6 Manfaat Penting Minyak Ikan untuk Anak

minyak ikan untuk anak

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Semua anak memerlukan vitamin, mineral dan berbagai nutrisi lain untuk bisa tumbuh sehat dan normal. Salah satu jenis nutrisi yang direkomendasikan untuk anak adalah minyak ikan. Seberapa besar kegunaannya sampai berbagai produk vitamin, suplemen makanan maupun susu formula memasukkan minyak ikan sebagai salah satu komponennya?

Minyak ikan sendiri merupakan minyak yang diproduksi dari jaringan tertentu pada tubuh ikan yang berminyak. Awalnya, banyak produk minyak ikan diambil dari lemak paus. Sekarang minyak ikan juga bisa didapat dari berbagai jenis ikan dan hewan laut lainnya.

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat penting bagi kesehatan, terlebih pertumbuhan di masa kanak-kanak. Selain bisa mendapatkannya langsung dengan mengonsumsi ikan, asam lemak omega-3 bisa didapat dengan mengonsumsi suplemen. Lantas, apa saja manfaat minyak ikan ini bagi pertumbuhan anak?

1. Baik untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Otak Anak

Di masa-masa awal kehidupan, seluruh organ tubuh anak berkembang dengan pesat termasuk otaknya. Tiga jenis zat pembentuk asam lemak omega-3 di dalam minyak ikan adalah DHA (docosahexaenoic acid), EPA (eicosapentaenoic acid) dan ALA. Ketiganya berperan penting untuk mendukung perkembangan otak anak serta mendukung kemampuan kognitif dan kecerdasanya.

2. Membantu Mengurangi Gejala Hiperaktif pada Anak

Ada beberapa kondisi gangguan prilaku yang kerap dihadapi oleh anak-anak seperti attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) di mana anak bersikap hiperaktif untuk mendapatkan perhatian. Omega-3 merupakan bagian yang signifikan dari susunan otak. Memberikan asupan omega-3 yang cukup sejak anak masih kecil dapat membantu mengurangi risiko munculnya ADHD.

Gangguan perilaku adalah masalah yang dapat mengganggu proses pembelajaran dan perkembangannya. Memberikan suplemen berupa minyak ikan telah terbukti mampu mengurangi sikap hiperaktif, kurang perhatian dan berbagai perilaku negatif lainnya.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Anak-anak yang memiliki risiko diabetes, akan benar-benar menderita diabetes jika pola makannya tidak diatur dengan benar. Sebuah studi membuktikan bahwa anak yang memiliki risiko diabetes dan mengonsumsi banyak asam lemak omega-3 ternyata mengalami penurunan risiko menderita diabetes tipe 2.

4. Membantu Mengatasi Depresi

Dalam dunia medis, minyak ikan banyak dimanfaatkan untuk pengobatan depresi pada orang dewasa. Beberapa studi juga menunjukkan dampak yang sama pada anak-anak. Sebuah penelitian pada tahun 2006 menunjukkan bahwa anak-anak yang mengalami depresi pada usia 6-12 tahun membaik secara signifikan dengan konsumsi minyak ikan.

5. Membantu Mengurangi Peradangan

Radang merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk memerangi infeksi dan mengobati luka. Tapi peradangan kronis bisa berakibat pada berbagai masalah kesehatan serius seperti obesitas, diabetes, depresi hingga sakit jantung. Tidak hanya pada orang dewasa, konsumsi minyak ikan yang mengandung anti inflamasi dapat menjadi terapi untuk mengobati berbagai masalah yang berhubungan dengan peradangan.

6. Membantu Meningkatkan Kesehatan Mata

Sama seperti otak, omega-3 merupakan komponen penyusun yang penting pada mata. Orang-orang yang tidak mendapatkan asupan omega-3 yang cukup sejak kecil memiliki risiko yang lebih besar mengalami masalah kesehatan mata.

Kapan Harus Memberikan Suplemen Minyak Ikan untuk Anak?

Omega-3 sebenarnya bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan berlemak seperti mackerel, sarden atau ikan salmon. Pemberian suplemen berupa minyak ikan sebaiknya dilakukan ketika Anda merasa asupan makanan tidak akan cukup memenuhi kebutuhan omega-3 nya. Suplemen berupa minyak ikan juga sebaiknya diberikan saat anak sudah melewati usia 1 tahun.

Perlu diketahui bahwa ada kondisi di mana anak mungkin tidak cocok diberi minyak ikan. Anak dengan sistem kekebalan tubuh lemah atau yang alergi dengan ikan laut sebaiknya tidak diberi suplemen berupa minyak ikan. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk memberikan minyak ikan pada anak.

Baca Juga: 7 Sumber Makanan Kaya Omega 3

 

Sumber:
Webmd (2011). Who Needs Omega-3s? www.webmd.com
Dancow (2018). Minyak Ikan untuk Membantu Perkembangan Otak. www.dancow.co.id
Verywell Family (2019). Is Fish Oil Supplementation Right for Kids? www.verywellfamily.com
Healthline (2018). 13 Benefits of Taking Fish Oil. www.healthline.com
Popmama (2019). Ma, Ketahui Manfaat Minyak Ikan Bagi Anak. www.popmama.com