5 Gerakan Resistance Band dan Manfaatnya

Image: virginactive.com.au

Penulis : Dhiya | Editor : Niahappy

Apakah aktivitas Anda selalu padat dan merasa tidak sempat pergi ke gym? Padahal banyak jenis olahraga yang mudah dilakukan di mana pun tanpa harus menggunakan alat-alat gym. Salah satunya adalah menggunakan resistance band. Resistance band bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang merasa tidak sempat berolahraga. Alat yang berbentuk seutas tali ini sangat ringan dan mudah dibawa bepergian.

Resistance band sangat membantu Anda untuk meregangkan otot. Dibandingkan Anda harus pergi ke tempat gym dan menggunakan berbagai macam alat, resistance band juga memiliki banyak manfaat yang sama seperti Anda menggunakan alat-alat gym. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan alat-alat gym.

Terdapat beberapa gerakan olahraga dengan resistance band yang bisa Anda lakukan di rumah maupun di kantor. Yuk simak gerakan olahraga dengan resistance band beserta manfaatnya di bawah ini.

Baca Juga: 7 Gerakan Olahraga Ringan yang Aman Dilakukan Malam Hari

1.  Rotating Lunge and Row

Image: pinterest.com

Gerakan ini bertujuan untuk bagian kaki, bokong, perut, dan punggung atas. Caranya dimulai dengan berdiri dalam posisi kaki kanan di depan dan tumit kiri terangkat. Lipat resistance band Anda menjadi dua dan pegang sejajar di depan dada, dan telapak tangan menghadap ke bawah.

Selanjutnya tekuk siku dan rentangkan tali resistance band dengan lebar saat Anda mengayunkannya sambil menurunkan tubuh. Lalu putar tubuh Anda ke kanan sambil menurunkan bahu Anda. Lalu kembali ke posisi awal. Lakukan 10 kali di sisi kanan dan 10 kali di sisi kiri.

2. Sliding Plié Squat Pull

Image: pinterest.com

Gerakan ini masih sama dengan gerakan sebelumnya yaitu dengan menggunakan tangan. Tujuan dari gerakan ini adalah paha bagian dalam, pinggul, punggung, lengan, dan bokong. Cara melakukannya pertama berdiri tegak dengan kaki bagian bawah membentuk huruf V. Pegang resistance band ke atas.

Lalu buka kedua kaki dengan lebar ke arah samping dan rentangkan resistance band selebar Anda menariknya, kemudian tarik sampai ke depan dada. Geser kaki kanan Anda kembali ke kiri saat tali mencapai di atas kepala dan kembali ke posisi awal. Lakukan 10 kali gerakan.

3. Front Curl and Press

Image: pinterest.com

Gerakan yang satu ini menggunakan kedua kaki dan kedua tangan. Tujuan dari gerakan ini adalah tubuh bagian bisep, bahu, dada, dan kaki. Cara melakukannya pegang kedua ujung tali resistance band dan injak bagian tengah tali dengan kaki kiri. Posisikan kaki kanan di depan, kencangkan ujung ujung tali dan jaga siku Anda tetap erat di posisi samping, dengan telapak tangan menghadap ke atas.

Lalu dorong lengan Anda ke depan dada, dengan posisi lengan menghadap ke atas. Tekuk sedikit siku kemudian tekuk lengan ke belakang dan ke samping kemudian turunkan. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali dengan kaki kanan ke depan dan 10 kali dengan kaki kiri ke depan.

4. Triceps Press

Image: pinterest.com

Jika gerakan-gerakan sebelumnya dilakukan dengan berdiri, gerakan yang satu ini dilakukan dengan cara duduk. Caranya posisikan tubuh Anda duduk tegak dengan lutut sedikit ditekuk dan letakkan resistance band melingkari kaki Anda.  Gunakan otot punggung Anda untuk menekuk siku ke samping sambil memegang tali dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

Kencangkan perut Anda, condongkan tubuh bagian atas ke depan dan rentangkan kedua lengan di belakang tubuh Anda. Jaga supaya tulang belakang tetap melengkung. Kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan sebanyak 20 kali pengulangan.

