6 Cara Ampuh Mudah Atasi Hidung Tersumbat

Image : today.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Virus flu mudah sekali menyerang ketika musim hujan datang. Bukan hanya anak kecil, tapi orang dewasa juga rentan terserang flu. Apalagi kalau setiap hari setelah beraktifitas (sekolah atau bekerja)  saat pulang harus terkena hujan. Kebanyakan orang pasti akan merasakan terserang flu keesokan harinya.

Nah, kalau sudah terkena flu, pasti Anda akan pilek. Pilek adalah kondisi dimana hidung mengeluarkan ingus atau lendir, baik sesekali maupun terus-menerus. Lendir di dalam hidung memang bermanfaat untuk melembabkan saluran pernafasan, namun jika jumlahnya banyak pastinya akan mengganggu pernafasan.

Masalah utama bagi orang yang terkena pilek adalah ketika mengalami hidung tersumbat. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Apa saja? Yuk langsung cek 6 cara mudah dan ampuh atasi hidung Tersumbat.

Baca Juga8 Tips untuk Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Hujan

1. Memberikan hidung minyak aroma terapi / minyak kayu putih

Wangi minyak aroma terapi dan minyak kayu putih sangatlah ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Caranya adalah cukup dengan sering menghirup aroma mint yang ada di kedua minyak ini. Dijamin hidung akan terasa plong dan menjadi mudah bernafas.

Kelemahan dari cara ini adalah khasiatnya yang sementara. Jadi, jika rasa plong yang Anda rasakan ingin tetap awet, Anda harus lebih sering menghirup aromanya.

2. Minum jahe hangat atau berbagai makanan dan minuman hangat

Cara yang satu ini bisa dikatakan cukup tradisional. Jahe memiliki manfaat menghangatkan tubuh. Banyak orang telah membuktikan bahwa jahe dapat meringankan gejala flu. Rasa jahe yang hangat dapat melegakan tenggorokan dan hidung yang sedang mampet.

Ada baiknya setelah minum jahe hangat, Anda langsung membuang ingus supaya mencegah hidung tersumbat lagi. Bukan hanya wedang jahe, berbagai makanan dan minuman hangat lainnya seperti sup dan air panas yang dicampur dengan madu dan lemon juga dapat meringankan flu terutama hidung tersumbat.

3. Mandi dengan air hangat

Pernahkan Anda mencoba menggunakan cara ini? Mandi dengan menggunakan air hangat menjadi salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Anda akan merasa jauh lebih baik jika melakukan cara ini.

Uap air hangat yang Anda gunakan untuk mandi sangat bermanfaat untuk mengurangi lendir dalam hidung dan membantu mencegah peradangan. Mandi air hangat dapat membantu pernapasan Anda kembali normal, setidaknya untuk sementara waktu.

4. Jaga tubuh tetap terhidrasi

Banyak minum air putih dan jus merupakan salah satu cara untuk mengencerkan lendir di hidung Anda. Kenapa bisa begitu? Hampir semua cairan dapat membantu Anda tetap terhidrasi saat sakit, termasuk air dan bahkan jus.

Minum yang banyak membantu mengencerkan lendir di saluran hidung Anda, mendorong cairan keluar dari hidung Anda dan mengurangi tekanan pada sinus Anda. Lebih sedikit tekanan berarti lebih sedikit peradangan dan iritasi.

5. Minum obat antihistamin atau obat alergi

Hidung tersumbat yang Anda rasakan mungkin juga datang karena adanya alergi. Kedua jenis obat ini dapat mengurangi pembengkakan pada saluran hidung Anda serta membantu menghilangkan sumbatan yang ada di hidung Anda.

Obat-obatan  yang mengandung antihistamin dan dekongestan juga dapat meredakan tekanan sinus dan pembengkakan yang disebabkan oleh reaksi alergi.

6. Taruh pelembab udara (humidifer) di kamar

Pelembap udara atau humidifier merupakan cara cepat dan mudah untuk mengurangi dan meredakan hidung tersumbat. Alat ini dapat mengubah air menjadi uap air yang secara perlahan melembapkan udara di sekitar Anda, serta meningkatkan kelembapan di sebuah ruangan.

Menghirup udara yang lembap ini dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan membengkak pembuluh darah di hidung. Udara yang lembap juga dapat  mengurangi produksi lendir di hidung Anda.

Cara ini dapat membantu mengosongkan cairan di hidung Anda dan mengembalikan pernapasan Anda menjadi normal. Taruh humidifier di kamar Anda untuk meredakan peradangan yang menyebabkan hidung Anda tersumbat.

Baca Juga5 Kebiasaan Sehat Harian Supaya Tubuh Selalu Fit

 

Sumber :
Centers for Disease Control and Prevention. (2018). The Flu: What To Do If You Get Sick. www.cdc.gov
CNN Indonesia. (2018). 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat. www.cnnindonesia.com
WebMD. 9 Tips to Ease Flu Symptoms. www.webmd.com
HealthLine. 11 Cold and Flu Home Remedies. www.healthline.com