5 Penyebab Kulit Berminyak yang Perlu Diwaspadai

Image: skindelhi.me

Wajah berminyak tidak muncul begitu saja, faktanya setiap wajah pasti memproduksi minyak. Hanya saja ada sebab tertentu yang mengakibatkan wajah anda produksi minyak berlebih.

Walaupun sudah banyak tips untuk menghindari wajah berminyak, penyebabnya perlu diketahui agar tepat dalam hal penanganan. Setelah tahu alasannya, pasti lebih mudah menanganinya.

1. Genetik

Ini adalah sebab yang tidak bisa dipungkiri. Saat salah satu orang tua punya wajah yang berminyak, kemungkinan wajah anda berminyak pun lebih besar.

Tapi tidak pasti seratus persen gen ini diwariskan. Dalam tiga bersaudara misalnya, bisa jadi salah satu anak punya kulit wajah yang kering

2. Kondisi Cuaca

Tempat tinggal bisa jadi penyebab kulit anda berminyak. Tidak heran saat ke tempat yang dingin, kulit cenderung kering dan ringan. Sedangkan produksi minyak akan lebih banyak saat cuaca panas untuk cegah kulit dehidrasi.

Agar kulit tidak memproduksi banyak sebum/minyak saat cuaca panas, rajin lah membersihkan muka atau gunakan pelembab.

3. Pori-Pori Membesar

Hampir sebagian besar orang dengan wajah berminyak punya pori-pori yang besar. Soalnya, kulit akan produksi lebih banyak minyak untuk menutupi pori-pori tersebut.

Pembesaran pori-pori bisa karena usia, berat badan bertambah, cuaca, maupun bekas jerawat. Penanganan yang tepat adalah rajin membersihkan muka terutama bagian yang berpori besar.

4. Terlalu Sering Merawat Wajah

Merawat wajah memang penting, namun terlalu sering mencuci muka bisa buat muka sangat kering. Kondisi kulit yang kering picu kelenjar untuk lebih banyak memproduksi sebum. Akhirnya, wajah malah lebih berminyak dan resiko berjerawat lebih besar

Sebaiknya cuci wajah dan hanya 2 kali sehari. Gunakan handuk yang lembut agar tidak melukai kulit anda. Selain itu, tetap menggunakan pelembap agar kulit tidak terlalu kering. Untuk kulit berminyak, pilih pelembap water based.

5. Perubahan Hormon dan Stres

Saat hormon androgen meningkat, kelenjar minyak(sebaceous) pada kulit langsung memproduksi banyak sebum.

Contohnya sangat pada saat pubertas, hormon androgen sedang dalam kondisi sangat tinggi. Sehingga kelenjar minyak pun jadi “matang” dan mulai memproduksi minyak. Tidak heran saat remaja kulit pasti terlihat berminyak

Stres juga bisa sebabkan kulit berminyak dan berjerawat. Sebab stres meningkatkan resiko resistensi insulin.  Beberapa penelitian sebutkan bahwa resistensi insulin memperparah dan picu tumbuhnya jerawat

Sekarang setelah tahu penyebabnya, anda bisa pertimbangkan keputusan yang tepat untuk mengatasi wajah berminyak. Konsultasi dengan dokter kulit adalah langkah pertama yang mesti anda lakukan. Semoga berhasil!

 

Sumber:

7 Causes Oily Skin. 2017. www.healthline.com

What Causes Oily Hair & Skin? 2017. www.livestrong.com

Why is My Skin so Oily?What Causes Oily Skin? 2018. www.bioclarity.com