6 Cara Alami Mengatasi Bisul pada Anak

Image: sspx.org

Penulis: Dhiya | Editor: Niahappy

Anak-anak biasanya paling rentan terkena salah satu penyakit kulit ringan seperti bisul. Mungkin anak Anda pernah atau sedang mengalaminya. Bisul berupa benjolan merah berukuran kecil tersebut memang bukan masalah yang serius. Namun, bisul dapat tumbuh lebih besar dan terasa menyakitkan. Bisul muncul karena bakteri yang menginfeksi kulit dan tumbuh di sekitar kulit.

Umumnya, bisul muncul di area wajah, leher, bahu, ketiak, bahkan bokong anak. Jika sudah terasa menyakitkan, tentunya hal tersebut akan mengganggu aktivitas anak Anda. Namun, jangan terburu-buru pergi ke dokter, supaya tidak cepat membesar dan bernanah, Anda bisa melakukan perawatan bisul pada anak di rumah. Simak ulasan selengkapnya berikut ini:

Baca Juga : Penyebab Biduran dan Cara Mengatasinya

1. Kompres dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memecahkan bisul secara perlahan adalah mengompresnya dengan air hangat. Sebelum melakukannya, pastikan tangan Anda sudah dicuci bersih. Lalu gunakan handuk kecil atau sejenis sapu tangan dan celupkan ke air hangat. Suhu hangat dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan dipercaya dapat membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi untuk melawan infeksi.

Berikan kompres hangat ke bisul anak selama 20 menit. Lakukan tiga hingga empat kali sehari. Selain itu, kompres air hangat juga dapat mengurangi rasa sakit dan membantu menarik nanah ke permukaan kulit sehingga bisul anak Anda akan pecah secara perlahan-lahan. Biasanya dalam 10 hari akan terlihat hasilnya. Setelah melakukannya, cuci kembali tangan Anda dengan sabun hingga bersih.

2. Jangan Menekan Bisul

Bisul yang terlihat menonjol mungkin akan membuat Anda tidak tahan untuk segera memecahkannya. Namun, sebaiknya hindari niat tersebut. Karena jika bisul anak Anda dipecahkan dengan cara menekannya akan menyebabkan infeksi yang jauh lebih serius dan tentunya akan terasa menyakitkan. Hindari juga memecahkan bisul dengan jarum atau benda apa pun, jangan buat infeksi di kulit anak Anda semakin parah.

3. Selalu Jaga Kebersihan

Bisul dapat menyebar dengan sangat mudah. Jika bisul anak Anda pecah sendiri, segera bersihkan nanah atau darah yang keluar dengan bola kapas bersih yang telah direndam dalam larutan antiseptik. Bersihkan dan keringkan area tersebut dengan baik lalu tutupi dengan plester. Hal tersebut dilakukan supaya menghentikan penyebarannya dan menghindari anak Anda untuk menggaruknya.

Atau Anda juga bisa mengelap area tersebut dengan air hangat yang sudah dicelupkan dengan larutan antiseptik. Perban atau kain kasa bisa Anda gunakan untuk menutupinya jika bisul tersebut berada di area yang terbuka atau mudah teriritasi. Sebaiknya jangan tutupi bisul jika berada di area yang tidak terbuka dan tidak teriritasi oleh gerakan.

4. Bubuk Kunyit

Mungkin Anda belum mengetahui jika kunyit dapat digunakan sebagai perawatan bisul pada anak. Kunyit memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Kunyit dipercaya dapat membantu menyembuhkan bisul dan menghilangkan dengan cepat. Salah satu bumbu dapur yang satu ini telah digunakan sebagai pembersih darah alami selama ribuan tahun.

Untuk mengobat bisul, terdapat dua cara mengolah kunyit. Pertama, Anda bisa menggunakan kunyit sebagai bubuk. Campur setengah sendok teh dengan 1 hingga 2 sendok makan minyak jarak dan campur sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan langsung pada bisul dan tutupi dengan perban kasa. Ganti perban tersebut setiap 12 jam sekali. Kedua, Anda bisa membuat minuman bubuk kunyit dengan cara rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau dengan susu. Minum tiga kali sehari ketika sudah dingin.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat sehingga dipercaya dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul. Namun, tea tree oil tidak boleh langsung dioleskan ke kulit karena dapat menimbulkan efek terbakar. Sebaiknya campurkan lima tetes tea tree oil dengan satu sendok teh minyak zaitun. Masukkan tea tree oil yang sudah diencerkan ke kapas kemudian oleskan ke bisul tersebut. Lakukan perawatan ini setiap hari sampai bisul benar-benar menghilang.

Baca Juga : Mengenal Tea Tree, Bahan Alami untuk Kulit Lebih Cantik

6. Gunakan Obat Jika Dibutuhkan

Untuk membantu mengatasi rasa sakit, Anda bisa memberikan parasetamol pada anak. Ikuti petunjuk dosis pada botol dan hindari memberi dosis yang berlebih. Jika bisul anak Anda belum sembuh dalam 2 minggu, sebaiknya segera pergi ke dokter. Dokter akan memeriksa bisul pada anak Anda dan mengambil sampel nanah untuk digunakan dalam tes laboratorium.

Jika ada kekhawatiran tentang infeksi yang lebih serius, tes darah tambahan akan dilakukan. Dokter akan meresepkan antibiotik jika infeksinya parah. Jika bisul dikeringkan, dapat dilakukan penentuan jenis bakteri yang menyebabkan infeksi dan untuk menilai apakah antibiotik yang sesuai diberikan.

Perawatan di rumah bisa sangat efektif untuk bisul kecil pada anak. Pastikan lakukan perawatan sesuai kebutuhan supaya mendapatkan hasil yang baik. Jika bisul anak Anda tidak kunjung sembuh hingga lebih dari tujuh hari atau sudah mulai menunjukkan tanda-tanda infeksi, segera buat janji dengan dokter sehingga dokter akan segera menangani dengan serius atau meresepkan antibiotik pada anak.

Baca Juga : Tabir Surya untuk Bayi dan Anak-Anak

Sumber:
wikiHow. (2019). How to Cure Boils Naturally. www.wikihow.com
KidsHealth. (2017). Boils in Detail. www.kidshealth.org.nz
Healthline. Home Remedies for Boils. www.healthline.com
WebMD. (2017). Boils. www.webmd.com
Medical News Today. (2017). Home Remedies for Boils. www.medicalnewstoday.com