7 Makanan Alami untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Image: Thrillist.com

Beberapa orang punya nafsu makan yang rendah, bahkan tidak ada sama sekali. Biasanya, penurunan nafsu makan ini terjadi pada orang sakit atau sedang masa pertumbuhan. Padahal, di saat itu lah energi sedang lebih banyak diperlukan.

Untungnya, ada beberapa makanan yang bisa merangsang nafsu makan. Tidak perlu repot, karena makanan tersebut sangat mudah ditemui. Tinggal kemauan anda untuk mengolahnya, apa saja?

1. Rempah

Image: Heartfoundation.org.au

Salah satu penyebab turunnya nafsu makan adalah “perut kembung” karena tumpukan gas di saluran pencernaan. Perasaan begah yang tidak enak di perut ini bisa sampai bikin anda mual, lho. Kalau sudah begitu, jangankan makan, melihatnya saja rasanya tidak sanggup!

Nah, anda bisa siasati dengan tambahan rempah pada masakan anda. Seperti jahe, temulawak, kunyit, kayu manis, lada hitam, dan daun mint.

Rempah tersebut bantu keluarkan gas di saluran pencernaan dan bikin perut terasa lega. Jadi, rasa mual pun hilang dan nafsu makan kembali seperti sedia kala. Plus, aroma harum yang dihasilkan bikin anda tidak sabar ingin makan, deh.

2. Keju

Image: bbc.com

Keju berasal dari susu, maka dari itu pasti ada kandungan kasein di dalamnya. Kasein ini juga mengandung senyawa bernama “casomorphin”, yang bikin ketagihan. Maka dari itu, tidak heran jika anda sulit berhenti makan keju.

Selain itu, rasa asin pada keju juga mendorong dikeluarkannya hormon dopamin dalam tubuh. Hormon ini bersifat adiktif, alias bikin “kecanduan”. Sehingga, anda akan ingin makan keju terus menerus.

Jika anda sulit makan, cobalah tambahkan keju sebagai topping makanan. Dijamin, pasti minta tambah lagi dan lagi.

3. Coklat

Image: wsj.com

Sama seperti keju, coklat pun mendorong dikeluarkannya hormon dopamin yang bikin candu.

Dopamin bersama Phenylethylamine akan hasilkan senyawa anti depresi ringan. Itu lah sebabnya kadang coklat bisa dibilang sebagai penenang dan penghilang stress.

Namun, kedua hormon tersebut juga membuat orang jadi ketagihan memakan coklat. Cocok dijadikan ide agar anak mau makan. Tinggal kasih topping coklat diatas sarapannya, pasti habis!

4. Kacang-kacangan

Image: Medicalnewstoday.com

Kadang, nafsu makan bisa berkurang karena lemas dan lunglai. Seperti tidak ada tenaga, bahkan untuk mengangkat sendok sekali pun. Triknya adalah tambahkan kacang, baik sebagai topping, saus, atau dimakan langsung.

Sebab, kacang kaya akan vitamin B yang bisa tingkatkan energi serta nafsu makan. Mengolahnya pun sangat mudah, bisa jadi sayur sop maupun cocolan saus menu lain.

5. Makanan Rendah Serat

Image: Johndavidmann.com

Serat memperlambat proses pencernaan, sehingga anda bisa kenyang dalam waktu lama. Oleh karena itu, makanan berserat tinggi acap kali dikonsumsi oleh orang yang sedang diet.

Sebenarnya, konsumsi serat yang cukup itu bagus untuk melancarkan pencernaan serta kurangi resiko penyakit degeneratif. Tapi, bagi orang yang sulit makan atau ingin menambah berat badan, sesekali boleh mengonsumsi makanan berserat rendah demi meningkatkan nafsu makan. Asal jangan keseringan, ya!

Konsumsi makanan rendah serat ini tidak langsung serta merta membuat lapar. Melainkan, lebih ke arah mencegah anda agar tidak terlalu kenyang. Sehingga bisa cicipi makanan apapun seharian tanpa rasa kenyang berlebih.

Contohnya makanan rendah serat adalah tepung-tepungan, bubur, lauk nabati maupun hewani, serta minyak dan margarin.

6. Saus Tomat

Image: Gea.com

Saat makan dengan saus tomat, anda pasti susah berhenti, kan? Apalagi rasanya yang pedas-manis-asam bikin tangan dan mulut jadi tergoda untuk melahapnya.

Ternyata, saus tomat ini punya kandungan fruktosa yang bisa memperlambat pelepasan hormon leptin. Dimana, leptin adalah hormon yang memberikan rasa kenyang.

Bila anda sedang sulit makan dan tidak bernafsu, bisa coba tambahkan cocolan saus tomat ini. Siapa tahu nafsu makan anda mulai tumbuh kembali.

7. MSG

Image: rd.com

Hampir seluruh makanan yang ditambahkan MSG selalu jadi lebih enak dan lezat. Tentu saja, sebab MSG memang bisa memperkaya rasa masakan.

Kemampuan lain MSG adalah dapat tingkatkan produksi air liur. Sehingga, nafsu makan pun kian bertambah. Tidak cuma MSG komersial, bahan yang mengandung glutamat seperti jamur, tomat, terasi juga punya efek yang sama, lho.

Jadi, itu dia ketujuh makanan yang bisa tingkatkan nafsu makan anda. Tapi, jangan sampai terlalu banyak makan sampai obesitas, ya! Secukupnya saja, karena yang berlebihan pun tidak baik.

Sumber:

9 Food that make you hungrier. (2016). Time.uk

25 Foods that make you hungrier. (2006). Eastthis.com

List of 34 food that increase appetite (2017). Nutritionkit..dom

How to increase appetite naturally. (2017). Stylecraze.com

16 Ways to Increase your appetite. (2017). Healthline.com