosok gigi, berkumur atau minum air putih.

Mulut yang terasa asam bisa mengganggu nafsu makan, rasa percaya diri atau terasa tidak enak. Hal ini berdampak pada perasaan tidak nyaman ketika beraktivitas seharian atau kekurangan nutrisi akibat malas makan.

Baca Juga: Mulut Sering Terasa Pahit? Ketahui 9 Penyebabnya

Berbagai Penyebab Mulut Anda Terasa Asam

Mulut yang terasa asam tidak terjadi begitu saja tanpa alasan tertentu. Pola makan, kebiasaan hidup sampai gejala penyakit tertentu bisa menjadi penyebabnya. Kenali beberapa penyebabnya agar dapat menghilangkan rasa asam di mulut yang mengganggu itu.

1. Dehidrasi

Kurang minum air putih bisa menyebabkan Anda mengalami rasa asam di mulut yang mengganggu. Dehidrasi membuat mulut Anda kering dan dapat mengubah indera perasa sehingga muncul rasa asam tersebut.

Pastikan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Minumlah enam sampai delapan gelas air putih per hari untuk menjaga kadar cairan di dalam tubuh dan kesehatan Anda.

2. Merokok

Kebiasaan merokok yang parah juga dapat menyebabkan mulut Anda terasa asam. Kandungan nikotin dalam rokok akan meninggalkan rasa asam dan tidak enak dimulut yang bisa bertahan lama. Artinya, Anda harus mulai berhenti merokok agar tidak lagi merasakan sensasi asam di mulut itu.

Selain itu, merokok juga bisa menjadi pemicu berbagai penyakit kronis sehingga kebiasaan ini layak Anda jauhi untuk menjaga kesehatan Anda.

3. Tidak menyikat gigi

Malas menggosok gigi, tidak menggosok gigi atau membersihkan mulut dan gusi dengan benar juga bisa menyebabkan adanya rasa asam tersebut.

Mulut yang tidak terjaga kebersihan dan kesehatannya bisanya menyebabkan gejala tersebut. Pastikan untuk menggosok gigi dua kali sehari dan melakukan flossing sekali sehari.

Selain itu, lakukan pemeriksaan gigi dan pembersihan karang gigi secara berkala ke dokter gigi.

4. Infeksi atau penyakit

Gejala penyakit atau infeksi tertentu juga bisa menyebabkan rasa asam di mulut. Penyakit seperti pilek atau infeksi sinus dapat membuat indera perasa Anda terganggu dan merasakan efeknya.

Biasanya, rasa asam di mulut Anda akan hilang dengan sendirinya jika penyakit atau infeksi tersebut sembuh. Oleh sebab itu, kenali penyakit atau infeksi yang Anda alami dan obat gangguan tersebut.

Kurangi risiko penyakit dengan menjaga kebersihan diri dan menghindari kontak dengan orang lain yang sakit. Selain itu, jauh tangan Anda dari mulut, hidung dan mata untuk mengurangi risiko infeksi.

5. Kanker

Penyakit kanker atau efek samping dari pengobatan kanker juga bisa menyebabkan rasa asam di mulut. Hal ini bukan saja disebabkan oleh penyakitnya namun juga efek dari obat-obatan yang Anda konsumsi.

Beberapa jenis antibiotik dapat menyebabkan rasa asam di mulut sebagai efek sampingnya. Ada juga obat-obatan bebas yang memiliki efek serupa seperti antihistamin. Kemoterapi khususnya yang melibatkan radiasi ke kepala dan leher juga bisa menyebabkan rasa asam di mulut ini.

6. Penyakit refluks gastroesofageal (GERD)

Penyakit refluks gastroesofageal (GERD) juga dapat menimbulkan gejala berupa rasa asam di mulut.

Hal ini terjadi ketika otot yang membuka dan menutup lubang antara kerongkongan dan perut tidak menutup sepenuhnya setelah Anda makan. Akibatnya, makanan maupun asam lambung bergerak kembali ke kerongkongan.

Kurangi risiko GERD dengan mengubah pola makan dan gaya hidup Anda. Misalnya tidak makan dalam porsi terlalu banyak, tidak makan beberapa jam sebelum tidur dan mengangkat kepala saat berbaring.

7. Usia

Penuaan juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa asam di mulut Anda.

Usia tua memberikan berbagai efek pada kondisi fisik tubuh Anda. Demikian pula pada kemampuan indera perasa Anda untuk mengecap rasa dan berbagai makanan yang dikonsumsi.

Hal ini agak sedikit sulit dihindari sehingga Anda harus mulai bisa membiasakan diri. Pertahankan gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, olahraga dan menjaga kebersihan mulut maupun gigi.

Baca Juga: Mulut Terasa Pahit? Berikut Tips untuk Mengatasinya

Sumber
Cleveland Clinic. (2019). Sour Taste in Your Mouth? Here Are the 7 Most Common Causes.health.clevelandclinic.org

Very Well Health. (2021). Causes of a Sour or Bitter Taste in the Mouth. www.verywellhealth.com

Healthline. (2019). Why Do I Have a Bad Taste in My Mouth?. www.healthline.com 

Upper Hunt Club. (2020). Reasons for That Sour Taste in Your Mouth. upperhuntclubdentalcentre.com