5 Olahraga Ringan untuk Penderita Skoliosis

Image: stylecraze.com

Penulis: Adhenda | Editor: Niahappy

Hidup dengan kondisi tulang belakang yang tidak normal bisa jadi menyulitkan dan menyakitkan. Dalam banyak kasus, kelainan bentuk tulang belakang atau yang biasa disebut dengan skoliosis ini disebabkan karena faktor genetik. Namun, ada pula beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu kelainan tulang belakang, seperti posisi duduk yang salah dan sering membawa beban berat.

Menurut banyak ahli bedah ortopedi, cara terbaik untuk mengobati skoliosis adalah dengan berolahraga dan tetap aktif beraktivitas. Olahraga adalah cara terbaik untuk memperkuat dan meluruskan postur tubuh. Penderita skoliosis tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang terlalu berat. Oleh karena itu, pilihlah olahraga yang tepat agar tidak memperburuk kondisi Anda. Nah, berikut ini ada 5 pilihan olahraga yang aman bagi penderita skoliosis.

Baca Juga : Peregangan Ringan Atasi Sakit Tulang Ekor karena Duduk Lama

1. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat dianjurkan bagi penderita skoliosis karena berenang baik untuk memperkuat otot-otot punggung dan juga baik untuk fungsi pernapasan.

Tekanan air dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, dan daya tubuh. Pada saat berenang, otot menjadi lebih kuat karena gerakan yang dilakukan. Namun, perlu Anda ketahui jika berenang terlalu lama kurang baik untuk kesehatan. Maka dari itu, hindari berenang dengan durasi waktu yang terlalu lama, sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

2. Bersepeda

Tidak jarang sebagian besar orang beranggapan bahwa bersepeda hanyalah olahraga kecil yang tidak dapat memberikan manfaat lebih. Jangan salah, bagi penderita skoliosis bersepeda menjadi pilihan olahraga yang tepat karena memiliki resiko yang rendah dan baik untuk kesehatan jantung tanpa memperburuk kondisi tulang belakang.

Waspadai postur tubuh saat bersepeda, jaga agar punggung lurus dan kepala sejajar dengan bahu Anda. Hindari bersepeda off road karena dapat menekan tulang belakang dan menambah rasa sakit pada bagian punggung Anda.

3. Yoga

Kebanyakan dari Anda pastinya sudah tahu apa itu yoga. Gerakan dalam yoga mampu memberikan keseimbangan antara jiwa, raga, pikiran, dan perasaan sehingga dapat menjadi terapi tersendiri bagi tubuh. Namun, ada beberapa gerakan dalam yoga yang tidak diperbolehkan bagi penderita skoliosis, tergantung dari kondisi kemiringan tulang belakang.

Banyak pakar kesehatan dan psikologi mengatakan bahwa penyakit lebih banyak bersumber dari pikiran, fisik hanyalah pemicu. Termasuk juga skoliosis.  Oleh karena itu, ketika Anda merasa tidak enak badan atau ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh Anda, maka yoga bisa menjadi olahraga yang tepat dan patut Anda coba di rumah. Meskipun terasa sakit pada beberapa percobaan awal, tetapi tubuh akan terasa lebih enak jika dilakukan secara rutin.

4. Sit-Up dan Back-Up

Sit-Up dan Back-Up dapat dijadikan pilihan olahraga yang aman bagi Anda penderita skoliosis. Keduanya mampu membuat otot menjadi lebih lentur. Gerakan sit-up dan back-up sangat sederhana dan mudah dilakukan, meskipun Anda akan merasakan nyeri ketika awal-awal mencobanya. Sebaiknya sebelum melakukan sit-up dan back-up lakukanlah pemanasan terlebih dahulu, agar nantinya dapat mengurangi rasa sakit dan otot lebih rileks.

Pilates merupakan salah satu olahraga yang memiliki gerakan unik dan sederhana. Meski terlihat sederhana, ternyata pilates memiliki manfaat untuk memperbaiki postur tubuh, terutama bagi Anda yang menderita skoliosis atau tulang belakang yang melengkung. Olahraga ini mampu meluruskan kembali tulang yang melengkung, walaupun tidak secara signifikan. Tidak hanya itu, pilates juga mampu mengurangi rasa nyeri akibat skoliosis dan menguatkan otot-otot tubuh.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua gerakan dalam pilates nyaman untuk Anda praktekkan. Maka dari itu, tanyakanlah terlebih dahulu pada instruktur pilates dan sesuaikan gerakannya dengan kondisi tubuh Anda. Karena kesalahan gerakan bisa memperburuk kondisi tubuh dan tulang Anda.

Jadi, penting banget nih bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum dan sesudah olahraga. Agar Anda bisa mengetahui kemajuan dan kesembuhan dari olahraga yang dilakukan setiap harinya.

Baca Juga : Dampak Bahaya Gadget pada Kesehatan Mata

Sumber:
Fabelio (2017). 7 Olahraga Untuk Meringankan Skoliosis. www.fabelio.com
Healthline (2018). Scoliosis Exercises You Can Do at Home. www.healthline.com
Spine-health (2019). 4 Scoliosis Exercises. www.spine-health.com
Stylecraze (2018). op 10 Scoliosis Exercises And Their Benefits. www.stylecraze.com
Treatingscoliosis (2018). Scoliosis Do’s and Don’ts. www.treatingscoliosis.com