6 Sarapan Sehat Anak Rekomendasi Ahli Gizi

6 Sarapan Sehat Anak Rekomendasi Ahli Gizi

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Ditinjau oleh: dr. Putri Purnamasari

Terakhir ditinjau: 26 Juni 2020

Menyiapkan anak-anak Anda untuk belajar sehari penuh harus dimulai dengan sarapan bergizi. Kita semua tahu betapa sibuknya hal itu di pagi hari. Kadang-kadang sepotong roti seperti roti semir atau roti coklat yang sudah siap makan, atau burger di restoran siap saji memang jauh lebih praktis daripada meluangkan waktu untuk membuat sarapan buatan sendiri. 

Tapi bagaimana dengan nutrisinya? Tentu saja makanan seperti itu tidak baik untuk tubuh anak. Berikut kami rekomendasikan 6 sarapan sehat untuk anak, termasuk beberapa sarapan yang cepat dibuat saat anak terburu-buru di pagi hari.

Baca Juga: 7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Menu Makan Siang Anak

1. Sup Ayam dan Sayuran

Sup ayam kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh, apalagi untuk memulai aktivitas di sekolah. Untuk memenuhi kebutuhan protein, siapkan sup ayam dengan tambahan beberapa butir telur puyuh. Tambahkan juga irisan jamur, wortel, dan sayuran hijau (seledri atau buncis) maka kebutuhan vitamin dan serat juga akan terpenuhi. Sup ayam juga mampu memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh. 

2. Nasi Daging dan Sayuran

Cukupi karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang seimbang dengan sarapan nasi, daging dan sayuran. Bisa menggunakan daging sapi, ayam, ataupun ikan. Namun, selalu lengkapi juga dengan sayuran segar. Nutrisi dalam hidangan seperti ini bukan hanya akan membuat badan anak fit seharian, tapi otak juga ternutrisi dengan baik sehingga anak akan mudah fokus dan menyerap pelajaran di sekolah.

3. Smoothie Buah

Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis buah untuk dijadikan smoothie segar yang nikmat. Contohnya anggur dan pear, jeruk dengan apel, atau strawberry dengan pisang. Sebagai alternatif gula, Anda bisa menggunakan madu atau gula stevia.

4. Omelet sayur

Omelet sayur cepat dibuat di pagi hari. Bahkan untuk anak yang susah makan sayur, Anda bisa menyamarkan sayuran dalam sajian omelet. Siapkan juga topping yang membuat omelet sayur semakin lezat dan disukai anak, seperti irisan sosis, keju, dan potongan daging. Sarapan omelet cukup mengenyangkan, lebih rendah kalori serta tinggi protein.

5. Sandwich Telur

Buat sendiri sandwich telur untuk menu sarapan yang bahkan bisa dimakan sepanjang perjalanan. Siapkan roti gandum, taruh selada, tomat, telur goreng dan beberapa iris keju. Oleskan saus tomat home made buatan Anda. Ini adalah sarapan yang sempurna untuk anak yang sekolahnya jauh, sehingga praktis dimakan di perjalanan. 

6. Roti Gandum dan Selai Buah

Selain sandwich, hidangan roti gandum dengan olesan selai buah juga bisa jadi pilihan. Namun pastikan selai yang Anda beli terbuat dari bahan alami dan rendah gula. Jika Anda bisa membuat selai buah sendiri di rumah, ini juga bisa jadi pilihan tepat yang praktis untuk dikonsumsi saat anak terburu-buru ke sekolah.

Selain 6 hidangan di atas. Jangan lupa untuk selalu tambahkan susu untuk diminum setelah makan. Menu sarapan seperti diatas bukan hanya baik untuk tubuh, namun membantu anak untuk tetap fit dan fokus sepanjang hari di sekolah.

Baca Juga: 7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Menu Sarapan Anak

Sumber

Sahabat Keluarga. (2016). Siapkan Sarapan dan Bekal Sekolah Yang Sehat Untuk Anak. www.sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id
Active Beat. 10 best breakfasts to feed your children. www.activebeat.com
Healthline. (2019). 25 Healthy Breakfast Ideas for Kids. www.healthline.com



Add Your Comment