6 Tanda Nonverbal Ketika Orang Lain Menyukai Kita

6 Tanda Nonverbal Ketika Orang Lain Menyukai Kita

Penulis: Opie

Ketika Anda menyukai seseorang secara romantis, wajar jika Anda memiliki ekspektasi agar orang tersebut membalas perasaan tersebut, walaupun ia tak pernah benar-benar mengatakan bagaimana perasaannya kepada Anda.

Merasa takut mendapatkan penolakan, sering kali Anda memilih untuk diam saja dan memendam perasaan tersebut, hingga akhirnya Anda mendapatinya bergurau mesra dengan orang lain.

Menyesal memang selalu datang terlambat, diiringi dengan rasa patah hati yang menyakitkan. Jangan salah, patah hati bisa menjadi hal yang berbahaya, bahkan bagi kesehatan Anda.

Selain dengan menurunkan ekspektasi terhadap orang tersebut, ada baiknya Anda memahami bahasa non-verbal seseorang yang mencerminkan perasaannya. Dengan begitu, Anda setidaknya dapat menentukan arah untuk bersikap. Berikut ini adalah beberapa pertanda tersebut:

Baca Juga: Pengaruh Emosi Terhadap Kesehatan Tubuh

1. Kontak Mata

Jika Anda sering mendapati si dia sedang diam-diam melihat, atau melakukan kontak mata dengan Anda, ini bisa menjadi petunjuk pertama bagi Anda.

Seseorang akan lebih memilih untuk memandangi orang yang ia suka dibandingkan memandangi orang yang ia tidak sukai.

Neurokimia hormon oksitosin, atau lebih populer disebut dengan hormon “cinta” bisa jadi bertanggung jawab atas meningkatnya intensitas kontak mata ini.

Meningkatnya kadar hormon oksitosin inilah yang menjadi penyebab tatapan mata menghadirkan perasaan yang sejahtera.

Peningkatan oksitosin ini juga dapat meningkatkan pelebaran pupil mata ketika ia sedang melihat Anda.

2. Sentuhan

Selain kontak mata, seseorang juga memiliki kecenderungan untuk melakukan sentuhan kepada orang lain yang disukai. Sikap ini cenderung berbeda di antara pria dan wanita, hal-hal berikut mungkin akan menjadi petunjuk kecil untuk Anda:

  • Perempuan. Para wanita mungkin akan dengan ringan menyentuh lengan orang yang mereka ajak bicara. Sentuhan ringan ini bukanlah ajakan untuk melakukan hubungan seksual, melainkan hanya menunjukkan bahwa ia menyukai Anda.
  • Laki-laki. Baik disengaja atau tidak, lelaki biasanya akan menyentuh tangan Anda atau mungkin sekedar tidak sengaja menempelkan kakinya pada kaki Anda di bawah meja.

Sentuhan adalah indikator yang baik bahwa seseorang menyukai Anda atau tidak. Sebaliknya, jika Anda dengan santai menyentuh orang lain, lalu ia tiba-tiba menarik diri, orang tersebut mungkin tidak menyukai Anda atau tidak siap untuk hubungan yang lebih intim.

3. Posisi Tubuh

Orientasi tubuh merupakan indikator penting lainnya yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Seseorang akan cenderung condong mendekat ke arah orang yang mereka sukai, dan menjauhkan diri dari orang yang tidak mereka sukai.

Sikap badan yang condong mendekat ini akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan hubungan Anda.

Misalnya, jika dua orang duduk bersebelahan, kepala mereka akan menoleh ke arah satu sama lain. Selanjutnya, bahu mereka akan menghadap satu sama lain. Setelah itu, tubuh mereka pun akan berputar sepenuhnya saat berhadapan satu sama lain. Akhirnya ketika hubungan mereka semakin dekat, kedua orang ini akan saling bersandar.

Baca Juga: Berbagai Fakta Tentang Dopamine yang Perlu Anda Ketahui

4. Mirroring 

Orang yang menyukai satu sama lain tanpa sadar akan melakukan pencerminan atau meniru posisi tubuh satu sama lain. Sikap meniru ini tanpa disadari dapat membantu membangun hubungan baik dan juga dapat digunakan untuk menguji apakah orang yang Anda ajak bicara menyukai Anda atau tidak.

Mirroring akan mengirimkan sinyal bawah sadar kepada orang yang sedang bersama Anda bahwa Anda menyukainya.

Saat Anda bertemu seseorang cobalah untuk melakukan mirroring terhadap posisi dan gerak gerik tubuhnya, lalu ubah posisi tubuh Anda beberapa saat kemudian. Jika orang ini mencerminkan posisi tubuh Anda dalam beberapa detik, ada kemungkinan bahwa orang ini menyukai Anda.

5. Benda Penghalang 

Dua orang yang saling menyukai cenderung akan menghilangkan benda-benda yang menjadi penghambat di antara mereka.

Sebaliknya, seseorang yang tidak menyukai Anda akan cenderung menempatkan benda-benda tertentu yang digunakan sebagai pembatas di antara dirinya dan Anda.

Benda-benda ini termasuk barang-barang kecil, seperti cangkir, dompet, koran, majalah, cangkir, bantal, dan sebagainya.

Walaupun begitu, penghalang ini tidak selalu berarti bahwa orang tersebut tidak menyukai Anda. Hal ini mungkin dapat berarti bahwa hubungan yang terjalin belumlah sedekat itu.

6. Menyediakan Waktu untuk Bertemu

Ketika seseorang memberikan waktunya untuk Anda, berarti orang tersebut memberi Anda sebagian dari hidupnya yang tidak akan pernah ia dapatkan kembali. Inilah mengapa hadiah terbesar yang bisa seseorang berikan kepada orang lain adalah waktu mereka.

Ketika seseorang benar-benar tertarik pada Anda, mereka akan menyediakan waktu untuk bertemu dengan Anda.

Orang yang tertarik pada Anda akan cenderung mencari berbagai macam kesempatan untuk dapat menemui Anda, seperti ikut bergabung di komunitas Anda, menawarkan Anda untuk makan siang bersama, menjemput Anda, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengendalikan Emosi agar Tidak Mudah Marah

Sumber

P.S. I Love. (2020). 7 Signs Someone Actually, Genuinely Likes You. www.psiloveyou.xyz 

Psychology Today. (2016). 5 Nonverbal Clues That Someone Is Interested in You. www.psychologytoday.com 

Science of People. 3 Ways to Instantly Tell When Someone is Attracted to You.www.scienceofpeople.com 

Women’s Health. (2017). The Psychological Trick To Tell If Someone Really Likes You. www.womenshealth.com.au