6 Olahraga yang Dapat Membuat Anak Tumbuh Tinggi

Image : activeforlife.com

Penulis : Helen | Editor : Niahappy

Memiliki tinggi badan yang tinggi, berat badan yang ideal merupakan impian setiap orang, termasuk di kalangan anak-anak. Para orang tua, pasti memimpikan memiliki anak yang tumbuh tinggi, dikarenakan hal ini bisa menumbuhkan kepercayaan diri bagi anak-anak.  Tapi, bagaimana jika tubuh anak Anda memiliki tubuh yangpendek? Tidak perlu khawatir, selagi masih di usia pertumbuhan, beberapa aktivitas ini bisa Anda ajarkan, agar tubuh anak Anda bisa bertambah tinggi. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini:

Baca Juga : Manfaat Pentingnya Mengajarkan Berenang pada Anak

1. Berenang

Sudah bukan rahasia lagi  jika olahraga air ini merupakan cara yang efektif untuk menambah tinggi badan dan pertumbuhan otot Anak, selain salah satu cara untuk memiliki fisik dan pikiran yang sehat. Karena pada saat berenang, semua anggota badan buah hati Anda akan bergerak semua. Selain itu, gerakan-gerakan pada saat berenang juga membantu memperbaiki postur tubuh anak Anda. Jadi, yuk segera daftarkan anak Anda ke kursus berenang.

2. Lompat Tali

Lompat tali adalah olahraga yang memicu pertumbuhan anak Anda. Setiap kali sang anak melompat, secara tidak disadari tubuhnya akan mengalami peregangan dan hal ini sangat baik untuk menambah tinggi badan anak. Nah, ketika melakukan olahraga ini, Anda bisa melakukannya bersama anak Anda. Tujuannya adalah, selain untuk keakraban, lompat tali juga penting untuk memberikan kekuatan pada tulang anak Anda.

3. Bola Basket

Olahraga yang membutuhkan bola dan ring, tentu akan sangat menyenangkan jika bisa dilakukan dengan anak Anda. Selain bisa menambah kedekatan dengan sang anak, olahraga ini juga bisa dijadikan salah satu cara untuk menambah tinggi badan anak. Hal ini dikarenakan, permainan bola basket memiliki gerakan melompat untuk memasukkan bola ke dalam ring. Gerakan inilah yang diketahui penting, untuk merangsang pertumbuhan tulang dan mendukung pertumbuhan tinggi badan pada anak. Yuk, segera ambil bola basket dan ajak anak Anda bermain bersama.

4. Lari

Olahraga yang sederhana, murah dan bisa dilakukan oleh segala kalangan usia, merupakan olahraga yang bisa mendukung pertumbuhan tinggi badan anak Anda juga, lho. Mengapa demikian? Olahraga ini selain bermanfaat untuk membakar kalori tubuh, olahraga lari juga mampu memperkuat kaki dan merangsang pertumbuhan tulang anak. Nah, Anda dapat mengajak anak Anda untuk berlari-lari di taman. Selain, menambah tinggi badan dan menjaga kebugaran tubuh, bonusnya adalah berat badan pun perlahan berkurang juga.

5. Naik Sepeda

Naik sepeda merupakan olahraga yang sangat dipercaya untuk memacu tinggi badan anak Anda. Hal ini dikarenakan olahraga ini menggerakkan semua tubuh yang bermanfaat mendorong produksi hormon pertumbuhan dan meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha, sehingga pertumbuhan tulang anak Anda bisa terangsang dengan baik.

Pada dasarnya, anak-anak sangat suka bermain sepeda, sehingga para orang tua tidak perlu bersusah payah untuk membujuk buah hati Anda untuk bersepeda. Tapi, jangan terlalu tinggi mengatur ketinggian jok sepedanya, sebab jika terlalu tinggi bisa merusak persendian anak Anda. Ayo, ambil sepeda dan bersepedalah dengan anak Anda.

6. Bertahan / Bergelantungan pada Tiang

Olahraga ini merupakan latihan termudah, karena anak Anda hanya perlu berpegangan di tiang dan bertahan selama mungkin. Waktu-waktu ketika anak Anda bergelantungan, gravitasi membantu buah hati Anda untuk menarik tulang, khususnya tulang belakang ke bawah yang menyebabkan tulang menjadi meregang dan memanjang. Di beberapa taman kota, permainan ini sudah ada dan bisa diakses dengan gratis, jadi ini bisa dijadikan salah satu permainan dan olahraga Anda dan anak.

Selain dengan mengajak buah hati Anda melakukan beberapa olahraga, jangan lupa untuk tetap memberikan asupan gizi terbaik, seperti telur, susu, kacang kedelai, bayam, wortel dan beberapa buah-buahan. Sebab tanpa nutrisi yang baik, olahraga yang sudah dilakukan tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Selamat mempraktekkan di rumah, ya.

Baca Juga : 5 Siasat Mengatasi Anak yang Tidak Suka Sayur dan Buah

Sumber :
TheAsianParent (2018). 4 Easy Exercises To Help Your Kids Grow (much) taller. sg.theasianparent.com
WorldofMoms (2016). 7 Simple Excercises To Help Your Kids Grow Up Tall .  www.worldofmoms.com
Forbes (2016). Is it Possible to Increase Your Height? www.forbes.com
Stylercaze. (2019) 8 Simple Ways to Increase Height in Kids. www.stylecraze.com