7 Penyebab Lingkaran Hitam pada Mata Panda

Image: naturallivingideas.com

Lingkaran hitam pada mata atau biasa disebut mata panda bikin penampilan dirasa kurang oke. Banyak orang mencari cara untuk menghilangkannya. Namun agar tahu cara penanganan yang tepat, anda harus ketahui dulu penyebabnya.

Genetik

Berdasarkan penelitian klinis, lingkaran hitam pada mata bisa diwarisi melalui genetik, baik dalam satu keluarga maupun satu ras. Contohnya ras asia dan kulit hitam yang merupakan ras tersering terkena masalah warna kulit.

Lingkaran hitam tersebut akan semakin jelas ataupun memudar seiring bertambahnya usia.

Efek samping penyakit lain juga dapat timbulkan lingkaran hitam di sekitar mata, contohnya penyakit tiroid.

Produksi Melanin Berlebih

Melanin merupakan pigmen yang memberikan warna coklat pada kulit. Perbedaan kadar melanin pada setiap orang menghasilkan warna kulit yang beragam.

Menurut Journal of Clinical Dermatology, lingkaran hitam pada mata dapat disebabkan oleh produksi melanin yang berlebih pada daerah tersebut. Warna hitamnya akan semakin terlihat jelas saat mata bengkak atau lelah.

Alergi & Iritasi

Alergi bisa disebabkan oleh produk perawatan kulit atau make-up yang tidak cocok. Sebab lainnya adalah karena polusi, debu, cuaca, maupun rambut yang jatuh ke mata.

Saat alergi, tubuh melepaskan histamin sebagai tameng bagi bakteri. Histamin membuat pembuluh darah membesar dan terlihat kehitaman.

Alergi juga sebabkan rasa gatal, mata merah dan bengkak yang sangat mengganggu. Sebagai gantinya, tangan akan menggaruk mata dan sebabkan iritasi di sekitarnya. Bekas ritasi tersebut pun akan terlihat hitam.

Selain menggaruk mata, menggosok wajah dengan kain yang kasar juga dapat sebabkan iritasi di sekitar kulit. Jadi, gunakan kain lembut saat menyeka wajah untuk hindari kulit mata menghitam akibat iritasi.

Penuaan

Semakin bertambah usia, lapisan lemak di bawah kulit akan hilang. Dampaknya kulit semakin tipis dan berkerut. Pembuluh darah di bawah kulit pun terlihat semakin jelas. Hal ini yang membuat daerah sekitar mata lebih terlihat hitam.

Dehidrasi

Saat tubuh dehidrasi, kulit akan kering dan kusam, termasuk kulit di sekitar mata. Karena kehilangan unsurnya, kulit jadi lebih tipis dan cekung. Akibatnya, pembuluh darah di sekitar mata terlihat kehitaman dengan jelas.

Kelelahan & Kurang Tidur

Saat lelah dan kurang tidur, kulit jadi lebih pucat dan kusam. Begitu pun dengan pembuluh darah yang melebar agar suplai oksigen tetap terjaga.

Akibatnya pembuluh darah yang melebar akan terlihat kehitaman di balik kulit pucat anda.

Oleh sebab itu, hindari bergadang, jangan terlalu lama menatap layar, beri jarak saat menonton televisi, dan istirahat dengan cukup.

Sering Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari memicu tubuh menghasilkan lebih banyak melanin. Saat sinar matahari tersebut sering mengenai mata, maka melanin akan berkumpul di sekitar mata. Hal ini membuat kulit sekitar mata lebih hitam.

Setelah tahu penyebabnya, lebih mudah mencari cara penanganan dan pencegahannya, kan? Sebaiknya anda memakai tabir surya, payung, atau topi saat keluar rumah. Jangan lupa juga untuk beri istirahat pada mata anda. Salam sehat!

 

Sumber:
What Do Dark Cycle Around Eyes Mean? 2017. https://www.livestrong.com/article/97660-dark-circles-around-eyes-mean/
What Causes Dark Cycle Around Your Eyes? 2017. https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes#causes
All About Dark Cycle and How to Remove Them Permanently. 2017. https://www.femina.in/beauty/skin/all-about-dark-circles-and-how-to-treat-them-57696.html