10 Makanan Bantu Turunkan Trigliserida Tinggi (Hipertrigliseridemia)

10 Makanan Bantu Turunkan Trigliserida Tinggi (Hipertrigliseridemia)

Penulis: Emy | Editor: Atsa

Trigliserida adalah jenis lemak yang ada dalam darah. Tingginya kadar trigliserida dapat mengganggu kesehatan tubuh yang mungkin berbeda-beda setiap orang.

Untuk orang yang mengalami hipertrigliseridemia, dokter akan menyarankan pasien untuk mengubah pola makan mereka sebagai upaya membantu menurunkan kadar trigliserida mereka.

Minuman tinggi gula, roti, es krim, dan aneka makanan tinggi kalori yang dimakan sebelum tidur semuanya dapat menyebabkan trigliserida tinggi. Jika Anda sering makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar, maka trigliserida Anda mungkin mulai naik.

Karena tubuh Anda bisa mendapatkan trigliserida dari makanan yang Anda makan, dengan mengubah pola makan maka kadar trigliserida darah dapat diatur.

Berikut 10 makanan yang dapat membantu menurunkan trigliserida.

Baca Juga: Penyebab dan Gejala Trigliserida Tinggi (Hipertrigliseridemia)

1. Oats

Memilih sumber karbohidrat kaya serat yang sehat seperti oat daripada karbohidrat sederhana (seperti nasi, roti, mie, dan pasta) dapat membantu ketika Anda mencoba mengelola trigliserida. Oat juga cepat dan mudah dibuat, ditambah lagi Anda bisa kenyang lebih lama. 

2. Alpukat

Alpukat adalah pilihan tepat untuk membantu menurunkan trigliserida karena mengandung serat dan lemak yang sehat. Serat dan “lemak baik” sangat bagus untuk membantu menstabilkan kadar gula darah, sehingga membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan, menjadi sumber energi, dan menjaga trigliserida.

3. Buah Berry : Raspberry, Strawberry, Blueberry

Raspberry kaya akan vitamin C, mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral yang mendukung kesehatan. Terlebih lagi, buah ini juga lebih rendah gula daripada buah-buahan lain.

Siapa yang tidak suka stroberi? Dibandingkan buah berry yang lain, strawberry yang paling mudah ditemukan dan mudah untuk menemukan varietas yang murah. Strawberry juga rendah gula dan profil nutrisinya tinggi. Blueberry adalah pilihan buah yang sangat baik dan bergizi. Buah ini rendah gula, tinggi serat, dan penuh dengan antioksidan yang baik untuk Anda. 

Anda bisa memakan ketiga buah berry ini langsung, atau mencampurkannya dalam oatmeal, sereal, atau smoothie.

4. Pisang

Saat Anda mendambakan sesuatu yang manis, pisang adalah pilihan yang tepat. Buahnya mengandung nutrisi penting seperti potasium yang membantu menurunkan trigliserida serta kolesterol yang tinggi. Pisang juga merupakan sumber gula dan karbohidrat yang sehat.

5. Kale

Kale adalah sayuran yang bisa dikategorikan sebagai superfood, karena memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan.

Rutin mengonsumsi kale selama 1-2 minggu sangat efektif untuk menaikan HDL, menurunkan LDL, serta menurunkan kadar trigliserida yang terlalu tinggi.

Baca Juga: Manfaat Daun Kale bagi Kesehatan

6. Brokoli & Bunga Kol

Kedua sayur ini sangat nikmat diolah jadi sup atau tumisan. Brokoli merupakan sayuran yang terkenal karena manfaat gizinya. Coba tambahkan brokoli ke dalam rotasi makanan Anda beberapa hari seminggu untuk merasakan manfaatnya.

Memiliki tampilan yang serupa dengan brokoli, bunga kol adalah sayuran yang tinggi serat, rendah karbohidrat dan gula. Kedua sayur ini bukan hanya mudah dalam diolah, namun juga bermanfaat untuk menurunkan kadar trigliserida.

7. Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang rasanya lezat, harganya murah meriah, dan mengandung banyak nutrisi baik. Sayur bayan mengandung alpha-lipoic acid yang dapat menurunkan kadar trigliserida.

8. Kubis

Kubis rendah kalori dan tinggi vitamin K. Menambahkan kubis dalam masakan, juga akan menambahkan tekstur renyah pada masakan.

Kandungan vitamin, serat, dan mineral yang terdapat di dalam kubis mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol.

9. Ikan Salmon

Salmon adalah salah satu sumber lemak baik omega-3 yang sehat. Jenis lemak yang terdapat dalam ikan salmon ini bisa membantu mencegah tubuh Anda membuat trigliserida di hati.

10. Kacang-Kacangan dan Legume

Kacang dan legume adalah sumber serat, protein, dan karbohidrat yang sehat. Keduanya menambahkan rasa yang luar biasa untuk banyak jenis hidangan. Selain itu, ada begitu banyak jenis kacang sehingga Anda tidak akan pernah bosan dengan pilihan dan variasi rasa.

Baca Juga: Ragam Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

 

Sumber

Medical News Today. (2021). How can diet help lower triglyceride levels?. www.medicalnewstoday.com

Eat This. (2019). 20 Foods That Could Help Lower Triglycerides. www.eatthis.com

WebMD. (2019). Beyond Cholesterol: 14 Ways to Lower Triglycerides. www.webmd.com