6 Cara Membedakan Flek Tanda Kehamilan dan Menstruasi

6 Cara Membedakan Flek Tanda Kehamilan dan Menstruasi

Penulis: Opie | Editor: Handa

Tahukah Anda bahwa tidak semua flek yang muncul dari vagina adalah pertanda bahwa Anda sedang menstruasi? Beberapa kasus munculnya flek justru menjadi pertanda awal kehamilan Anda. Fenomena ini disebut sebagai pendarahan implantasi. Pendarahan implantasi terjadi hampir bersamaan dengan waktu Anda menstruasi.

Tidak jauh berbeda dengan dengan datang bulan, pendarahan implantasi juga akan menghadirkan gejala-gejala, seperti perubahan suasana hati, kram, sakit kepala, dan keluarnya bercak darah dari vagina Anda. Walaupun tidak terjadi pada setiap wanita, terdapat setidaknya sepertiga wanita yang mungkin mengalami pendarahan implantasi selama proses kehamilannya.

Sebagai perempuan dan calon ibu yang tanggap, tentu sebaiknya Anda memiliki kemampuan untuk memahami tubuh Anda sendiri. Sebagai petunjuk singkat, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda pahami untuk lebih mengenal karakteristik dari pendarahan implantasi.

Kapan Flek Tanda Kehamilan Terjadi?

Untuk memahami lebih lanjut tentang pendarahan implantasi yang umumnya keluar dalam bentuk flek-flek darah, berikut adalah penjelasan mengenai kapan dan bagaimana pendarahan implantasi terjadi:

  • Seseorang biasanya akan melepaskan sel telur dari ovarium (berovulasi) sekitar 14 hari sebelum periode menstruasi berikutnya dimulai.
  • Setelah sel telur dilepaskan, sperma harus membuahinya dalam waktu 12-24 jam.
  • Jika pembuahan tidak terjadi, siklus akan berlanjut, dan suatu periode biasanya akan terjadi dalam 2 minggu.
  • Jika pembuahan benar-benar terjadi, sel telur yang telah dibuahi akan tetap berada di tuba falopi selama beberapa hari sebelum bergerak menuju rahim.
  • Saat sel telur yang telah dibuahi mencapai rahim, maka sel telur tersebut akan tertanam ke dalam lapisan rahim.
  • Pendarahan implantasi tanda kehamilan ini diperkirakan terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim.
  • Pendarahan implantasi biasanya terjadi sekitar 10-14 hari setelah pembuahan.
  • Pendarahan implantasi biasanya terjadi sekitar waktu yang Anda harapkan untuk mendapatkan periode menstruasi.
  • Pendarahan ini akan berhenti dengan sendirinya serta tidak memerlukan pengobatan apapun.

Pendarahan implantasi adalah hal yang normal terjadi. Namun, jika Anda tetap merasa khawatir tentang perdarahan pada vagina Anda, segera hubungi dokter Anda.

Baca Juga : Waspada Preeklamsia di Masa Kehamilan, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

Gejala Pendarahan Implantasi

Karena pendarahan implantasi terjadi mendekati waktu menstruasi berikutnya, banyak wanita yang bingung apakah keadaan tersebut kemungkinan kehamilan atau menstruasi. Berikut ini adalah tanda-tanda perdarahan implantasi lainnya:

  • Kram ringan atau samar (tidak sesakit kram menstruasi normal)
  • Perubahan suasana hati
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Nyeri payudara
  • payudara menjadi lebih lembut
  • Sakit punggung bagian bawah
  • Kelelahan

Tanda-tanda Pendarahan Implantasi

Secara kasat mata memang tidak mudah membedakan antara pendarahan implantasi dan pendarahan yang keluar di awal masa menstruasi Anda. Namun begitu, beberapa tanda pendarahan implantasi berikut ini mungkin dapat memberi Anda petunjuk yang lebih jelas:

1. Warna Darah yang Keluar

Warna dari pendarahan implantasi biasanya merah muda kecoklatan. Sedangkan, warna dari darah menstruasi biasanya dimulai dari merah muda pucat dan coklat lalu lambat laun, seiring dengan bertambahnya hari menstruasi Anda, warna tersebut akan berubah menjadi merah tua.

2. Kekuatan Aliran

Pendarahan implantasi biasanya berupa bercak yang muncul tidak deras dan sangat ringan. Menstruasi yang Anda alami mungkin dimulai dengan aliran yang juga ringan, tetapi alirannya akan semakin kuat terutama di tiga hari pertama menstruasi Anda.

Baca Juga : 10 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

3. Kram

Kram yang menandakan pendarahan implantasi biasanya ringan dan berlangsung cepat. Sedangkan kram yang muncul dari menstruasi biasanya lebih intens dan berlangsung lebih lama.

Setiap perempuan memiliki ambang rasa sakit yang berbeda-beda, sehingga Anda adalah orang yang paling mengenal tubuh Anda sendiri. Oleh sebab itu, cobalah untuk mendengarkan dan memahami tubuh Anda.

4. Gumpalan Darah

Jika Anda melihat gumpalan dalam pendarahan Anda, bisa dipastikan bahwa gumpalan tersebut berasal dari darah menstruasi Anda. Sebaliknya, pendarahan implantasi tidak akan menghasilkan gumpalan darah apapun.

5. Jangka waktu

Salah satu perbedaan dari dua jenis pendarahan ini ada pada seberapa lama durasi pendarahan berlangsung. Pendarahan implantasi umumnya berlangsung 1 hingga 3 hari, sementara menstruasi Anda berlangsung 4 hingga 7 hari.

6. Konsistensi

Pendarahan implantasi muncul dan menempel di celana dalam Anda dalam bentuk bercak-bercak. Sedangkan menstruasi Anda umumnya dimulai dengan pendarahan yang ringan lalu menjadi semakin deras.

Baca Juga : Kenali Bahaya Keputihan Saat Hamil Berdasarkan Warnanya

Sumber

American Pregnancy Association.What is Implantation Bleeding?.americanpregnancy.org 
Harzif, A.K., 2018. Fakta-fakta mengenai menstruasi pada remaja.www.staff.ui.ac.id 
Healthline.2020.Implantation Bleeding vs. Period Bleeding: How to Tell the Difference.www.healthline.com  
Mayo Clinic.2019.Is implantation bleeding normal in early pregnancy?.www.mayoclinic.org 
Medical News Today.2020.What does implantation bleeding look like? What to expect.www.medicalnewstoday.com 
News Medical Life Sciences.Implantation Bleed.www.news-medical.net