5 Penyebab Tenggorokan Panas dan Cara Menyembuhkannya

Penulis: Dita | Editor: Atsa

Tenggorokan memang tidak lepas dari beragam masalah, seperti tenggorokan panas. Rasa panas yang muncul di tenggorokan biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Penyebab umumnya antara lain infeksi, flu hingga radang. Saat rasa panas menyerang tenggorokan, biasanya ada gejala lain yang menyertai. Dari gejala-gejala inilah dokter akan memutuskan apakah Anda memerlukan perawatan lebih lanjut atau tidak. Berikut beberapa penyebabnya:

1. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

GERD atau yang lebih dikenal dengan istilah umum asam lambung adalah salah satu penyebab sensasi terbakar di tenggorokan. Ini disebabkan karena cairan asam dalam lambung naik ke esofagus (jalur yang menghubungkan antara tenggorokan dengan perut). Tapi kadang naiknya asam ini bisa sampai ke tenggorokan hingga pita suara. Akibatnya, Anda akan merasakan sensasi terbakar yang tidak nyaman.

Jika yang menyebabkan sensasi panas di tenggorokan Anda adalah asam lambung, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Selain pengobatan, Anda mungkin akan diminta untuk mengubah pola makan.

Baca Juga: Daftar Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Maag

2. Esofagitis

Esofagitis atau radang pada esofagus merupakan salah satu penyebab lain munculnya rasa panas di tenggorokan. Radang esofagus biasanya disebabkan oleh GERD. Saat asam lambung naik ke tenggorokan, sifat asamnya bisa membuat iritasi hingga radang. Sensasi terbakar yang muncul bisa menyebabkan Anda kesulitan menelan atau rasa nyeri saat menelan.

Selain GERD, esofagitis juga bisa disebabkan oleh infeksi, terapi radiasi ke daerah leher hingga konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa memicu munculnya radang esofagus. Radang esofagus yang muncul karena alergi makanan dikenal dengan nama esofagitis eosinofilik.

3. Post-nasal Drip

Hidung kita dilapisi oleh cairan alami. Ada kalanya lendir atau cairan ini jumlahnya menumpuk sangat banyak sehingga terasa menetes di area tenggorokan. Ini dikenal dengan istilah post-nasal drip. Flu, infeksi pernapasan, alergi dan cuaca dingin bisa menyebabkan gejala ini.

Ketika tetesan secara konstan muncul di area belakang tenggorokan, bisa muncul iritasi. Tetesannya akan membuat amandel Anda membengkak dan terasa sakit. Akibatnya, Anda akan merasakan sensasi panas dan tidak nyaman di area tenggorokan.

4. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan merupakan infeksi yang umumnya disebabkan oleh bakteri streptokokus kelompok A. Penyebarannya bisa melalui udara ketika seseorang yang sakit bersin dan menyebarkan bakterinya. Salah satu gejala yang sering muncul adalah rasa sakit di tenggorokan yang kadang membuat Anda merasa sakit saat menelan.

Baca Juga: 8 Cara Alami Redakan Radang Tenggorokan

5. Mononukleosis

Mononukleosis atau yang lebih populer dengan istilah mono adalah penyakit yang sangat menular dan disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Virus ini bisa menyebar melalui cairan tubuh seperti air liur. Gejalanya biasanya muncul dalam empat hingga enam minggu setelah Anda terinfeksi. Sakit tenggorokan parah merupakan salah satu gejalanya.

Cara Menyembuhkan Tenggorokan Panas

Penyembuhan panas tenggorokan sebenarnya lebih maksimal jika dilakukan sesuai dengan gejala yang menyertainya. Hal terpenting adalah dengan mengetahui penyebab utama rasa sakit yang muncul. Dengan begitu penanganan bisa dilakukan dengan lebih spesifik.

Namun untuk rasa sakit dan panas, ada beberapa cara mudah untuk membantu meredakannya antara lain:

1. Berkumur dengan Air Garam

Beberapa studi menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam sebanyak beberapa kali dalamm sehari bisa membantu mengencerkan lendir dan mengusir bakteri penyebab radang tenggorokan. Ini akan membantu mengurangi iritasi dan membantu meringankan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

2. Mengisap Permen Pereda Tenggorokan

Di pasaran ada banyak sekali merek permen yang bisa membantu Anda mengatasi radang. Kandungan mentol, peppermint dan ekstrak ekaliptus akan memberikan sensasi sejuk. Selain itu, ketiga bahan tersebut juga mengandung anti peradangan yang bisa membantu proses penyembuhan.

3. Minum Air Hangat

Campuran teh panas dengan madu atau lemon bisa membantu menenangkan tenggorokan yang sakit. Teh herbal seperti teh jahe, teh hijau, teh kunyit hingga teh kamomil juga bisa Anda seduh untuk meredakan sakit dan rasa tidak nyaman di tenggorokan.

4. Gunakan Humidifier

Humidifier atau alat penambah kelembapan udara bisa Anda nyalakan di dalam ruangan atau kamar. Ini akan sangat membantu Anda mencegah rasa kering di tenggorokan. Jangan lupa barengi dengan konsumsi cairan secukupnya.

Rasa panas di tenggorokan memang sangat tidak nyaman. Jika Anda kerap mengalaminya, pastikan Anda mengetahui penyebab pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat dari dokter.

Baca Juga: Cara Alami Hilangkan Batuk Berdahak

 

Sumber:
Kompas (2017). Cara Mudah Menyembuhkan Radang Tenggorokan. www.lifestyle.kompas.com
Ciputra Hospital (2018). Sakit Tenggorokan/Radang? Penyebab dan Cara Mengobati. www.ciputrahospital.com
Very Well (2019). 5 Reasons Why your Throat May Be Burning. www.verywell.com
Healthline (2018). What Causes a Burning Throat and How Is It Treated? www.healthline.com