6 Cara Ampuh Rambut Anak Lebat dan Hitam

Image : www.zwitsal.co.id

 

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Semua orang tua pasti ingin rambut anaknya lebat, hitam, dan sehat. Banyak cara yang dapat dilakukan orang tua supaya rambut anak lebat, hitam, dan sehat.

Kulit kepala anak yang masih sensitif mungkin menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua jika menggunakan produk-produk penumbuh rambut yang mungkin  belum terbukti keamanannya. Maka dari itu, terapkan beberapa cara ampuh berikut supaya rambut anak lebat, hitam, dan juga sehat.

Baca JugaKetahui Jenis Alergi pada Bayi dan Cara Mengatasinya

1. Beri asupan protein untuk rambut anak

Salah satu alasan mengapa rambut anak-anak tipis adalah karena kurangnya protein pada rambut, sudah menjadi rahasia umum bahwa telur adalah sumber protein dan pastinya akan membantu rambut pada anak menjadi lebih indah dan tebal.

Protein adalah nutrisi terbaik untuk memberi rambut kekuatan untuk tumbuh bervolume. Cara penggunaannya adalah dengan mengocok kuning telur, lalu oleskan kocokan telur ini pada rambut dalam keadaan kering dan biarkan selama sekitar setengah jam.

Kemudian, cuci rambut dengan shampo supaya aroma amis pada telur hilang dari rambut. Selain mempertebal rambut, telur akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan tampak lebih hitam dari sebelumnya.

2. Oleskan minyak kemiri secara rutin

Minyak kemiri sudah tersohor sejak dahulu karena khasiatnya yang dapat membuat rambut hitam dan tebal terutama untuk anak-anak. Mungkin dahulu sangat sulit menemukan minyak kemiri karena jarang sekali ada yang menjual, tapi sekarang sudah banyak toko yang menjual minyak kemiri.

Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu dengan dioleskan saja ke rambut anak secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu cuci dengan shampo dan air. Gunakan minimal seminggu sekali untuk hasil yang maksimal. Dijamin rambut akan tumbuh dengan tebal dan hitam berkilau.

3. Memijat kulit kepala Anak dengan minyak kelapa

Sudah sejak lama minyak kelapa memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaatnya adalah dapat membuat rambut tumbuh dengan sehat dan banyak serta membuat kulit kepala tidak mengelupas (berketombe).

Cukup dengan memijat kulit kepala anak anda dengan minyak kelapa secara rutin. Dijamin rambut anak akan menjadi kuat, tebal serta kulit kepala akan terhindar dari ketombe. Jangan lupa bilas dengan air hangat supaya hasilnya dapat maksimal.

4. Penuhi kebutuhan cairan pada anak

Kekurangan cairan pada tubuh dapat menimbulkan banyak akibat buruk bagi tubuh. Perlu diketahui bahwa salah satunya adalah dapat menyebabkan rambut tidak tumbuh dengan sehat.

Tanpa kita sadari, kekurangan cairan dapat membuat kulit kepala pada anak kering dan berakibat pada rambut yang tumbuh tidak sehat. Apalagi untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Sangatlah penting untuk menjaga kecukupan cairan pada tubuh anak mulai sejak dini. Maka dari itu, orang tua harus menjaga kebutuhan cairan pada anak supaya tidak dehidrasi dan terhindar dari lambatnya pertumbuhan rambut dan akibat negatif lainnya.

5. Rutin mengoleskan minyak jarak pada kulit kepala anak

Kandungan vitamin E dan asam lemak pada minyak jarak sangatlah bermanfaat untuk dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada anak secara alami. Selain memicu pertumbuhan rambut, minyak jarak juga menguatkan akar rambut anak Anda.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan minyak jarak pada rambut anak seperti halnya menggunakan minyak kelapa untuk yang sudah dijelaskan diatas. Pijat perlahan kepala anak, supaya peredaran darah di kepala lancar dan kandungan minyak menyerap lebih efektif.

6. Memilih shampo yang tepat untuk anak

Kulit kepala pada anak terkenal sangat sensitif. Saat ini sangat banyak produk yang menawarkan manfaat yang berbeda-beda, salah satunya adalah manfaat menebalkan rambut.

Anda bisa memilih shampo khusus anak dengan kandungan minyak zaitun, minyak kelapa, Pro-Vitamin B5, atau lidah buaya yang membantu menjaga rambut tetap halus dan lembut. Perhatikan juga kandungan pada shampo tersebut, pastikan memiliki formula yang lembut, pH yang seimbang, bebas paraben, dan lolos uji dokter.

Ternyata ada beragam cara untuk melebatkan rambut anak, ya. Tak hanya lebat tapi juga kuat, hitam, dan juga sehat. Yuk, mulai terapkan cara-cara tersebut pada rambut Anak.

Baca Juga6 Penyubur Rambut Alami untuk Rambut Tebal

 

Sumber :
Sam Escobar. (2018). 11 Ways to Get Thicker Hair. www.goodhousekeeping.com
Live Strong. How to Get Longer, Thicker Hair for Kids. www.livestrong.com
Super Baby Online. (2018). Baby Hair Growth – Secret to Healthy Hair (0-5 Years).
Cussons Baby. Coconut Oil & Aloe Vera Baby Shampoo. www.cussonsbaby.co.id