10 Manfaat Olahraga Kardio dan Tips Melakukannya

10 Manfaat Olahraga Kardio dan Tips Melakukannya

Penulis: Yerizya | Editor: Handa

Sebagian besar dari Anda pasti sudah tahu bukan jika olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh? Banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, salah satunya yaitu olahraga kardio. Olahraga kardio atau olahraga aerobik merupakan kegiatan apapun yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Ada banyak sekali jenis olahraga kardio sederhana yang bisa Anda lakukan, seperti berenang, bersepeda, jalan cepat, dan berlari. Lantas, apa saja manfaat yang bisa Anda dapat dari olahraga kardio?

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Olahraga aerobik berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung karena dapat memperkuat jantung dan membantu memompa darah lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini dapat membersihkan arteri Anda dari lipoprotein rendah (LDL) atau kolesterol jahat.

Pasalnya, salah satu penyebab penyakit jantung adalah pembuluh arteri tersumbat oleh plak akibat penumpukan LDL. Jika Anda secara khusu ingin menurunkan kolesterol, lakukan secara teratur, yaitu melakukan olahraga kardio 3-4 kali selama 40 menit setiap minggu.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Jika menderita tekanan darah tinggi, maka olahraga kardio adalah cara yang bisa Anda pilih  Pasalnya, olahraga kardio dapat membantu Anda mengelola gejala tekanan darah tinggi, seperti pusing, detak jantung tak beraturan, sakit kepala, dan nyeri dada.

3. Membantu Mengatur Kadar Gula Darah

Jika Anda mengidap penyakit diabetes, olahraga secara teratur dapat membantu mengatur kadar insulin dan menurunkan gula darah. Untuk itu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, sebelum Anda memulai olahraga secara teratur.

Baca Juga : 8 Strategi Agar Tidak Mudah Lelah Berolahraga

4. Mengurangi Gejala Asma

Olahraga aerobik juga berfungsi untuk mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan asma. Sehingga jangan enggan berolahraga walaupun Anda sedang mengidap penyakit asma. Meski begitu, tetap konsultasi kondisi kesehatan Anda kepada dokter agar disarankan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan.

5. Mengurangi Rasa Sakit Kronis

Mungkin sebagian dari Anda memiliki sakit punggung kronis. Nah, olahraga kardio, seperti berenang dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit tersebut. Pasalnya, olahraga ini akan mengembalikan fungsi otot punggung Anda.

6. Membantu Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

Apakah Anda sering mengalami insomnia atau susah tidur? Jika Anda susah tidur di malam hari, cobalah untuk melakukan olahraga aerobik pagi, siang atau sore hari. Pasalnya, dilansir dari Healthline, olahraga secara teratur sangat efektif digunakan sebagai obat untuk penderita insomnia.

7. Mengatur Berat Badan

Anda mungkin pernah mendengar bahwa diet dan olahraga adalah unsur untuk menurunkan berat badan. Tetapi latihan aerobik saja dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Memiliki tubuh sehat dan berat badan ideal tentu menjadi impian setiap orang, bukan? Oleh sebab itu, jika menginginkan berat badan yang ideal, maka Anda harus melakukan olahraga secara rutin.

Baca Juga : Olahraga yang Cocok untuk Lansia

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Para peneliti di Pennsylvania State University, meneliti wanita yang aktif bergerak dan tidak bergerak serta dampak olahraga pada sistem kekebalan tubuh mereka. Satu kelompok berolahraga di atas treadmill selama 30 menit dan kelompok lain tidak berolahraga.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik teratur dan sedang meningkatkan antibodi tertentu dalam darah yang disebut imunoglobulin. Itu pada akhirnya memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kelompok wanita yang menetap tidak melihat peningkatan fungsi sistem kekebalan tubuh dan kadar kortisol mereka jauh lebih tinggi daripada kelompok aktif.

9. Meningkatkan Kekuatan Otak

Tahukah Anda bahwa otak akan kehilangan jaringan ketika usia Anda sudah mencapai 30 tahun? Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga aerobik dapat memperlambat kehilangan jaringan dan meningkatkan kinerja otak.

10. Meningkatkan Mood

Menggerakkan tubuh merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mood Anda. Hal ini karena olahraga aerobik dapat meningkatkan endorfin, serotonin, dopamin. Yaitu zat kimia otak yang membantu membangkitkan rasa senang

Cukup banyak bukan manfaat dari olahraga kardio? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukannya secara rutin. Lantas, apa saja tips untuk melakukan olahraga kardio atau aerobik ini?

  • Lakukan Peregangan Otot. Pastikan Anda melakukan peregangan otot minimal 5 menit sebelum melakukan olahraga kardio. Jika tidak, Anda mungkin akan merasa sakit dibagian tubuh saat berolahraga atau setelah olahraga.
  • Lakukan Secara Bertahap. Mulailah dengan melakukan olahraga aerobik ringan, seperti berjalan  10 menit di pagi hari dan 10 menit di sore hari. Kemudian tingkatkan olahraga Anda secara bertahap dengan menambahkan durasi di setiap sesi.
  • Lakukan Pendinginan. Setelah melakukan olahraga inti, jangan lupa untuk melakukan pendinginan selama 5 menit. Tunggu hingga denyut jantung kembali stabil.

Baca Juga : 7 Olahraga untuk Melatih Jantung Lebih Sehat

Sumber


Body Building. 2019. 10 Cardio Tips. www.bodybuilding.com
Healthline. 2018. What Are the Benefits of Aerobic Exercise? www.healthline.com
Mayo Clinic. Benefits and tips. www.mayoclinic.com
Verywell Fit. 2019. Why You Should Add Cardio to Your Workout Routine. www.verywellfit.com
Cleave Land Clinic. 2019. The Benefits of a Cardio Workout. health.clevelandclinic.org
 



Add Your Comment