6 Makanan Penyebab Perut Kembung

Image : m.dailyhunt.in

Penulis : Nia Happy | Editor : Atsa

Tidak jarang seseorang mengalami perut kembung. Perut kembung adalah kondisi perut terasa penuh, ingin mual, sering sendawa bahkan buang angin. Hal tersebut pasti akan mengganggu aktivitas Anda bukan?

Ada dua jenis perut kembung yaitu kembung gas dan kembung air. Kembung gas disebabkan oleh faktor makanan seperti terlalu banyak makanan berminyak, minum susu bahkan mengonsumsi kacang-kacangan. Sedangkan kembung air disebabkan oleh perubahan hormon, menstruasi, bahkan dehidrasi.

Tapi, tidak sedikit pula perut kembung disebabkan oleh bawaan dari penyakit serius, lho.  Karena itu, kenali jenis kembung apa yang Anda alami selain itu jika kembung sering terjadi, segeralah konsultasikan pada dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Nah, untuk terhindar dari perut kembung Anda bisa mengurangi makanan yang bisa menyebabkan perut kembung karena sering kali penyebab perut kembung adalah makanan. Berikut 6 jenis makanan yang bisa membuat perut kembung.

Baca JugaDaftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Maag

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji identik dengan makanan yang memiliki lemak tinggi. Tubuh mencerna lemak membutuhkan waktu lebih lama dari kebanyakan makanan lain, hal itu bisa memicu perut kembung pada sebagian orang karena adanya penundaan pengosongan lambung. Untuk itu, batasi asupan makanan cepat saji agar terhindar dari perut kembung.

2. Daging

Anda pecinta daging? mulailah untuk membatasi porsi daging karena perut kembung bisa terjadi akibat mengonsumsi daging yang terlalu sering dan banyak. Bila perut Anda mengalami perut kembung setelah makan daging hal itu menunjukan bahwa tubuh Anda tidak mampu mencerna bahan makanan hewani ini dengan baik.

Bahkan, jika Anda merasa lelah setelah mengonsumsi daging, hal ini menandakan bahwa sistem pencernaan Anda bekerja terlalu keras sehingga menguras cukup banyak energi tubuh.

3. Sayuran kelompok Kubis

Menikmati ayam goreng ditambah kol goreng memang nikmat. Namun perlu Anda ketahui sayur kol ternyata mengandung rafinosa (serat yang sulit dihancurkan) sehingga dapat menimbulkan gas dan perut kembung. Tidak hanya sayur kol lho, brokoli, kubis dan kale juga mengandung serat yang sama.

Bayangkan, jika Anda mengonsumsi banyak sayur kol yang digoreng ditambah ayam goreng yang juga mengandung banyak lemak penyakit yang datang bukan hanya perut kembung namun bisa memicu penyakit bahaya lainnya lho. Anda tetap bisa mengonsumsinya namun, tetap harus mengatur porsi makan Anda dengan baik ya!

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi. Kandungan pada minuman bersoda  air, karbondioksida (CO2), pemanis, asam fosfat, kafein, dan bahan lainnya. Kandungan tersebut bisa menyebabkan perut Anda kembung lho.

Minuman berkarbonasi dapat mengikis lapisan lambung yang akan mengakibatkan penghambatan sistem pencernaan pada lambung. Sehingga, dapat menimbulkan rasa sakit perut bahkan membuat gas dalam lambung meningkat.

5. Produk Olahan Susu

Mengonsumsi produk susu memang baik untuk pertumbuhan tubuh, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan gas dalam lambung naik. Selain itu kandungan laktosa pada susu tidak dapat dicerna oleh semua orang. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi susu bebas laktosa atau susu kedelai agar lebih aman dicerna bagi perut Anda.

6. Gandum

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa Gandum yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh bisa menyebabkan perut kembung? Gandum sebenarnya baik untuk dikonsumsi karena kaya serat dan nutrisi. Namun, kandungan protein gluten, gliadin, alutenin, dan agglutinin pada gandum bisa meningkatkan inflamasi dan merusak keseimbangan bakteria sehingga memicu kembung, gas, bahkan diare.

Untuk itu, aturlah porsi makanan yang Anda makan karena apabila makanan yang memiliki banyak nutrisi dan manfaat dimakan dalam porsi yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan Anda lho.

Baca JugaTips Diet Aman bagi Penderita Maag

 

Sumber :
Medicalnewstoday (2017). Which food makes you bloated. www.medicalnewstoday.com
International Foundation for Gastrointestinal Disorders. Understanding bloating and distension. www.iffgd.org
CNN Indonesia. (2017). Efek Negatif Minuman Bersoda. www.student.cnnindonesia.com