6 Cara untuk Meningkatkan Jumlah Sperma

Penulis: Dhiya | Editor: Atsa

Memulai kehidupan baru dengan berkeluarga adalah salah satu tujuan hidup bagi banyak pria yang ingin mengambil langkah selanjutnya bersama pasangan. Namun, banyak pria yang berjuang dengan infertilitas atau ketidaksuburan, termasuk karena jumlah sperma yang rendah. Jumlah sperma normal setidaknya memiliki 15 juta sperma per militer air mani.

Jika Anda memiliki jumlah yang kurang dari itu, berarti Anda mengalami jumlah sperma yang rendah atau disebut oligospermia. Ketika Anda tidak memiliki jumlah sperma yang cukup, ada sedikit kesempatan untuk mencapai atau membuhai sel telur yang dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Meskipun memiliki keinginan untuk menjadi seorang ayah, banyak pria yang sulit memiliki anak. Maka dari itu penting bagi pria untuk mengetahui cara apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan jumlah sperma seperti di bawah ini.

1. Mengonsumsi Makanan Super untuk Sperma

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk sperma adalah asam folat. Asam folat tidak hanya penting bagi calon ibu tapi juga bagi pria. Pria dengan kadar asam folat yang rendah menunjukkan tingkat kromosom abnormal pada sperma, dan jika sperma tersebut membuahi sel telur maka dapat menyebabkan keguguran atau cacat lahir.

Anda bisa mendapatkan asam folat dari beberapa makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, jeruk, roti dan pasta. Selai asam folat, Anda juga membutuhkan sumber vitamin dan antioksidan dari buah-buahan yang memiliki sifat anti-inflamasi seperti stroberi, raspberry, dan blackberry. Buah-buahan tersebut dapat membantu menghasilkan sperma yang lebih sehat dan jumlah yang lebih tinggi.

2. Jaga Testis Anda Tetap Dingin

Testis perlu mempertahankan suhu sekitar dua derajat selsius lebih dingin daripada suhu inti tubuh. Maka dari itu mengapa testis berada di luar tubuh. Tetapi kebiasaan atau cara hidup sehari-hari cenderung membuat panas tetstis. Mulai dari menggunakan laptop di pangkuan, memakai pakaian ketat, dan mandi air panas adalah kegiatan yang kurang baik untuk jumlah sperma Anda.

Jika testis terlalu panas, maka akan berpengaruh pada jumlah sperma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pendinginan testis secara rutin selama 30-60 menit sehari selama beberapa bulan dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 100 persen.

3. Hilangkan Lemak dalam Tubuh

Kelebihan berat badan dan kurang gerak adalah salah satu prediktor terkuat dari kualitas dan infertilitas sperma yang buruk. Maka dari itu Anda disarankan melakukan olahraga kardiovaskular selama 20 menit sehari yang dapat meningkatkan jumlah sperma.

Pria yang melakukan olahraga secara rutin memiliki motalitas yang lebih baik dibandingkan pria yang terlalu sering duduk dalam waktu yang lama seperti menonton tv, yang akan menurunkan jumlah sperma.

4. Kualitas Tidur yang Baik

Jika kamu ingin meningkatkan kesuburan termasuk meningkatkan jumlah sperma, Anda harus memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Sebaiknya tidur selama 7-8 jam setiap malam. Meskipun sulit, Anda harus mulai membiasakan karena akan berpengaruh terhadap kesehatan dan jumlah sperma.

Anda bisa mulai dari menghindari kafein setelah jam 3 sore dan batasi terpapar cahaya gadget sebelum tdiur. Tidur yang baik adalah penting untuk memperbaiki jumlah sperma yang rendah.

5. Lakukan Ejakulasi Secara Teratur dan Seks yang Sehat

Ejakulasi teratur bertujuan untuk menjaga sperma tetap sehat dan segar. Cobalah melakukan ejakulasi setiap 2 hingga 3 hari. Jika Anda jarang ejakulasi, maka kualitas sperma akan buruk. Di sisi lain, ejakulasi yang teratur tidak hanya baik untuk sperma tetapi baik juga untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Sebagai contoh, penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang berejakulasi lebih sering berisiko lebih rendah terkena kanker prostast daripada pria yang jarang berejakulasi. Selain itu jangan hanya berhubungan seks, tapi lakukan seks yang sehat dan baik untuk meningkatkan kesuburun pada pria dan wanita. Karena seks yang baik membantu tubuh menarik lebih dalam untuk sperma yang lebih sehat. seks yang baik juga meningkatkan testosteron Anda dan bisa menjadi peredam stres.

6. Lakukan Latihan Kegel

Kegel adalah jenis olaharaga yang dilakukan pada area intim untuk membuat pria lebih tahan lama saat melakukan seks. Selain itu latihan kegel juga berfungsi untuk meningkatkan jumlah sperma. Cara melakukannya pastikan letak otot dasar panggul Anda. Untuk memastikannya, cobalah mengencangkan otot seolah Anda sedang menahan laju urin ketika buang air kecil.

Otot yang berkontraksi itulah merupakan otot dasar panggul Anda. Setelah mengetahuinya, lakukan latihan kegel dengan cara mengencangkan otot panggul bawah selama tiga detik dan bernapaslah seperti biasa. Lalu lemaskan otot panggul bawah dan beri jeda selama tiga detik. Kemudian ulangi latihan otot ini selama 10 kali. Sebaiknya lakukan latihan kegel tiga kali sehari.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan jumlah sperma pria. Sebaiknya mulai ubah gaya hidup sehat untuk kesehatan sperma dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Tips Ampuh untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

 

Sumber:

Trak. 6 Step Guide to Increasing Your Sperm Count. Trakfertility.com
AskMen. (2019). How to Increase Sperm Count. Askmen.com
South China Morning Post. (2018). How to Increase Your Sperm Count and Keep It Up: Lots of Great Sex, Cold Baths, and Garlic. Scmp.com