5 Gangguan Menstruasi yang Perlu Anda Ketahui

5 Gangguan Menstruasi yang Perlu Anda Ketahui

Penulis: Opie | Editor: Handa

Menstruasi adalah perdarahan yang keluar dari vagina Anda, serta merupakan tanda bahwa seorang perempuan sudah siap untuk mengalami kehamilan. Hal ini umumnya terjadi ketika seorang anak perempuan berada di usia 10-15 tahun.

Walaupun begitu, keadaan setiap anak perempuan berbeda-beda, ada yang mengalami haid lebih cepat, ada pula yang mengalaminya lebih lambat. Pemahaman tentang menstruasi dan kesehatan perempuan sangat penting Anda miliki. Sayangnya, banyak fakta-fakta dasar mengenai menstruasi yang belum diketahui.

Fakta Singkat Tentang Menstruasi

Kenali diri Anda dengan memahami fakta-fakta singkat menstruasi berikut ini:

  • Rata-rata wanita mengalami menstruasi selama 7 hari.
  • Kebersihan yang buruk selama menstruasi dapat menimbulkan risiko kesehatan fisik terkait dengan infeksi saluran reproduksi dan saluran kemih.
  • Hari pertama saat Anda mengalami perdarahan di vagina dianggap sebagai hari pertama siklus menstruasi. Meskipun sebagian besar siklus menstruasi berlangsung selama 28-30 hari, siklus menstruasi yang berlangsung 21-35 hari juga dianggap normal.
  • Setiap bulannya, jumlah darah menstruasi yang keluar rata-rata tidak lebih dari satu cangkir atau 60-80 mililiter.
  • Menstruasi umumnya berlangsung selama 5 hari, walau terkadang dapat lebih singkat, ataupun lebih panjang.
  • Menstruasi Anda akan berlanjut hingga Anda mencapai menopause, yang biasanya terjadi saat Anda berusia akhir 40-an hingga pertengahan 50-an.

Pilihan Produk Kewanitaan untuk Menstruasi

Berikut adalah pilihan produk kewanitaan yang bisa Anda gunakan agar tetap beraktivitas selama menstruasi, di antaranya:

  • Pembalut. Kebanyakan anak perempuan memakai pembalut ketika mereka pertama mengalami haid. Pembalut sendiri memiliki berbagai macam ukuran yang dapat disesuaikan dengan aktivitas Anda. Menggunakan pembalut berukuran panjang membuat Anda lebih aman dan terhindar dari kebocoran ketika tidur.
  • Tampon. Tampon adalah alat penyumbat darah menstruasi sekali pakai yang terbuat dari kapas. Cara menggunakan tampon adalah dengan memasukkannya ke dalam vagina Anda. Produk kewanitaan ini sangat cocok untuk Anda yang aktif berolahraga di saat sedang menstruasi. Tampon bahkan bisa Anda pakai saat berenang.
  • Menstrual cup. Kebanyakan menstrual cup terbuat dari silikon. Untuk menggunakan alat berbentuk cangkir ini, Anda harus memasukkannya ke dalam vagina Anda untuk membuatnya menahan darah menstruasi Anda.

Baca Juga : 10 Penyebab Menstruasi Terlambat

Gangguan-gangguan Pada Menstruasi

Tidak jarang perempuan mengalami gangguan-gangguan saat menstruasi. Beberapa gangguan tersebut, meliputi:

1. Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD)

Menjelang menstruasi, tidak sedikit perempuan mengalami nyeri atau kram perut ringan, sakit kepala, dan keluhan psikologis, seperti perubahan mood, gelisah, cemas, hingga mudah emosi. Gejala-gejala yang muncul mendekati menstruasi ini disebut dengan premenstrual syndrome atau PMS.

Namun, jika gejala PMS yang Anda rasakan cukup berat bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka kondisi tersebut disebut dengan PMDD. Selain nyeri haid yang disertai dengan sakit kepala, gejala PMDD bisa berupa susah tidur, makan berlebihan, sulit konsentrasi, depresi, tidak berenergi, dan merasa lemas.

2. Amenore

Amenore adalah keadaan di saat Anda berhenti mengalami menstruasi sama sekali, biasanya telah melewatkan tiga periode berturut-turut. Keadaan ini juga terjadi jika perempuan belum mulai menstruasi pada usia 15 tahun.

3. Dismenore

Kebanyakan wanita mengalami nyeri ringan saat menstruasi. Namun, jika nyeri tersebut sangat parah sehingga mengganggu aktivitas Anda, maka keadaan ini disebut dismenore. Selain nyeri, gejala dismenore, meliputi kram di perut bagian bawah yang terus berlangsung, dan terkadang menyebar ke punggung bawah serta paha.

Dismenore terjadi karena tingginya kadar hormon prostaglandin saat hari pertama haid. Setelah beberapa hari, hormon tersebut akan berkurang kadarnya hingga dapat membuat nyeri haid ikut mereda. Selain itu, seiring bertambahnya usia, nyeri haid jenis ini biasanya juga akan mulai berkurang.

4. Menorrhagia

Menorrhagia merupakan gangguan berupa keluarnya darah menstruasi dalam jumlah yang terlampau banyak, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Wanita dengan gangguan menstruasi ini akan mengalami beberapa keluhan, seperti:

  • Darah yang keluar dari vagina terlalu banyak, sehingga Anda harus mengganti pembalut tiap jam
  • Menggunakan dua pembalut untuk menampung pendarahan
  • Mengalami gejala anemia, seperti pucat, lemas, atau sesak napas
  • Mengeluarkan gumpalan-gumpalan darah selama lebih dari hari

5. Oligomenorea

Oligomenorea merupakan kondisi ketika seorang wanita jarang sekali mengalami menstruasi, yaitu jika siklus menstruasinya lebih dari 35-90 hari atau mendapat haid kurang dari 8-9 kali dalam kurun waktu satu tahun. Gangguan menstruasi jenis ini sering dialami remaja yang baru memasuki masa pubertas dan wanita yang memasuki menopause.

Hubungi dokter ketika Anda mengalami hal-hal berikut ini:

  • Sudah berusia 15 tahun dan belum mengalami menstruasi.
  • Sudah menstruasi selama dua tahun, namun dalam kurun waktu tersebut menstruasi Anda tidak juga lancar.
  • Mengalami pendarahan diluar jadwal menstruasi Anda.
  • Mengalami kram perut yang tidak kunjung sembuh walaupun sudah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit.
  • Mengalami pendarahan yang sangat berat, yakni ketika pembalut Anda cepat penuh dengan darah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu jam.
  • Berlangsung lebih dari satu minggu
  • Mengalami PMS parah yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga : Pahami Fase- Fase Siklus Normal Menstruasi

 

Sumber

PLAN International Indonesia.2017.Panduan Manajemen Kebersihan Menstruasi Bagi Guru dan Orang Tua.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.www.plan-international.or.id 
Teen’ s Health.All About Periods.www.kidshealth.org 
TP UKS/M Kota Bandung.Kenapa Berdarah? Panduan Khusus Anak Perempuan untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.www.academia.edu 
UNICEF.2018.Fast Fact: Nine things you didn’t know about menstruation.www.unicef.org 
Very Well Health.2020.Things Every Person Should Know About Menstrual Bleeding.www.verywellhealth.com