7 Manfaat Ikan Gabus untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa

7 Manfaat Ikan Gabus untuk Anak-Anak dan Orang Dewasa

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Meski harganya termasuk murah, ikan gabus adalah salah satu ikan air tawar yang sangat terkenal karena kandungan nutrisinya. Ikan gabus sangat kaya akan protein, albumin adalah salah satu jenis protein penting yang bisa ditemukan dalam ikan gabus. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi ikan gabus:

1. Cegah Pembengkakan

Orang dengan penyakit berat atau kronis seperti diabetes, gagal jantung, dan hipertiroid sangat rawan memiliki kadar albumin dalam darah yang di bawah normal (Hipoalbuminemia).

Albumin sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh untuk sebagian besar plasma darah. Jika tubuh terlalu kekurangan albumin, maka bisa terjadi penimbunan cairan dalam jaringan (eodema) sehingga terjadi bengkak di kedua kaki, atau bisa terjadi penimbunan cairan dalam rongga tubuh misalnya di perut yang disebut ascites.

2. Menjaga Keseimbanga Cairan Tubuh

Tubuh manusia mengandung 70% air di dalamnya. Tidak setiap saat kita bisa mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Padahal, hidrasi sangat penting sebagai bagian dari metabolisme tubuh. 

Albumin yang juga terdapat dalam ikan gabus berperan penting untuk membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh. Saat tubuh kekurangan cairan yang dibutuhkan, maka albumin dapat meningkatkan konsentrasi darah, sehingga cairan di luar pembuluh darah akan bergerak masuk ke dalam pembuluh darah.

3. Menjaga Metabolisme Pencernaan

Daging ikan gabus lebih lembut sehingga mudah dicerna dibandingkan sumber protein lain seperti daging. Oleh sebab itu, konsumsi ikan gabus tidak akan memperberat kerja sistem pencernaan.

Protein kolagen pada ikan gabus yang lebih rendah dibandingkan kadar protein yang terkandung pada daging membuat ikan gabus mudah dicerna dan baik untuk metabolisme pencernaan.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sudah sejak lama ikan gabus terkenal dengan khasiatnya untuk penyembuhan luka. Hal tersebut disebabkan karena untuk mempercepat penyembuhan luka (terutama setelah operasi), diperlukan kadar albumin yang cukup pada tubuh. Ikan gabus dapat mempercepat proses penyembuhan luka dikarenakan kandungan albumin yang tinggi pada ikan gabus, sehingga dengan cepat dapat membantu dalam pembentukan sel dan jaringan baru di dalam tubuh yang telah rusak akibat suatu proses operasi.

5. Kaya Omega 3

Ahli Gizi UGM, Dr. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., RD, MPH., menyatakan kalau ikan air tawar dengan kandungan omega-3 yang tergolong tinggi terdapat pada ikan lele dan ikan gabus. Jadi omega-3 tidak harus didapat dari ikan yang mahal seperti salmon dan kakap.

Omega-3 terkenal sangat baik untuk fungsi otak dan kesehatan jantung. Untuk anak-anak di masa pertumbuhan, omega-3 juga penting untuk mendukung memori dan perkembangan otak.

6. Membentuk dan Menjaga Otot

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang tinggi dan cukup untuk pembentukan otot. Setiap 100 gram ikan gabus Anda bisa mendapatkan 25,2 gram protein. Kandungan protein ini lebih tinggi dari lele dan gurane yang memiliki 18 gram protein per 100 gram. 

7. Mencegah Malnutrisi

Ikan gabus dapat membantu memperbaiki gizi buruk yang banyak terdapat pada bayi, balita, anak-anak dan ibu hamil, karena dalam 100 gram gabus saja sudah sangat cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan terutama bagi bayi dan ibu hamil.

 

Sumber

Dr Health Benefits. 10 Proven Health Benefits of Snake Head Fish. www.doctorhealthbenefits.com

Risky Nur Marcelina. (2021). Ikan Gabus Kaya Manfaat. Universitas Airlangga : Surabaya

Publikasi UGM. (2017). Konsumsi Ikan Tingkatkan Kecerdasan Otak. www.ugm.ac.id