6 Cara Aman agar Menstruasi Datang Lebih Cepat

6 Cara Aman agar Menstruasi Datang Lebih Cepat

Penulis: Dea | Editor: Umi

Normalnya, siklus menstruasi rata-rata berlangsung setiap 28 hari, meskipun tidak semua wanita sama. Bahkan terkadang siklus menstruasi bisa tertunda atau datang lebih awal. Saat menstruasi, para wanita umumnya mengalami PMS atau Premenstrual Syndrome, di mana gejalanya dapat memengaruhi secara fisik dan emosional.

Karena itu, beberapa wanita mungkin ingin menstruasi datang lebih cepat sehingga tidak muncul saat acara penting. Meski tidak ada cara yang dijamin membuat periode menstruasi Anda tiba dalam satu atau dua hari. Namun, beberapa cara berikut ini dapat membantu Anda mempercepat menstruasi datang sekitar waktu periode.

1. Penggunaan Kontrasepsi Hormonal

Menggunakan kontrasepsi hormonal (seperti pil KB) merupakan cara efektif untuk mengontrol siklus menstruasi. Ini karena pil KB mengandung estrogen dan progestin yang dapat mengontrol kadar hormon dalam tubuh.

Jika Anda mengonsumsi pil plasebo selama 7 hari setelah menghentikan penggunaan pil hormonal, maka menstruasi akan terjadi. Namun, mengonsumsi pil plasebo lebih awal dari yang direncanakan dapat menimbulkan efek samping. Jadi konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan apakah cara ini tepat untuk Anda.

Baca Juga : Efek Samping Penggunaan Pil KB, Wanita Wajib Tahu!

2. Hindari Olahraga secara Berlebihan

Terlalu banyak olahraga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, tertunda, atau berhenti sama sekali. Ini karena selama berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat menghilangkan stres dan menurunkan kadar estrogen.

Kadar estrogen yang rendah inilah yang dapat menyebabkan kekeringan pada vagina, rasa panas, dan infeksi saluran kemih yang sering terjadi.

3. Kelola Stres

Stres juga menjadi salah satu penyebab periode menstruasi tertunda atau terlambat. Penelitian dalam Journal of Clinical and Diagnostic menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat menghambat menstruasi menjadi terlambat atau berhenti.

Pasalnya, stres dapat menyebabkan terhambatnya produksi hormon estrogen dan progesteron yang sangat dibutuhkan untuk mempertahankan menstruasi yang teratur. Karena itu, penting untuk mengelola stres yang Anda alami dan melakukan relaksasi.

4. Kompres Hangat atau Mandi Air Hangat

Meski tidak ada penjelasan ilmiah untuk efektivitas mandi air panas dan kompres hangat dalam mempercepat periode menstruasi, tetapi banyak wanita menganggap cara ini sebagai sesuatu yang efektif karena bisa mengurangi stres.

Inilah mengapa cara ini mungkin berguna karena air hangat membuat tubuh Anda rileks, sehingga meredakan stres fisik dan emosional secara bersamaan. Karena itu, luangkan waktu untuk mandi air hangat ketika Anda ingin haid datang lebih cepat.

5. Pertahankan Berat Badan Ideal

Perubahan berat badan Anda dapat memengaruhi siklus menstruasi. Berat badan yang terlalu rendah bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur atau bahkan menstruasi menjadi berhenti total. Sedangkan berat badan yang berlebih atau mengalami perubahan berat badan secara tiba-tiba juga bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.

Karena itu, penting untuk menjaga berat badan ideal agar siklus menstruasi Anda teratur. Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman bersoda dan kafein karena dapat mengganggu siklus bulanan Anda, sehingga mengakibatkan menstruasi tertunda.

Baca Juga : 10 Penyebab Menstruasi Terlambat

6. Berhubungan Seksual

Aktivitas seksual juga bisa memicu datangnya menstruasi lebih awal. Hubungan seksual membantu kontraksi rahim dan merelaksasikan vagina secara bersamaan. Selain itu hormon yang dilepaskan oleh tubuh wanita selama hubungan intim membantu memicu menstruasi.

Kapan Harus ke Dokter?

Anda harus mengunjungi dokter jika melewatkan menstruasi terus-menerus atau apabila siklus menstruasi Anda sangat tidak teratur. Beritahu dokter tentang perubahan menstruasi yang signifikan.

Siapa pun yang menggunakan pil KB harus segera menghubungi dokter atau mencari perawatan darurat jika mengalami gejala, seperti sakit perut yang parah, sakit kepala parah, dada terasa sakit atau sesak napas, serta rasa sakit, kemerahan, atau bengkak di betis.

Selain itu, bagi Anda yang menggunakan kontrasepsi hormonal untuk mempercepat menstruasi harus berbicara dengan dokter terlebih dahulu tentang bagaimana prosedur dan dosis penggunaannya. Ini karena instruksi dapat bervariasi pada setiap jenis kontrasepsi hormonal dan dapat menyebabkan efek samping, yang mungkin tidak tepat untuk semua orang.

Baca Juga : Tunda Kehamilan dengan Alat Kontrasepsi Aman dan Tepat

Sumber


Bustle. 2019. How Do I Make My Period Come?. www.bustle.com
Healthline. 2019. 12 Natural Ways to Induce a Period. www.healthline.com
Journal of Clinical and Diagnostic Research. 2015. To Evaluate the Effect of Perceived Stress on Menstrual Function. jcdr.net
Medical News Today. 2019. How Can You Make Your Period Come Faster?. www.medicalnewstoday.com
Medline Plus. 2017. Menstruation. www.medlineplus.gov



Add Your Comment