10 Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan

Penulis : Emy | Editor : Atsa

Buat yang kurang suka sayur, selada biasanya jadi pengecualian. Bentuknya segar dan menarik, biasa jadi pelengkap aneka hidangan juga garnish. Buat penyuka sandwich dan burger, selada adalah bahan yang harus ditambahkan untuk menyeimbangkan nutrisi.

Selada juga memiliki manfaat nutrisi, seperti vitamin dan antioksidan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh karena nutrisi baik di dalam selada.

1. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam selada meningkatkan pencernaan dan menangkal penyakit pencernaan lainnya seperti sembelit dan kembung. Selada dikenal dapat membantu perut memproses berbagai jenis makanan. Ini juga dapat membantu mengobati masalah lain yang berhubungan dengan gangguan pencernaan.

2. Membantu Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Rambut

Vitamin A dalam selada dapat membantu meningkatkan pergantian sel kulit, dan vitamin C yang dikandungnya juga dapat melindungi kulit dari radiasi UV, serta menunda tanda-tanda penuaan. Serat dalam selada dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan kulit.

3. Dapat Melawan Peradangan

Protein yang terdapat pada jenis selada Romaine, seperti lipoxygenase membantu meredakan peradangan dan osteodynia (nyeri pada tulang). Kandungan vitamin A dalam selada juga membantu meredakan peradangan dan kerusakan sel.

4. Dapat Mengurangi Risiko Diabetes

Penelitian telah menunjukkan bahwa sayuran hijau, terutama yang seperti selada, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Hal ini dikaitkan dengan nilai indeks glikemik yang rendah pada selada.

Juga, satu cangkir selada hanya mengandung sekitar 5 kalori dan 2 gram karbohidrat. Fakta ini juga menjadikannya sebagai makanan yang sehat untuk diet ramah diabetes.

Selada juga mengandung lactucaxanthin, karotenoid anti-diabetes yang menurunkan kadar glukosa darah dan dapat membantu menjaga gula darah bagi penderita diabetes.

5. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selada jenis Romaine adalah sumber folat yang baik, yang merupakan vitamin B yang mengubah homosistein menjadi metionin. Homocysteine ​​​​yang tidak dikonversi dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan akumulasi plak, sehingga merusak jantung.

Selada juga merupakan sumber yang kaya vitamin C, yang mengurangi kekakuan arteri dan membantu dalam pengobatan penyakit kardiovaskular. Ini dapat memperkuat arteri dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Selada juga mengandung potasium yang menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung. Konsumsi selada juga dapat meningkatkan HDL dan menurunkan kadar LDL.

Asupan selada juga dikaitkan dengan peningkatan metabolisme kolesterol, sesuai penelitian lain. Ini juga meningkatkan status antioksidan dalam tubuh. Konsumsi selada secara teratur dapat membantu mencegah munculnya penyakit kardiovaskular

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selada mengandung lactucarium, bahan kimia yang memiliki sifat dan struktur yang sama dengan opium. Bahan kimia ini membantu Anda rileks dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Namun, ia tidak memiliki efek samping yang berbahaya seperti opium.

Baca Juga: 7 Gerakan Peregangan (Stretching) Bantu Tidur Lebih Nyenyak

7. Membantu Mencegah Kanker

Konsumsi selada telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker perut, terutama jika selalu mengonsumsi sayuran secara teratur. Keberadaan serat pangan harian juga penting untuk mencegah terjadinya kanker. Selada merah yang biasa digunakan dalam salad bisa jadi pilihan, karena memiliki aktivitas antioksidan yang lebih kuat daripada selada hijau.

8. Baik Untuk Kehamilan

Selada mengandung folat. Nutrisi ini dapat mengurangi risiko cacat lahir. Selada juga kaya akan vitamin K. Kekurangan vitamin K selama kehamilan dapat menyebabkan perdarahan akibat kekurangan vitamin K. Mengonsumsi selada yang cukup (dan makanan kaya vitamin K lainnya) juga dapat mencegah sembelit, yang merupakan salah satu masalah yang biasanya dihadapi wanita hamil.

9. Menghidrasi Tubuh

Selada kaya akan kandungan air. Di dalam selada mengandung air sebanyak 95%. Selain itu juga terdapat vitamin dan serat di dalamnya yang baik bagi tubuh. Tambahkan beberapa lembar selada ke dalam diet Anda. Makan selada yang cukup bisa menjaga tubuh Anda terhidrasi.

10. Membantu Perkembangan Otot

Tidak semua sumber protein ditemukan dalam daging. Selada, misalnya, adalah sayuran yang mengandung sedikit protein, tetapi juga enzim yang membuat sintesis protein lebih efisien. 

Meskipun selada saja tidak mungkin menghasilkan banyak otot, efek sinergisnya dengan sumber protein lain membuatnya sama pentingnya. Tambahkan beberapa lembar selada saat mengonsumsi daging untuk menambah protein tubuh yang penting untuk pembentukan otot.

Baca Juga: 8 Manfaat Cabai bagi Kesehatan

 

Sumber

WebMD. (2020). Health Benefits of Lettuce. www.webmd.com

Natural Foods Series. (2019). 11 Impressive Health Benefits of Lettuce. www.naturalfoodseries.com

Style Craze. (2020). 16 Scientifically Proven Health Benefits Of Lettuce. www.stylecraze.com