6 Manfaat Temu Kunci untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Temu Kunci untuk Kesehatan Tubuh

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Ditinjau oleh: dr. Putri Purnamasari 

Terakhir ditinjau: 13 November 2022

Nama lain dari akar temu kunci adalah ginseng Thailand karena akar temu kunci dan ginseng memiliki banyak kesamaan. Misalnya, keduanya dapat memberikan pemulihan dan meningkatkan disfungsi ereksi.

Ada 3 jenis temu kunci, yaitu temu hitam, temu merah, dan temu kuning. Temu kunci yang populer untuk digunakan dalam masakan adalah akar temu kuning. 

Kita sering menggunakan temu kunci dalam makanan seperti sayur bening bayam, serta untuk mengolah ayam dan ikan. Akar temu kunci ini memiliki aroma yang unik dan segar. Kebanyakan orang sering memanfaatkannya sebagai bumbu masak karena bisa menghilangkan bau amis dari daging dan ikan.

Manfaat Kesehatan dari Temu Kunci

Temu kunci merupakan sumber vitamin, terutama vitamin B dan curcumin yang membantu mengurangi peradangan dan infeksi serta menahan pertumbuhan bakteri. Selain itu, mereka dapat menciptakan keseimbangan hormon pada wanita dan pria.

Tidak jarang ada yang memilih temu kunci sebagai penolong dalam menjaga stamina, seperti halnya mengonsumsi ginseng.

Banyak penelitian menunjukkan jika bioaktif yang terdapat dalam temu kunci dapat menyembuhkan banyak penyakit. Berikut beberapa manfaatnya bagi tubuh.

1. Untuk Mencegah Bakteri

Banyak penyakit berasal dari bakteri patogen yang menyerang tubuh manusia. Temu kunci dapat menghasilkan zat untuk membantu tubuh kita dan melawan beragam bakteri buruk, misalnya Staphylococcus yang tidak berbahaya, namun tetap berisiko untuk menimbulkan infeksi.

2. Anti Peradangan

Rimpang temu kunci mengandung minyak atsiri, saponin dan flavonoid. Flavonoid mempengaruhi berbagai macam aktivitas biologi atau farmakologi, antara lain antioksidan, antitumor, antiinflamasi dan antialergi.

3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Ekstrak rimpang temu kunci telah diuji aktivitas antibakterinya terhadap dua patogen utama karies gigi. Hasilnya ekstrak temu kunci dapat digunakan sebagai agen antikariogenik alami dalam pasta gigi atau produk perawatan mulut seperti obat kumur untuk perawatan karies gigi, sakit tenggorokan dan gusi.

Baca Juga: Tips Memilih Obat Kumur untuk Gigi dan Mulut

4. Untuk Mencegah Gigi Berlubang

Streptococcus mutans dan Lactobacillus merupakan bakteri mulut penyebab karies gigi dan kerusakan gigi. Temu kunci dapat menghasilkan bakteri yang dapat pengurai sukrosa dan fruktosa yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

5. Menangkal Radikal Bebas

Temu kunci kaya akan zat baik alami seperti flavonoid dan fenolik yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel tubuh jika kadarnya berlebih. Oleh sebab itu, antioksidan sangat penting untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

6. Meningkatkan Kualitas Sperma

Aktivitas antioksidan temu kunci dapat bermanfaat untuk melindungi kerusakan jaringan testis dan meningkatkan kualitas sperma. Ekstrak temu kunci juga dapat membantu menstimulasi peredaran darah, membantu meningkatkan kualitas sperma, membantu meningkatkan kinerja seksual pria, dan menambah jumlah sperma.

Baca Juga:Ketahui Manfaat Ginseng untuk Tubuh

Sumber

Dr Health Benefits. 7 Health Benefits of Fingerroot (Natural Way to Fight Bacterial Disease). www.drhealthbenefits.com

Rina Adilla Akmalia. (2016). AKTIVITAS ANTIINFLAMASI EKSTRAK RIMPANG TEMU KUNCI (Boesenbergia pandurata) SECARA IN-VITRO. Prosiding Seminar Nasional Kefarmasian Ke-4. Universitas Mulawarman

Jitvaropasa, Rungrat. (2012). Antioxidant, Antimicrobial and Wound Healing Activities of Boesenbergia rotunda. Natural Product Communication : Vol 7, No. 7. Sage Journal