Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh

Penulis: Shania | Editor: Ratna

Anda mungkin tak asing lagi dengan makanan olahan yang menggunakan rumput laut, seperti sushi, sup rumput laut, kimbab, dan masih banyak lagi. Rasa rumput laut yang nikmat juga dapat memberi banyak manfaat pada tubuh Anda. Rumput laut merupakan istilah umum yang mengacu pada beberapa alga, tumbuhan laut pada pantai berbatu. Tidak semua rumput laut dapat Anda konsumsi. Namun, rumput laut dengan jenis seperti, wakame, dulse, kombu, kelp, selada laut, nori, arame, atau chlorella dapat Anda olah dalam sajian masakan dan dikonsumsi.

Manfaat Rumput Laut

Rumput laut adalah sumber yodium yang sangat baik bagi tubuh Anda. Yodium merupakan salah satu mineral yang memiliki peran penting dalam kesehatan tiroid. Tubuh Anda tidak dapat membuat yodium sendiri, jadi Anda perlu mendapatkannya dari sumber makanan atau suplemen. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan setelah mengonsumsi rumput laut, antara lain:

Meningkatkan fungsi tiroid

Tiroid merupakan kelenjar yang berfungsi menghasilkan hormon yang berpengaruh pada pengendalian aktivitas tubuh, seperti seberapa cepat tubuh membakar kalori atau kecepatan detak jantung. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tiroid. Yodium merupakan salah satu kandungan mineral pada rumput laut, yang memberikan dampak baik pada tiroid. Kondisi tubuh yang kekurangan yodium akan berdampak pada jumlah hormon tiroid yang menurun dalam tubuh Anda. Jika Anda tidak mendapatkan cukup yodium dalam jangka waktu tertentu, Anda mungkin mengalami penyakit gondok atau pembengkakan kelenjar tiroid. Yodium pada rumput laut juga memberikan dampak baik pada perkembangan anak dalam kandungan maupun baru lahir.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Hormon Tiroid

Meningkatkan kesehatan usus

Rumput laut memiliki kandungan prebiotik, seperti carrageenans dan agar. Kedua jenis prebiotik ini, merupakan serat yang berpengaruh pada bakteri baik dalam tubuh Anda. Polisakarida tersulfatasi (gula yang ditemukan dalam rumput laut) juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan meningkatkan asam lemak sehingga menjaga lapisan usus Anda tetap sehat.

Meningkatkan kesehatan jantung

Melalui beberapa penelitian yang telah dilakukan, kandungan serat dalam rumput laut, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat larut ini mengikat asam empedu atau garam di dalam tubuh, sehingga kolesterol baik yang dihasilkan dapat digunakan untuk memerangi kolesterol jahat di dalam tubuh Anda. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi juga membantu perawatan jantung Anda.

Membantu menurunkan berat badan

Rumput laut mengandung banyak serat, yang tidak mengandung kalori, oleh karena itu mengonsumsi rumput laut sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Serat dalam rumput laut membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan dapat menunda rasa lapar. Rumput laut juga dianggap memiliki efek anti obesitas. Secara khusus, beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa zat dalam rumput laut yang disebut fucoxanthin dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

Dapat meningkatkan kesehatan kekebalan Anda

Rumput laut mengandung senyawa antioksidan dalam vitamin A, C, E, dan senyawa tanaman sehat, seperti flavonoid dan karotenoid. Kandungan ini telah terbukti berperan sebagai antioksidan aktif untuk melindungi sel-sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, maka rumput laut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan melawan virus dan mencegahnya masuk ke tubuh Anda.

Dapat mengurangi resiko kanker

Menambahkan rumput laut ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu. Hal ini dikarenakan rumput laut dapat menurunkan kadar estrogen dalam tubuh. Kadar estrogen yang berlebih dapat menjadi pemicu kanker payudara. Oleh karena itu, baik bagi penderita kanker untuk mengonsumsi rumput laut. Namun, Anda tetap harus berkonsultasi dan melakukan perawatan rutin dengan dokter Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat Penting Seafood untuk Tumbuh Kembang Anak

Sumber

BBC Good Food. (2017). The Health Benefits of Seaweed. www.bbcgoodfood.com

Healthline. (2018). 7 Surprising Health Benefits of Eating Seaweed. www.healthline.com

Medical News Today. (2018). What Are The Benefits of Seaweed. www.medicalnewstoday.com

Webmd. Health Benefits Seaweed. www.webmd.com