10 Cara Cepat dan Mudah Turunkan Berat Badan

Image : eatthis.com

Penulis : Unik Fa | Editor : Atsa

Meskipun ada obat diet (penurun berat badan)  yang mengklaim dapat menurunkan berat badan dengan cepat, namun sebagian besar dari obat-obat itu tidak memiliki bukti ilmiah. Bahkan belum benar-benar teruji keamanan risikonya dalam jangka panjang, karena tren obat diet baru-baru saja terjadi.

Meski demikian, ada beberapa strategi aman untuk menurunkan berat badan secara cepat dan efektif. Berikut 10 cara yang bisa Anda terapkan untuk penurunan berat badan yang lebih cepat.

Baca Juga : 6 Mitos Penyebab Gagal Diet

1. Minumlah Banyak Air Putih sebelum Makan

Minum air putih setengah jam sebelum makan akan membantu melancarkan proses pencernaan. Konsumsi air sebelum makan juga mengurangi rasa lapar berlebih, sehingga makan lebih sedikit. Dengan demikian, konsumsi air putih secara teratur sebelum makan akan membantu menurunkan berat badan berlebih di tubuh Anda.

Hindari terlalu sering minum manis karena hal itu hanya akan menambah berat badan Anda. Perbanyaklah minum air putih saja.

2. Olahraga Pagi

Berolahraga pagi dengan perut kosong dapat membantu Anda menurunkan lemak lebih cepat dari jumlah olahraga yang sama yang Anda lakukan setiap hari, setelah Anda makan.

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan dalam keadaan perut kosong menyebabkan lebih banyak lemak yang terbakar daripada jumlah olahraga yang sama setelah makan.

Hal ini dikarenakan karena pada saat Anda belum memakan apapun, tubuh Anda terpaksa menggunakan cadangan lemaknya yang besar sebagai bahan bakar latihan.

3. Minum Susu Protein Saat Berolahraga

Susu protein mengandung karbohidrat dan lemak yang sangat rendah bahkan hampir tidak ada. Hal ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan asupan protein tanpa meningkatkan asupan makronutrien lainnya, yang dapat membantu meningkatkan kinerja atletik, meningkatkan tonus otot, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan saat Anda melakukan olahraga.

Anda bisa menjadikan susu protein ini sebagai pengganti sarapan Anda dan dapat meningkatkan metabolisme 12 jam setelah makan terakhir Anda. Dengan minum susu protein saat olahraga, Anda dapat mencegah kortisol agar tidak naik, sehingga lebih mudah untuk kehilangan lemak perut.

Baca Juga : Mengenal Whey Protein dan Manfaatnya

4. Konsumsi Makanan Termogenik

Makanan termogenik dapat membantu meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori dengan meningkatkan thermogenesis, suatu proses dimana tubuh membakar kalori untuk memanfaatkan makanan yang baru saja Anda makan, lalu mengubah kalori tersebut menjadi panas.

Tubuh Anda biasanya membakar kalori dari makanan yang dikonsumsi dengan mempertahankan fungsi metabolisme reguler dan melalui aktivitas fisik, namun, persentasenya sangat kecil, sekitar 10 persen saja, dari kalori yang terbakar melalui termogenesis yang disebabkan oleh diet. Segera ganti makanan Anda seperti dada ayam, ikan, produk gandum, dan teh hijau. Tapi tetap perhatikan porsi makan Anda.

Baca Juga : Manfaat Nutrisi Ikan Salmon untuk Diet & Membakar Lemak

5. Cukupi Konsumsi Serat

Melakukan diet dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Serat dicerna secara perlahan dan baik untuk sistem pencernaan. Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih kenyang setelah makan tanpa meningkatkan gula darah atau menambah kalori.

Anda dapat menikmati porsi yang lebih besar dengan makanan kaya serat. Juga faktanya, makanan berserat lebih membutuhkan waktu untuk dikunyah, dan akan membuat Anda merasa lelah untuk makan lagi.

6. Angkat Beban 3 Kali Seminggu

Olahraga angkat beban sangat efektif untuk mengurangi kandungan lemak pada tubuh Anda dengan membentuk massa otot. Walaupun saat ini kardio sangat populer karena dapat membantu Anda menghilangkan lemak perut, tapi mengangkat beban akan membantu Anda membangun lebih banyak otot, hal ini tentu saja juga dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori.

Hal tersebut terjadi karena otot aktif secara metabolik, yang berarti mereka membakar kalori bahkan ketika Anda tidak berolahraga. Lakukan setidaknya 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk menjaga asupan makanan Anda.

7. Makan Perlahan

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan secara cepat, makan perlahan juga dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan menurunkan berat badan. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa makan lebih lambat dapat membantu Anda makan lebih sedikit dan mengatur berat badan Anda.

Penelitian terbaru telah membuktikan bahwa otak perlu waktu untuk menyadari bahwa ia tidak lagi lapar. Ketika Anda mengonsumsi makanan dengan cepat, otak Anda mungkin gagal mencatat berapa banyak yang sudah Anda makan dan mungkin menyebabkan Anda terlalu banyak makan.

8. Cukup Tidur

Kurang tidur mempunyai banyak sekali efek negatif untuk tubuh. Dalam sebuah studi, anak-anak dan orang dewasa yang kurang tidur mempunyai kemungkinan 89% dan 55% lebih cenderung menjadi gemuk. Efek tidur pada kenaikan berat badan disebabkan oleh banyak faktor, termasuk hormon dan kurangnya motivasi untuk berolahraga.

9. Jadikan Buah-buahan sebagai Camilan Anda

Ganti semua camilan Anda seperti keripik, coklat dan gorengan dengan buah-buahan saja. Sebagai contohnya, gorengan memiliki 140 kalori. Coba bayangkan, berapa banyak kalori yang Anda konsumsi jika menghabiskan empat potong gorengan? Bandingkan dengan buah jeruk, Jeruk hanya memiliki kalori 47 kalori per 100 gram. Jauh lebih sedikit dibandingkan gorengan bukan?

Baca Juga : 8 Camilan Sehat bagi Anda yang sedang Diet

10. Sikat gigi Anda setelah Makan

Cara ini cukup efektif karena akan menyetop Anda makan secara tidak sadar. Setelah makan jika Anda menggosok gigi Anda, Anda akan otomatis malas untuk makan lagi karena Anda akan berpikir bahwa Anda harus sikat gigi lagi setelah makan.

Sumber :
HealthLine. (2017). How to Lose Weight Fast: 3 Simple Steps, Based on Science. www.healthline.com
LiveStrong. (2018). 5 Simple Steps to Make Fat Loss Faster and Easier. www.livestrong.com
Diet Doctor. (2019). How to lose weight. www.dietdoctor.com