Jangan Abaikan 7 Manfaat Bangun Pagi untuk Kesehatan

Image : www.huffingtonpost.com

Penulis : Dhiya | Editor : Atsa

Apakah Anda termasuk orang yang malas bangun pagi? Wah, sebaiknya segera dihilangkan ya kebiasaan buruk tersebut. Bangun pagi sebelum matahari terbit sudah banyak dilakukan oleh orang-orang sukses. Karena dengan bangun lebih awal, Anda bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan kegiatan lainnya.

Dengan bangun pagi Anda akan memiliki tubuh yang lebih sehat dan bisa terlihat lebih segar. Tidak hanya itu, bangun pagi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak 7 manfaat dari bangun pagi berikut ini.

1. Dapat Menghirup Udara Segar

Cara terbaik untuk memulai hari adalah dengan bangun pagi. Manfaat pertama yang dapat Anda rasakan pastinya adalah dapat menghirup udara segar. Khususnya bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, jangan biarkan Anda terlalu sering berada di dalam ruangan dan jarang menghirup udara segar.

Udara pagi hari sangat baik untuk pernapasan dan kesehatan tubuh yang akan berpengaruh terhadap aktivitas Anda. Selain itu, udara pagi sangat peting untuk peredaran darah dalam tubuh. Menghirup udara segar di pagi hari dapat menambah kadar oksigen dalam darah yang membuat aliran darah Anda menjadi lancar.

2. Meningkatkan Fungsi Otak dan Daya Ingat

Kandungan oksigen saat pagi hari dapat memaksimalkan aliran peredaran darah yang akan mengalir ke otak. Sehingga, akan membantu meningkatkan fungsi otak dan daya ingat. Orang yang terbiasa bangun pagi juga akan lebih kecil terkena gejala pikun dibandingkan orang yang bangun siang, lho.

3. Meningkatkan Produktivitas

Dengan bangun pagi, Anda memiliki banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk mempersiapkan segala sesuatunya sebelum beraktivitas. Anda juga tidak akan terburu-buru untuk berangkat kerja.

Hal tersebut sangat berkaitan dengan pola tidur yang baik. Karena dengan memiliki pola tidur yang baik, Anda juga memiliki tingkat produktivitas yang baik. Dengan begitu akan berpengaruh pada mood sehingga Anda pun akan menjadi lebih produktif.

4. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Jika Anda bangun pagi hari, usahakan untuk selalu menghirup udara segar. Karena udara pagi hari yang masih bersih sangat baik bagi kesehatan paru-paru dan jantung. Selain itu, sistem imun tubuh Anda juga akan semakin meningkat, sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Jangan lupa juga untuk terkena sinar matahari pagi supaya Anda bisa terhindar dari osteoporosis. Karena sinar matahari pagi membantu pembentukan vitamin D dan mengandung kalium yang baik untuk kesehatan tulang.

5. Memiliki Waktu untuk Berolahraga

Memiliki waktu luang yang lebih pada pagi hari, sebaiknya Anda manfaatkan untuk berolahraga. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau jogging. Para ahli dari The American Council on Exercise menunjukkan bahwa olahraga ringan di pagi hari dapat mendorong tingkat energi serta mencegah tubuh merasa cepat lelah. Selain itu, olahraga di pagi hari juga membuat Anda cenderung lebih konsisten menjaga kesehatan tubuh.

6. Pola Makan Sehat

Orang yang bangun siang pasti akan melewatkan sarapan, padahal sarapan sangat penting untuk memulai hari. Melewatkan sarapan dapat membuat Anda merasa cepat lelah karena kekurangan energi. Padahal tubuh perlu nutrisi di pagi hari untuk menciptakan energi dan membuat Anda lebih berkonsentrasi. Karena sarapan merupakan sumber energi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.

Dengan tidak mengabaikan sarapan juga Anda bisa memiliki pola makan yang sehat. Sehingga, saat jam istirahat siang hari, Anda tidak akan melampiaskan rasa lapar dengan makan banyak. Jika Anda merasa kenyang berlebih saat makan siang, hal tersebut bisa membuat Anda mengantuk saat akan mulai kembali bekerja.

7. Lebih Bahagia

Orang yang bangun pagi akan merasa lebih bahagia dan berpikiran positif, lho. Bangun pagi akan membantu pembentukan hormon serotonin yang bisa menciptakan suasana hati yang senang dan keseimbangan mental di dalam tubuh.

Hal ini juga dipengaruhi karena tidur tepat waktu di malam hari. Karena jika Anda sering tidur larut malam, besar kemungkinan akan mengalami depresi akut. Maka dari itu usahakan untuk selalu bangun pagi untuk meningkatkan mood Anda. sehingga Anda bisa selalu tersenyum dan memberikan pengaruh positif pada sekeliling Anda.

Bangun pagi adalah salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mulai membiasakan hidup sehat. Namun masih banyak orang yang mengabaikan manfaat bangun pagi ini. Jika Anda merasa sulit untuk tidur cepat saat malam hari, Anda bisa memulainya secara bertahap. Lakukan dalam 21 hari pertama, dengan bergitu pola tidur Anda akan berubah dan Anda akan mulai terbiasa. Yuk, mulai membiasakan bangun pagi!

Baca Juga5 Kebiasaan Sehat Harian Supaya Tubuh Selalu Fit

 

Sumber :
Wolipop. (2017). Jangan Malas, Ini 16 Manfaat Bangun Pagi bagi Kesehatan. wolipop.detik.com
Sahabat Nestle. (2017). Manfaat Bangun Pagi buat Kesehatan. www.sahabatnestle.co.id
Dokter Sehat. (2018). Manfaat Dengan Membiasakan Bangun Pagi. doktersehat.com
Gue Sehat. (2016). Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan. www.guesehat.com