Berbagai Manfaat Jelly Gamat dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Jelly Gamat dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Penulis: Opie | Editor: Handa

Teripang atau timun laut adalah makhluk berbentuk mirip siput yang diklasifikasikan sebagai echinodermata. Hewan yang juga sering dikenal dengan sebutan gamat ini paling umum ditemukan di Samudra Pasifik dan barat India. Teripang juga biasa dikonsumsi sebagai makanan dalam budaya Asia, serta dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional.

Secara umum, teripang memiliki nilai gizi sangat baik yang menjadikannya kandidat ideal sumber asam amino, glikosida triterpen, polisakarida, karotenoid, vitamin, mineral, kolagen, gelatin, fenolik, dan kandungan bermanfaat lainnya. Walaupun memiliki banyak manfaat, hewan ini memiliki penampilan yang kurang menarik, sehingga banyak masyarakat yang enggan mengonsumsinya dalam bentuk utuh.

Namun Anda tidak perlu khawatir, kini gamat telah banyak diolah dalam berbagai produk, salah satunya olahan produk gamat dalam bentuk jelly. Jelly yang terbuat dari ekstrak gamat ini, populer dengan sebutan jelly gamat yang lebih mudah dan praktis untuk  Anda konsumsi.

Manfaat Jelly Gamat untuk Kesehatan

Produk olahan teripang atau gamat dapat Anda konsumsi dalam bentuk jelly. Mengkonsumsi jelly gamat sendiri dianggap lebih aman untuk tubuh Anda karena bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya dan jauh dari bahan-bahan kimiawi. Sebelum mengonsumsi dan menikmati khasiatnya, berikut adalah berbagai macam manfaat jelly gamat yang perlu Anda pahami:

1. Sumber Antioksidan

Gamat adalah sumber antioksidan yang tinggi. Antioksidan sendiri merupakan zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel oleh radikal bebas, yakni molekul-molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh sebagai reaksi terhadap lingkungan yang kurang sehat.

Mengonsumsi jelly gamat yang kaya akan antioksidan secara rutin dipercaya mampu mencegah proses penuaan dini. Selain itu, jelly gamat juga dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit degeneratif yang mengancam jiwa Anda.

2. Menyembuhkan Luka

Kandungan glikosaminoglikan tersulfonasi di dalam gamat yang cukup tinggi, khususnya gamat berjenis S. hermanni, atau lebih sering disebut dengan gamat emas dipercaya ampuh mempercepat proses penyembuhan berbagai jenis luka. Sebagai salah satu bentuk pemanfaatannya, spesies teripang jenis ini dapat diolah menjadi jelly, lotion atau salep topikal yang berfungsi menyembuhkan luka.

Baca Juga : 10 Manfaat Buat Bit untuk Kesehatan

3. Sumber Kondroitin Sulfat

Teripang juga kaya akan kondroitin sulfat, yakni suplemen makanan yang sering dikonsumsi bersamaan dengan glukosamin untuk mengobati osteoarthritis atau radang sendi. Meskipun begitu, penemuan ini masih membutuhkan berbagai macam penelitian tambahan. Dalam Jurnal Farmasetis yang terbit pada tahun 2019, kombinasi kondroitin sulfat dan glukosamin sulfat dikatakan mampu memperbaiki kekuatan sendi.

4. Sebagai Terapi Pengobatan Kanker

Agen anti kanker dalam teripang dipercaya mampu memblokir atau mencegah pertumbuhan sel kanker yang mematikan. Senyawa holothurin A3 dan A4, yang ditemukan dalam teripang, terbukti sangat beracun bagi dua jenis sel kanker, yakni karsinoma epidermoid dan karsinoma hepatoseluler. Walaupun begitu, penelitian tambahan sangat diperlukan untuk mendukung pernyataan ini.

5. Mengobati Sariawan

Jelly gamat dipercaya memiliki efek antimikroba ampuh yang dapat mencegah atau mengobati infeksi umum dengan menetralkan bakteri, jamur, dan mikroorganisme penyebab penyakit lainnya. Sariawan pada mulut Anda seringkali disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida albicans yang berlebih. Jelly gamat disebut menjadi salah satu obat sariawan yang cukup ampuh untuk Anda.

Efek Samping Mengonsumsi Jelly Gamat

Berbagai macam merk dagang jelly gamat dapat Anda temukan di apotek dan juga toko obat herbal di sekitar Anda. Walaupun kaya akan manfaat, ternyata jelly gamat yang merupakan ekstrak dari gamat atau timun laut ini memiliki efek samping tertentu yang perlu Anda waspadai. Berikut adalah efek samping tersebut:

  • Timbulnya gejala alergi. Gejala alergi mungkin akan timbul pada diri Anda setelah mengonsumi jelly gamat, terutama bagi Anda yang sebelumnya memiliki riwayat alergi kerang.
  • Efek pengencer darah. Teripang dikenal memiliki efek pengencer darah (antikoagulan). Hal ini harus dihindari jika Anda mengonsumsi obat pengencer darah, seperti Coumadin atau Plavix. Mengonsumsi pengencer darah secara berlebihan dapat menyebabkan keadaan mudah memar dan mudah berdarah.

Lebih dari itu, penelitian tentang efek samping konsumsi jelly gamat dalam jangka panjang masih belum banyak dilakukan. Sehingga efek samping lanjutan belum banyak dipahami masyarakat luas. Walaupun begitu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi jelly gamat dalam keadaan mengandung dan menyusui.

Baca Juga : 10 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Sumber


Desiana, S.M. and Sirait, J.S., 2019. Efektivitas Suplementasi Glukosamin pada Tatalaksana Osteoartritis. Jurnal Farmasetis, 8(2), pp.59-66. www.journal.stikeskendal.ac.id 
Not Unhealthy.Sea Cucumber Supplements: Do They Work?.www.notunhealthy.com 
Pangestuti, R. and Arifin, Z., 2018. Medicinal and health benefit effects of functional sea cucumbers. Journal of traditional and complementary medicine, 8(3), pp.341-351. www.sciencedirect.com 
Very Well Health.2019.The Health Benefits of Sea Cucumber.www.verywellhealth.com 
Werdhasari, A., 2014. Peran antioksidan bagi kesehatan. Jurnal Biotek Medisiana Indonesia, 3(2), pp.59-68.www.ejournal.litbang.kemkes.go.id