4 Menu MPASI bayi Usia 8 Bulan Keatas

Image : www.momsmagazine.co.kr

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

MPASI adalah periode waktu ketika bayi diperkenalkan dengan makanan sebagai pendamping, bersama dengan pengurangan bertahap dari asupan susu (baik ASI atau susu formula).

Organisasi Kesehatan Dunia – World Health Organization (WHO) telah menggambarkan MPASI sebagai “periode dimana makanan atau cairan lain diberikan sebagai selingan pendamping ASI” dan menyatakan bahwa ”makanan yang mengandung nutrisi atau cairan selain ASI yang diberikan kepada anak selama periode MPASI (8 bulan – 1 tahun)”.

ASI memang mengandung banyak nutrisi penting, namun tidak cukup untuk memenuhi nutrisi bayi ketika usianya bertambah. Bayi secara bertahap kehilangan refleks ekstrusi, dan mereka mengembangkan kemampuan menelan mereka terhadap makanan padat dan mulai menunjukkan minat pada makanan orang dewasa.

Mencari menu MPASI untuk anak tentu tidak bisa sembarangan. Berikut 4 menu MPASI bayi usia 8 bulan keatas yang kaya nutrisi baik.

1. Campuran Jagung Muda, Keju dan Telur Ayam Kampung

Jagung merupakan makanan yang baik untuk meningkatkan daya ingat pada anak. Kandungan thiamin yang terdapat pada jagung manis memiliki manfaat kesehatan yang tidak main-main yaitu untuk menjaga sel-sel di dalam otak anak. Selain itu, jagung juga mengandung beta karoten yang baik untuk kesehatan mata bayi.

Selain jagung, keju juga mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi bayi usia 8 bulan keatas. Keju tinggi akan kalsium. Pada saat bayi menginjak usia 8 bulan, pertumbuhan gigi bayi tumbuh dengan cepat. Kalsium dalam keju ini dapat bermanfaat bagi pertumbuhan gigi dan tulang pada bayi.

Telur ayam kampung mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk bayi. Telur ayam kampung mempunyai kelebihan protein dan manfaat dibandingkan telur ayam yang lain. Selain sumber kalori dan protein hewani yang cukup baik, telur ayam kampung mudah diserap usus dalam jumlah yang banyak yang tentu saja sangat baik untuk pencernaan perut bayi.

2. Campuran Ikan Salmon, Kacang Polong dan Brokoli

Ikan salmon terbukti memiliki berbagai manfaat untuk semua orang, terutama untuk bayi MPASI. Selain Omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja dan fungsi otak, ikan salmon mengandung asam amino yang dapat mengurangi resiko pencernaan untuk bayi usia 8 bulan keatas.

Kacang polong termasuk salah satu makanan tinggi tiamin atau vitamin B1. Nutrisi ini sangat penting untuk meningkatkan fokus, menjaga tingkat energi, mengurangi stres, dan mempertahankan daya ingat pada Anak.

Brokoli dapat membantu melancarkan pencernaan pada bayi, menjaga kekebalan tubuh, dan meningkatkan kecerdasan pada bayi. Banyak sekali nutrisi penting yang terkandung dalam brokoli, seperti protein, kalium, fosfor, zat besi, serat dan beragam vitamin di dalamnya.

3. Campuran Yogurt dan Buah Naga

Yogurt memiliki banyak sekali kandungan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh bayi. Kebanyakan orang pasti berfikir “Bolehkan bayi diberi makan yogurt karena rasanya yang asam?”. Bayi dengan usian 8 bulan sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi yogurt dengan syarat yogurt tersebut tidak mengandung pemanis jagung (corn sweetener), sirup jagung (corn syrup), dextrose, fructose, madu, glukosa, laktosa, maltosa, sirup malt, molase, dan sukrosa. Pilihlah yogurt dengan rasa plain saja untuk bayi.

Untuk tambahan rasanya, Anda dapat menambahkan campuran buah naga. Buah naga sendiri memiliki manfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan karena kaya akan serat.

4. Campuran Buah Alpukat dan Buah Kiwi

Buah alpukat jika dikonsumsi sejak dini dapat memperkuat sistem organ dalam dari anak terutama jantung. Kandungan kolesterol baik dan anti oksidan pada buah alpukat juga akan memperkuat pembuluh jantung.

Sementara itu, buah kiwi juga memiliki manfaaat yang sangat banyak. Tekstur buah kiwi memang lembut sehingga bisa dikonsumsi oleh semua usia termasuk bayi yang sudah mendapatkan MPASI. Buah kiwi mengandung senyawa bioaktif yang membantu antioksidan untuk melindungi si kecil dari bahaya infeksi bakteri didalam tubuh. Mencampur buah alpukat dan buah kiwi sangatlah baik untuk kesehatan bayi yang sedang MPASI.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Buah Terbaik untuk MPASI Bayi

 

Sumber :
Mom Junction. (2018). Eggs For Babies: 6 Health Benefits And 11 Recipes. www.momjunction.com
Emirates Woman. Food for Kids | EW Mini’s Salmon and Broccoli Puree. www.emiratswoman.com
Mama Pedia. (2019). Resep MPASI: Buah Naga Yoghurt (8 Bulan keatas). www.mooimom.id
Kids Food Universe. Kiwi, banana & avocado purée. www.kidsfooduniverse.com