7 Gerakan Peregangan (Stretching) untuk Tidur Lebih Nyenyak

7 Gerakan Peregangan (Stretching) untuk Tidur Lebih Nyenyak

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Apakah Anda mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak? Ya, Anda tidak sendirian. Banyak juga orang-orang yang mengalami susah tidur karena banyak pikiran, stres, atau siklus tidur yang berantakan. 

National Sleep Foundation, Washington, DC, mengatakan bahwa peregangan atau stretching ringan sebelum Anda tidur dapat membantu mengurangi beberapa stres yang terakumulasi sepanjang hari dengan mengendurkan otot-otot Anda dan menghilangkan ketegangan. Mungkin sangat sulit untuk tertidur ketika Anda tegang dan stres; jauh lebih mudah untuk tertidur ketika tubuh dan pikiran Anda tenang dan damai.

Harvard Health Publishing juga menjelaskan bahwa ada hubungan neurokimia antara olahraga dan stres. Olahraga mengurangi kadar hormon stres kortisol dan adrenalin dalam tubuh Anda. Ini juga memicu pelepasan endorfin, yang merupakan kimia alami di otak yang dapat meningkatkan suasana hati.

Berikut beberapa pilihan gerakan peregangan ringan untuk membantu Anda menghilangkan stres dan tegang otot, sehingga tidur malam menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga: 8 Manfaat dan Tips Yoga

1. Knee to Chest

Image: Verywell Health

Berbaring telentang di atas matras atau kasur, angkat dan tekuk satu kaki. Kemudian letakkan kedua tangan Anda di atas lutut, dan dengan lembut tarik ke dada Anda. Cobalah untuk tetap sesantai mungkin, dan tahan selama beberapa detik. Kemudian ulangi di sisi yang lain. Jika satu kaki pada satu waktu terasa nyaman bagi Anda, Anda juga dapat mencoba membawa kedua lutut ke dada sekaligus.

2. Spinal Twist

Image: Popsugar

Berbaring telentang, rentangkan kedua tangan keluar dari sisi tubuh Anda. Angkat kaki kanan dan letakkan kaki kanan di lantai. Perlahan-lahan silangkan kaki kanan ke sisi kiri tubuh Anda dan biarkan jatuh secara alami ke lantai. Gunakan tangan kiri untuk memegang lutut, tetapi tidak perlu menekan lutut. Putar kepala ke kanan, napas masuk dan keluar saat Anda merasakan tulang belakang Anda rileks. Ulangi di sisi kiri.

3. Side Stretch

Image: Oxygen Magazine

Duduk dengan menyilangkan kaki atau tumit, rentangkan lengan kiri di atas kepala. Letakkan lengan kanan di lantai dan sandarkan tubuh ke kanan, jaga lengan kiri di atas telinga. Anda harus merasakan peregangan di sisi kiri Anda. Ulangi di sisi lain.

Baca Juga: 7 Stretching Mudah untuk Melemaskan Badan Kaku

4. Butterfly Pose

Image: Yoga Goddess

Duduk di lantai dengan kaki lurus ke depan, satukan telapak kaki. Bawa kaki ke arah tubuh saat Anda bersandar ke depan, jaga tulang belakang selurus mungkin. Beristirahatlah dalam pose ini selama beberapa saat untuk memperdalam peregangan.

5. Child’s Pose

Image: Yoga Retreats

Mulailah dengan tangan dan lutut, duduklah di tumit Anda sambil membiarkan tangan terulur di depan Anda. Pastikan lutut setidaknya selebar pinggul. Fokus untuk menjaga tulang belakang Anda lurus. Arahkan tangan Anda ke depan sampai hampir rata di tanah, kemudian rilekskan kepala Anda ke lantai. Bersantai dalam posisi ini. Jika bahu terlalu kencang, Anda bisa meletakkan lengan di samping tubuh.

6. Lunge

Image: popsugar.com

Dari posisi berdiri, letakkan satu kaki di depan. Taruh kedua tangan di pinggang atau menggenggam di depan, lalu perlahan turunkan tubuh hingga kaki depan menekuk 90 derajat. Biarkan lutut Anda yang berlawanan menopang sebagian berat Anda. Berkonsentrasilah untuk menjaga tulang belakang tetap lurus dan dada terbuka. Tahan selama beberapa hitungan, lalu ulangi di sisi yang lain.

7. Legs Up The Wall

Image: Yoga Retreats

Berbaringlah dengan kedua kaki Anda bersandar di sepanjang dinding. Lepaskan semua ketegangan di pinggul dan bernapaslah. Pose ini paling efektif ketika dilakukan setidaknya selama 10 hingga 15 menit pada suatu waktu. Anda juga dapat meletakkan bantal di bawah pinggul sebagai penopang.

Baca Juga: Tips Ampuh untuk Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Sumber

Self. 2020.  5 Bedtime Stretches That Will Help You Actually Get to Sleep. www.self.com

Sleep Advisor. 2020. 8 Stretches for Your Best Night’s Sleep. www.sleepadvisor.org

Livestrong. 2020. Nighttime Stretching Exercises. www.livestrong.com

 



Add Your Comment