6 Cara Ampuh Menghilangkan Kulit Belang

6 Cara Ampuh Menghilangkan Kulit Belang

Image: healthybeautyme.com

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Kulit belang terjadi akibat terlalu lama terpapar di bawah sinar matahari. Kulit belang menjadi masalah bagi sebagian orang saat lupa memakai sunscreen atau sunblock. Umumnya warna kulit yang belang terjadi pada bagian lengan, wajah, leher, dan kaki Anda. Kulit belang bisa bertahan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Kebanyakan orang hanya berfokus pada bagian wajah saja, tetapi Anda juga harus segera mengatasi kulit belang di bagian tubuh lainnya. Untuk menghilangkan kulit belang tersebut mungkin Anda akan langsung terpikir untuk membeli krim yang tersedia di toko obat. Namun, produk tersebut bisa menciptakan komplikasi dan masalah pada kulit. Sebaiknya Anda pilih cara alami yang bisa mudah Anda dapatkan di rumah. Apa saja itu? Simak beberapa cara jitu hilangkan kulit belang di bawah ini:

Baca Juga : Alasan Pentingnya Penggunaan Masker Wajah

1. Eksfoliasi dan Scrub

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengelupas lapisan atas kulit untuk membuat warnanya memudar. Namun, jika Anda mengalami sunburn, sebaiknya tunggu beberapa hari untuk mengeksfoliasi tubuh Anda. Eksfoliasi tubuh Anda dengan scrub buatan sendiri untuk meringankan warna kulit dengan menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan.

Anda bisa membuat lulur oatmeal yang dicampur dengan gula dan susu. Oleskan pasta tersebut selama 30 menit sampai mengering. Ketika sudah kering gosok perlahan ke tubuh yang belang. Lakukan proses ini selama 3-4 kali seminggu dan simpan sisanya dalam lemari es.

2. Perasan Air Lemon, Garam, dan Madu

Buah lemon dipercaya sebagai pencerah alami kulit sejak dahulu kala. Anda bisa menggunakan buah ini untuk mencerahkan kulit yang belang. Untuk membuatnya campur perasan jus lemon dengan satu sendok teh garam dan satu sendok makan madu. Oleskan campuran ini pada area yang terkena belang dan diamkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Ini adalah solusi yang bagus, mudah dibuat serta efektif untuk membantu menghilangkan belang hanya dalam beberapa hari. Sebaiknya gunakan pelembap atau lotion setelahnya. Lakukan perawatan ini setidaknya setiap dua hari sekali. Jangan menggunakan campuran ini pada wajah kecuali Anda benar-benar yakin bahwa kulit wajah dapat menerimanya. Gunakan perawatan ini pada malam hari di rumah.

3. Pasta Gel Lidah Buaya dan Mentimun

Kulit belang bisa disebabkan oleh penyakit kulit yang sering meninggalkan bekas hitam atau kemerahan. Anda bisa menggunakan dua bahan alami yaitu gel lidah buaya dan mentimun. Gunakan gel lidah buaya yang berkualitas dan mengandung enzim yang bagus untuk kesehatan kulit secara keseluruhan.

Sedangkan mentimun mengandung polifenol, vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2. Mentimun sangat efektif untuk mencerahkan kulit dan secara aktif mengangkat sel kulit mati. Cara membuatnya pun mudah, kupas mentimun kemudian tambahkan dua sendok makan gel lidah buaya dan haluskan keduanya.

Oleskan pasta ini pada area yang terkena belang selama 30-60 menit dan bilas setelahnya dengan air hangat. Pasta ini akan membuat kulit Anda terasa sangat halus sehingga Anda akan terus menggunakan ini sebagai masker pelembap. Campuran ini juga memiliki sifat anti penuaan yang sempurna untuk leher, dada, dan wajah.

4. Krim Susu, Kunyit, dan Tomat

Krim susu, kunyit, dan tomat sangat bermanfaat untuk perawatan kulit yang belang. Krim susu memberi nutrisi, melembapkan dan mencerahkan kulit. Sementara itu, kunyit dapat membantu melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari ketika dibuat menjadi krim. Kunyit juga dapat meningkatkan hidrasi kulit dan bersifat sebagai minyak pelindung alami. Serta tomat mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi yang dapat mencerahkan kulit. Sama seperti lemon, tomat dapat digunakan sebagai alternatif untuk warna kulit yang rata.

Buatlah campuran ketiga bahan tersebut. Caranya siapkan jus tomat dengan satu sendok teh kunyit dan satu sendok makan krim susu dan tepung untuk membuatnya mengental. Oleskan pada area yang belang dengan gerakan menggosok pada kulit Anda. Diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga pasta mengering. Anda dapat mengulangi proses ini setiap 3 hari dan Anda dapat menyimpan campuran ini hingga 5 hari di lemari es. Campuran ini sangat cocok untuk area yang luas seperti kaki, punggung, dan dada.

5. Minyak Alami

Pada dasarnya semua jenis minyak alami seperti kelapa, zaitun, dan almond sangat sehat untuk kulit sekaligus menjadi obat penghilang belang yang cukup manjur. Anda bisa menggunakan minyak kelapa dengan campuran beberapa minyak alami lainnya dalam satu larutan. Oleskan pada area kulit yang belang dan biarkan semalaman. Saat pagi hari cukup dibilas saja.

Ulangi proses ini beberapa kali sampai garis-garis belang Anda hilang. Minyak alami memberikan nutrisi kulit yang sangat baik. Selain itu, dapat digunakan sebagai tindakan pencegahan karena membentuk lapisan di atas kulit.

6. Pakai Makeup yang Baik

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa menggunakan makeup yang baik saat bepergian. Pastikan Anda menggunakan base yang tepat yang akan membantu Anda mencocokkan warna kulit Anda dengan lebih mudah. Lalu gunakan riasan yang berkualitas dan kuas yang bagus. Dengan begitu, Anda dapat membuat kulit belang tertutupi dengan cepat.

Beberapa cara di atas akan memiliki efek yang berbeda pada setiap orang. Selain itu, tergantung pada seberapa banyak kulit belang Anda. Jika kulit belang Anda sedikit maka akan memudar dalam dua minggu saja. Namun, jika kulit belang Anda banyak, kemungkinan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk menghilangkannya. Cobalah beberapa campuran di atas dan pilih yang paling cocok dengan kulit Anda.

Baca Juga : Ingin Suntik Putih? Ketahui Manfaat dan Bahayanya!

Sumber:
StyleCaster. (2018). How to Get Rid of Tan Lines with Items Found in Your Kitchen. Stylecaster.com
Pure Wow. (2018). 5 Easy Ways to Get Rid of Weird Tan Lines, Fast. Purewow.com
White Dust. (2019). 15 Natural Remedies to Get Rid of Tan Lines (Which work fast).whitedust.net
ARTESIAN TAN. (2018). 7 Simple Tricks to Even Out Tan Lines. Artesiantan.com
GROWFIT. How to Get Rid of Striped Skin Quickly. Growfit.online
Living Gorgeus. How to Get Rid of Tan Lines Naturally. Livinggorgeus.com