5. Bridge Kick Press

Image: pinterest.com

Seperti namanya, gerakan ini mengharuskan tubuh kita membentuk seperti jembatan yang telentang. Dimulai dengan berbaring menghadap ke atas dengan lutut ditekuk dan kaki ditekuk sehingga tumit Anda menyentuh lantai. Lingkarkan tali resistance band di sekitar bagian bawah kaki kanan dan pegang kedua ujungnya dengan tangan ditekuk namun telapak tangan menghadap ke atas.

Kemudian angkat pinggul Anda dari lantai dan rentangkan kaki kanan sekitar 45 derajat saat Anda menekan kedua lengan. Lalu turunkan pinggul Anda kembali ke lengan yaitu ke posisi awal. Lakukan gerakan ini 10 kali dengan kaki kanan dan 10 kali dengan kaki kiri.

Manfaat Gerakan Olahraga dengan Resistance Band

Mengencangkan Otot

Saat resistance band meregang, hal tersebut membuat ketegangan di otot Anda meningkat dan menyebabkan otot berkontraksi. Semakin Anda meregangkan talinya, semakin kuat resistensi yang didapatkan. Sehingga membuat tubuh Anda lebih kencang. Walaupun terlihat mudah, olahraga ini memerlukan energi banyak untuk melakukannya.

Ringan dan Mudah Dibawa

Tali resistance band membuat Anda bisa berolahraga kapan pun dan di mana pun. Bentuknya yang sangat ringan dapat dengan mudah Anda simpan di dalam tas maupun koper.

Cocok untuk Semua Orang

Resistance band merupakan alat latih otot seperti halnya olahraga angkat beban. Namun tidak seperti angkat beban, olahraga ini tidak mengandalkan gravitasi untuk memberikan daya tahan. Dengan alat ini, tubuh dapat bergerak dan memperluas rentang gerakan dalam latihan tertentu. Resistance band juga biasa dipakai oleh orang yang mengalami cidera untuk melakukan rehabilitasi otot. Karena tali ini tidak memberikan beban namun menjaga persendian Anda. Selain itu, semua usia dapat menggunakan alat ini untuk meningkatkan kebugaran karena dapat dilakukan dengan posisi duduk.

Melatih Seluruh Bagian Tubuh

Tali resistance band dapat digunakan untuk latihan tubuh secara lengkap yang membantu hampir semua bagian otot utama di tubuh Anda.  Selain itu alat ini juga membantu Anda memperbaiki postur tubuh supaya terlihat lebih tegap.

Dapat Beradaptasi untuk Berbagai Tingkat Kebugaran

Bagi pemula maupun ahli, resistance band sangat cocok untuk Anda. Karena tali ini tersedia dalam berbagai resistensi, mulai dari ringan, sedang dan berat yang dapat Anda pilih untuk disesuaikan dengan intensitas latihan Anda. Resistance band dapat dikencangkan dan dikendurkan, bahkan dapat menggunakan beberapa tali sekaligus untuk meningkatkan tantangan dalam latihan.

Itulah beberapa gerakan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan resistance band. Setelah mengetahui alat olahraga yang satu ini, sudah tidak ada alasan lagi bukan untuk malas berolahraga? Jadi, selamat mencoba!

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Diet DEBM

Sumber:
SHAPE. Total-Body Sculpting: The Resistance Band Workout. www.shape.com
8Fit. Resistance Band Benefits and Workout. 8fit.com
Fitness Mercola. (2018). 10 Benefits of Using Resistance Bands During Exercise. Fitness.mercola.com
Glitzmedia.co. (2017). Resistance Bands Melatih Kebugaran Tubuh dengan Ragam Manfaat Lainnya. Glitzmedia.co