5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Hipertensi

Image: dailynews.com

Tekanan darah merupakan seberapa besar tekanan agar darah bisa melaju melalui pembuluh darah. Saat darah butuh tekanan yang besar untuk melaju, itu merupakan kondisi hipertensi (tekanan darah tinggi).

Kadang penderita baru menyadari mengidap tekanan darah tinggi saat sudah muncul gejala. Beberapa orang terkena tekanan darah tinggi karena murni faktor usia. Namun sebagian besar penderita punya pola makan dan hidup yang tidak sehat.

Oleh karena itu, ubah gaya hidup lebih sehat dan hindari makanan yang bisa picu lonjakan tekanan darah

Makanan sendiri mengandung zat gizi yang dapat pengaruhi tekanan darah, baik menurunkan maupun meningkatkan. Terlalu banyak makan atau terlalu kurus pun punya dampak terhadap tekanan darah.

Baca Juga: Berapa Angka Tekanan Darah Normal Orang Dewasa?

Berikut Makanan yang sebaiknya dibatasi penderita hipertensi:

1. Gula dan Garam

Salah satu zat penyusun garam adalah natrium. Natrium merupakan zat yang sebabkan tekanan darah meningkat. Tidak hanya dalam garam, natrium juga ada dalam berbagai bahan pangan, contohnya MSG, tomat, terasi dan tauco.

Kementerian Kesehatan membatasi konsumsi garam maksimal 4 gram sehari atau setara 1 sendok teh. Bukan tanpa sebab, pasalnya data survei konsumsi pangan tunjukan hasil bahwa asupan natrium >2000mg/ hari.

Batasi dan sebisa mungkin hindari makanan bergaram. Misalnya keju, makanan kalengan, makanan yang diawetkan, margarin dan mentega bergaram. Termasuk makanan tinggi MSG seperti mie instan.

Sementara gula pengaruhi tekanan darah dari segi berat badan. Sering mengonsumsi makanan tinggi gula tingkatkan resiko alami obesitas. Sedangkan orang yang obesitas cenderung punya hipertensi.

Maka dari itu, Kementerian Kesehatan juga membatasi konsumsi gula maksimal 4 sendok makan sehari.

2. Minuman Bersoda & Makanan dengan Baking Powder

Batasi minuman bersoda dan segala minuman manis lainnya. Sebab penelitian dalam jurnal Circulation menyebutkan bahwa turunkan 50% asupan minuman bersoda dari biasanya, dapat turunkan pula tekanan darah 1-2 poin.

Hal yang berbahaya dari minuman bersoda adalah kandungan gula dan garamnya yang cukup tinggi. Berdasarkan American Heart Association, 1 sendok teh baking soda mengandung 1000 mg natrium. Sedangkan kandungan gulanya mencapai 10 sendok makan gula per sajian.

3. Makanan yang Digoreng, Berlemak & Jeroan

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa orang yang obesitas cenderung punya hipertensi. Sedangkan mengonsumsi makanan berlemak terlalu sering merupakan langkah awal menuju obesitas.

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh yang bisa membentuk plak di pembuluh darah seperti jeroan dan gorengan. Pembuluh darah akan menyempit karena tumpukan plak, sehingga tekanan darah akan meningkat.

Pilih daging bebas lemak, susu rendah lemak, ikan, ayam tanpa kulit, dan kacang-kacangan sebagai sumber protein dan lemak baik.

​​4. Makanan Ringan

Hampir rata-rata makanan ringan mengandung lemak, natrium dan kalori yang tinggi, dimana hal ini bisa menuntun ke obesitas.

Sebagai contoh, satu porsi keripik kentang mengandung hampir 154 kalori, 10 gram lemak dan 120-180 mg natrium. Tentu saja angka tersebut tidak terlalu besar. Namun terkadang karena ketagihan, orang-orang bisa menghabiskan 3-5 porsi sekaligus. Sehingga asupan kalori, natrium, dan lemak pun otomatis meningkat

Baca Juga: 7 Tips Mudah Cegah Penyakit Jantung

5. Saus Tomat dan Kecap

Dalam proses pembuatan saus tomat biasanya ditambahkan garam, hal ini yang perlu digaris bawahi. Sebab, garam adalah masalah yang pelik bagi penderita diabetes. Tidak hanya saus tomat, berlaku juga untuk pasta tomat dan jus tomat kemasan.

Setengah cangkir saus marinara (yang terbuat dari tomat) mengandung 400 mg natrium. Sementara jus tomat kemasan mengandung 600 mg natrium. Jumlah ini lebih dari 25% dari kebutuhan harian.

Nah, daripada konsumsi produk kemasan tomat olahan, lebih baik pilih tomat segar. Banyak manfaat dan tanpa garam!

Sama halnya dengan kecap yang dalam 1 sendoknya (10 gram) mengandung 540 mg natrium. Maka dari itu, salah paham jika boleh makan kecap karena rasanya manis bukan asin.

Sekarang, anda sudah bisa memilih makanan dengan lebih baik bukan?  Semangat untuk memulai dan harus disiplin, ya!

 

Sumber:
Hypertension and Nutrition. 2014. https://my.clevelandclinic.org/
Baking Soda & Blood Pressure. 2017. https://www.livestrong.com/
How is Soy Sauce Made and It Bad for You? 2017. https://www.healthline.com/nutrition/
What are The Negative Effects of Chips? 2018. https://healthyeating.sfgate.com/
Eating with High Blood Pressure: Food and Drinks to Avoid. 2018. https://www.healthline.com/
15 Foods to Avoid with High Blood Pressure. 2019. https://www.edisoninst.com/