7 Penyebab Diabetes di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

7 Penyebab Diabetes di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Penulis: Helen | Editor: Niahappy

Ditinjau oleh: dr. Bianda Dwida

Terakhir ditinjau: 23 Juni 2020

Diabetes merupakan penyakit yang perlu diwaspadai oleh banyak orang dan segala jenis usia. Bahkan, anak muda rawan terkena Diabetes, dikarenakan mereka selalu merasa dirinya sehat dan bebas untuk mengonsumsi makanan apa saja, sehingga apa yang mereka konsumsi tidak terkendali dan berujung menjadi penyakit diabetes.

Diabetes atau biasa yang disebut kencing manis adalah penyakit gangguan metabolisme dikarenakan pankreas tidak mampu memproduksi insulin secara cukup. Fungsi insulin bertugas mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh. Jika fungsi pankreas dan insulin terganggu, tubuh akan terbebani dengan kadar gula darah yang tinggi, dan hal ini berpotensi menyebabkan diabetes.

Lalu apa penyebab anak muda terkena diabetes? Mari simak penjelasannya dibawah ini:

Baca Juga : Apa Bedanya Diabetes Tipe 1 vs Tipe 2?

1. Mengonsumsi Makanan yang Tidak Seimbang

Makanan yang mengandung banyak karbohidrat dapat menyebabkan diabetes. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan nutrisi lain, seperti sayuran dan protein tanpa lemak, yang berpotensi meningkatnya kadar gula darah.

Kombinasi makanan yang mengandung protein tanpa lemak (Seperti dada ayam tanpa kulit) dengan makanan karbohidrat kompleks (beras merah) dapat memperlambat pencernaan, dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama serta meminimalisir kadar glukosa darah setelah makan.

Baca Juga : Diabetes: Makanan yang Dianjurkan dan Dilarang

2. Minuman Ringan yang Mengandung Gula dan Kalori Tinggi

Dewasa ini orang tidak menyadari berapa banyak gula yang boleh dikonsumsi dalam bentuk cair dan dampaknya terhadap peningkatan kadar gula darah Anda. Jus dan soda digunakan untuk mengobati orang yang memiliki masalah gula darah rendah, dikarenakan dua minuman tersebut bisa cepat menaikkan gula darah.

Hal tersebut tidak akan berdampak buruk untuk orang yang kadar gulanya rendah, namun hal ini perlu diwaspadai untuk orang yang kadar gula darahnya tinggi. Dalam satu kaleng minuman ringan terdapat sekitar 30 gram gula atau setara dengan sembilan sendok teh gula.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association menunjukkan bahwa risiko diabetes melitus meningkat sebanyak 26 persen pada mereka yang mengonsumsi 1–2 minuman ringan per hari.

Baca Juga : 3 Bahan Alami Bantu Obati Diabetes

3. Obesitas

Faktor lain yang dapat menyebabkan orang yang berusia muda berpotensi terkena diabetes adalah obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan akan mencegah tubuh Anda merespon insulin.

Penyebab lain dari obesitas yang berujung pada diabetes dikarenakan pada penderita diabetes tipe 2, pankreasnya sebenarnya menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan kadar glukosa darah pada tingkat normal.

Namun, insulin tersebut tidak dapat bekerja maksimal membantu sel-sel tubuh menyerap glukosa karena terganggu oleh komplikasi-komplikasi obesitas, salah satunya adalah kadar lemak darah yang tinggi (terutama kolesterol).

Sekitar 90% kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2. Tapi jangan khawatir, obesitas dan diabetes masih bisa untuk dicegah. Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan makan makanan sehat seimbang dan berolahraga secara teratur serta mengurangi stres sebagai langkah awal untuk mencegah obesitas dan diabetes.

Baca Juga : Karbohidrat Sehat Pengganti Nasi bagi Penderita Diabetes 

4. Stres berlebihan

Stres merupakan faktor penting yang dapat memicu diabetes. Tidak hanya bagi orang dewasa saja, stres kini juga banyak dirasakan para anak muda karena tugas di sekolah/kampus, tekanan teman sebaya dan masalah sosial.

Kondisi stres yang dialami seseorang akan memicu tubuh memproduksi hormon Epinephrine atau yang juga dikenal sebagai adrenalin untuk menaikkan gula darah dengan cara meningkatkan pelepasan glukosa. Begitu gula darah melonjak drastis, pankreas akan otomatis menghasilkan insulin untuk mengendalikan gula darah.

Jika sering mengalami kondisi seperti ini, insulin pada pankreas akan bermasalah dan menyebabkan rangkaian penyakit metabolik seperti diabetes mellitus.

5. Kurang Tidur

Remaja, khususnya anak muda sering melakukan aktivitas hingga tengah malam yang membuat mereka tidak bisa mendapatkan tidur yang cukup. Padahal, tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda.

Pasalnya, kurang tidur membuat ritme aliran darah  terganggu sehingga memicu perubahan hormon tubuh, termasuk insulin yang mengatur gula darah. Inilah mengapa Anda perlu menjaga waktu tidur Anda sehingga bisa mengurangi risiko Anda terkena diabetes.

6. Malas Bergerak

Sebagian besar anak muda saat ini lebih banyak menghabiskan waktu bermain game dan menonton TV di depan layar, bukan olahraga luar ruangan. Padahal kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan perlambatan metabolisme dalam tubuh, sehingga mereka berisiko tinggi terkena diabetes di usia muda.

Sehingga aktivitas fisik  akan sangat membantu sel otot lebih sensitif terhadap insulin yang bertugas untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Di samping itu, aktivitas fisik juga mampu menyeimbangkan kadar glukosa dalam darah.

7. Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat

Pola makan tidak sehat tidak hanya mengenai proporsi jenis makanan, namun juga mengenai makanan yang kita konsumsi. Di era sekarang, makanan cepat saji menjadi alternatif untuk konsumsi sehari-hari. Semakin sering mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji, Anda akan semakin berisiko mengalami diabetes.

Tidak hanya diabetes, sering mengonsumsi makanan cepat saji atau instan dapat menyebabkan gangguan kesehatan lain. Seperti tekanan darah tinggi dan jantung. Bila Anda termasuk yang sering mengonsumsi junk food, sebaiknya kurangi perlahan dan ganti menu Anda dengan sayuran hijau dan buah-buahan.

Baca Juga : 10 Makanan Alami untuk Tingkat Daya Ingat

Sumber


Healthline. (2014). Why are more American kids getting type 2 Diabetes-And what can we do about it. www.healthline.com
Personneltoday. (2018). Thousands of young people have type 2 diabetes. www.personneltoday.com
ClinicalDiabetes (2002). Type 2 Diabetes in Children and Young Adults : A “New Epidemic”. www.clinical.diabetesjournals.org
Drugtopics (2014). The Changing face of diabetes : How to guide teens and young adults. www.drugtopics.com



Add Your Comment